Wajarkah Jika Bayi yang Baru Lahir Tidur Terus-terusan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/03/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Tidak ada momen yang lebih membahagiakan bagi orangtua ketika akhirnya berkesempatan menghabiskan waktu bersama bayinya yang baru lahir. Anda mungkin sudah tidak sabar untuk menimangnya atau ngobrol dengannya. Namun, kok, si kecil malah tidur lama? Normalkah kalau bayi baru lahir tidur terus?

Berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan bayi baru lahir?

Hampir seluruh waktu bayi dihabiskan untuk tidur selama ia masih dalam kandungan. “Kebiasaan” ini pun umumnya cenderung terbawa setelah ia lahir ke dunia. Durasi tidur bayi baru lahir pada umumnya berkisar antara 16-18 jam setiap hari, dilansir dari Mom Junction.

Apakah normal jika bayi baru lahir tidur terus?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, lebih dari setengah waktu dalam sehari digunakan bayi hanya untuk tidur. Ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Ya. Meski tidak selalu, kebanyakan bayi yang baru lahir akan lebih sering tidur. National Sleep Foundation bahkan mengatakan bahwa waktu bagi bayi untuk “melek” dan terjaga hanya sekitar 3-6 jam dalam satu hari.

Terlebih, menurut Charles Shubin, seorang dokter anak di Mercy Family Care, bayi baru lahir belum mampu membedakan siang dan malam karena ritme sirkadian alias jam biologis tubuh bayi belum berkembang dengan baik, Itu artinya, bayi di masa-masa awal kehidupannya bisa tidur kapan saja tanpa sadar akan waktu. Ia hanya mengerti bahwa kapan pun merupakan waktu yang tepat untuk tidur.

Jadi, jangan khawatir ketika bayi baru lahir tidur terus. Kondisi ini bahkan bisa dibilang sebagai naluri alamiahnya.

Bayi baru lahir harus sering menyusu, maka akan lebih sering tertidur

Selain karena insting alaminya, bayi baru lahir bisa terus tertidur sepanjang hari karena harus sering menyusu. Bayi baru lahir biasanya menyusu setiap 2-3 jam, kurang lebih 8-12 kali per hari. Karena ukuran perut bayi masih mecil, mereka akan lebih cepat kenyang dan mengantuk. Tak heran, kombinasi rasa kenyang dan kantuk ini kemudian mudah membuat bayi tertidur, bahkan meski belum selesai disusui.

Yang penting untuk Anda perhatikan, bayi harus tetap mendapat asupan susu secara teratur sesuai kebutuhannya. Jangan sampai waktu tidurnya mengganggu jadwal makan hariannya.

bayi tidur setelah vaksin

Lantas, apa yang harus dilakukan bila bayi baru lahir tidur terus?

Kebiasaan tidur seharian ini akan berangsur menghilang seiring ia bertumbuh kembang. Ketika otak dan sistem saraf pusat bayi telah berkembang optimal, siklus tidur bayi juga akan semakin membaik dengan lebih banyak tidur di malam hari.

Anda dan anggota keluarga pun bisa membantu si kecil dalam melewati prosesnya ini dengan cara menciptakan lingkungan yang tenang, sunyi, dan nyaman di malam hari dan membiarkan bayi lebih sering mendapat paparan sinar matahari pada siang hari.

Jika bayi baru lahir tidur terus sepanjang waktu disertai dengan kemunculan gejala-gejala lainnya atau perubahan yang aneh pada dirinya, segera konsultasikan ke dokter. Infeksi, penyakit kuning, dan berbagai masalah medis lainnya memang dapat membuat bayi lebih cepat mengantuk daripada biasanya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . 5 menit baca

Bayi 6 Bulan Ternyata Suka Saat Gerak-geriknya Ditiru Orang Dewasa

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi ternyata mengerti dan suka bila gerakannya ditiru. Mengapa begitu dan adakah pengaruhnya dalam perkembangan sosial?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 10/06/2020 . 4 menit baca

Bagaimana Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak yang Bikin Jengah?

Kemarahakn yang muncul dari anak tanpa diketahui alasannya kerap membuat Anda jengah. Begini cara menghadapi ledakan amarah anak dengan baik.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Parenting, Tips Parenting 06/06/2020 . 4 menit baca

Bukan Dimarahi, Ini 5 Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua

Supaya anak mau mendengarkan kata-kata orangtua, Anda perlu siasat khusus. Jangan malah dimarahi atau dibentak. Yuk, simak tips-tipsnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Tips Parenting 30/05/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 menit baca

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
mengatasi ruam popok bayi

Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 7 menit baca
menyikat gigi bersama merupakan salah satu cara mendorong minat si kecil dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2020 . 5 menit baca