Perkembangan Bayi 30 Bulan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 April 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Perkembangan Bayi Usia 30 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 30 bulan?

Pada masa perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan, umumnya kemampuan si kecil sudah semakin meningkat, seperti:

  • Sikap anak tidak bisa diprediksi.
  • Menyeimbangkan tubuh ketika mengangkat satu kaki selama satu detik.
  • Semakin mudah menirukan ucapan orang lain.
  • Ucapan dan pelafalan anak semakin jelas.
  • Menyusun balok menjadi 8 tingkat.
  • berusaha memakai baju sendiri.
  • Menyikat gigi sendiri meski masih butuh bantuan orang lain.
  • Coretan lebih jelas.
  • Senang bermain dengan teman seusianya.
  • Menyebut diri sendiri memakai nama.

Kemampuan motorik kasar

Perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan dari segi kemampuan motorik kasar sudah semakin bertambah. Bila dilihat dari grafik perkembangan anak Denver II, umumnya anak sudah bisa berlari, melompat lebih jauh dari jarak sebelumnya, menyeimbangkan tubuh ketika mengangkat kaki selama 1-2 detik, berlarian menendang bola, menangkap, dan melempar bola.

Kemampuan anak untuk menaiki tangga juga semakin lancar. Di fase ini, Anda perlu mengawasi pergerakan anak karena gerakannya semakin tidak terduga. Perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan berjalan baik bila si kecil sudah mampu melakukan hal tersebut.

Kemampuan sosial dan emosional

Bagaimana perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan dilihat dari segi kemampuan sosial dan emosional? Merujuk dari grafik perkembangan anak Denver II, anak seusia ini sudah mampu menyikat gigi sendiri sambil didampingi oleh orang tua, berusaha memakai baju sendiri, mencuci dan mengeringkan tangan sendiri. 

Di tahap perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan ini, anak sedang menyukai melakukan banyak hal sendiri. Ia sedang melatih kemandirian dan batas kemampuannya.

Kemampuan motorik halus

Dinding atau lantai rumah Anda tidak luput dari coretan  si kecil? Dalam tahap perkembangan bayi 30 bulan, anak semakin sering mencoret-coret dan coretannya semakin jelas. Melansir dari Baby Center, Anda akan menyadari ada perubahan dari coretan anak.

Si kecil mulai membuat garis lurus dan lingkaran secara acak dan asal. Saat mencoret, bagian tubuh yang bekerja lebih banyak sekitar pergelangan tangan. 

Di perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan, jari jemari anak semakin terampil memegang krayon di antara ibu jari dan jari lainnya.

Inilah yang membuat gambarnya lebih jelas dan terkendali. Terkadang Anda bisa menebak garis yang dibuat anak menggambarkan sesuatu. Ini adalah salah satu perkembangan bayi 30 bulan dari segi kemampuan motorik halus.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Pada fase perkembangan 30 bulan atau bayi 2 tahun 6 bulan, bermain dengan teman sebaya dapat melatih kemampuan komunikasi dan bahasa. Baby Center menyebutkan bahwa di usia ini, anak lebih mudah menirukan ucapan yang didengarnya.

Ketika si kecil sering bermain dengan temannya dan mereka sering mengobrol, kosakata anak akan bertambah. Apalagi pasti ada kata yang belum pernah dia dengar sebelumnya kemudian ia mengucapkan kata tersebut secara terus menerus. 

Bila dilihat dari grafik Denver II, perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan dari kemampuan bahasa anak, mencakup mampu menyebutkan anggota tubuh dan menunjukkannya.

Menggabungkan dua sampai tiga kata dan mengucapkannya, meski urutannya masih belum tepat. Ucapan anak semakin jelas dan lebih percaya diri ketika menyebutkan sesuatu. Ini salah satu dalam perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan?

Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membantu perkembangan si kecil, seperti:

Mengajarkan disiplin pada anak

Bila Anda ingin mengajari anak disiplin, sebaiknya hindari mengambil mainan atau barang kesayangannya sebagai bentuk hukuman pada anak karena bisa membuatnya tidak nyaman. Dalam perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan, barang kesayangan adalah simbol kekuatan dan kenyamanan untuk si kecil.

Walaupun Anda marah dan kesal, Anda tidak disarankan membuat anak tidak nyaman, termasuk saat sedang mendisiplinkan anak. 

Ucapkan kembali kata yang salah

Anak yang sedang belajar bicara memang terlihat menggemaskan. Tidak jarang ekspresi dan pelafalan si kecil yang kurang tepat membuat Anda tertawa. Namun tahan tawa Anda karena bisa membuat anak tidak nyaman.

Ketika anak mengucapkan kata yang kurang tepat, melansir dari Baby Center, hindari mengoreksi kesalahannya saat itu juga. 

Sebaiknya, Anda mengucapkan kembali kata yang baru ucapkan setelah anak selesai bicara. Lalukan tanpa menekankan kalau si kecil salah ucap. perlahan anak akan mengerti kalau apa yang diucapkannya kurang tepat dan mengulang kata yang Anda ucapkan dengan benar. Inti membantu perkembangan bayi 30 bulan.

Ajarkan anak memakai alat tulis

Mengingat si kecil sudah semakin sering mencoret dinding dan lantai, sebaiknya Anda langsung memberikan wadah yang tepat, seperti buku gambar, krayon, pensil warna, spidol yang tidak permmanen, sampai cat air.

Selain perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan akan semakin baik, rumah Anda juga tidak akan dipenuhi oleh coretan karya seni dari si kecil.

Melansir dari Baby Center, hindari mengarahkan anak untuk memakai alat tertentu. Biarkan anak berkreasi dengan alat sesuai dengan keinginannya. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan.

Kesehatan Bayi Usia 30 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan?

Di perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan, setiap anak memiliki kemampuan berbeda. Ada yang cepat ada juga yang lambat. Membandingkan anak Anda dengan teman seusianya bukanlah hal yang baik. Hal yang perlu Anda perhatikan, lihat kemampuan anak apakah sesuai dengan garis atau jalur yang sesuai usianya. 

Bila Anda melihat tidak ada kemajuan dalam perkembangan bayi 30 bulan di bidang kemampuan motorik kasar, motorik halus, keterampilan bahasa, dan sosial, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Apa yang harus diketahui tentang perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan?

Ada beberapa kondisi yang terlihat bahwa perkembangan bayi 2 tahun 6 bulan (perkembangan bayi 30 bulan) kurang optimal. Melansir dari Kidshealth, Anda perlu berkonsultasi ke dokter bila anaknya menunjukkan tanda di bawah ini:

  • Tidak terlibat dalam permainan bermain peran, misalnya masak-masakan, menyuapi boneka, atau belanja dengan mendorong troli mainan.
  • Tidak bicara atau bicara hanya dengan huruf vokal, tidak ada konsonan, misalnya, bapak jadi apak.
  • Tidak mengenal emosi sederhana, seperti senang atau sedih pada orang lain.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan di perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan?

Grafik milestones Denver II menunjukkan perkembangan yang seharusnya dimiliki pada perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan. Si kecil seharusnya sudah mampu berlari, berjalan, memanjat dan lainnya.

Hanya harus diingat kalau perkembangan setiap anak berbeda, termasuk pada perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan. Meskipun, Anda tetap perlu waspada bila kemampuan si kecil sudah tertinggal jauh dari usia seharusnya. 

Selain itu, di perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan, pernahkah Anda merasa bingung dengan waktu yang tepat untuk tidak mandi bersama si kecil atau memperlihatkan tubuh secara telanjang bulat di depan anak?

Melansir dari Baby Center, bertelanjang tanpa busana di depan anak usia 2 tahun ke atas masih diperbolehkan. Secara perlahan anak Anda mulai mengerti dengan kepemilikan dengan anggota tubuhnya. 

Bila si kecil terlihat tidak nyaman saat Anda tidak memakai pakaian, misalnya bereaksi tertawa, tersipu, atau menutup mata. Hal itu adalah hal yang baik di perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan.

Anda bisa memberi pengertian kalau tidak pakai baju di ruangan tertutup dan tidak banyak orang, masih diperbolehkan. Namun, tidak bila di hadapan orang lain apalagi yang tidak dikenal dan di hadapan umum. Ini membantu perkembangan bayi 30 bulan atau 2 tahun 6 bulan.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 31 bulan?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Sudah mampu berdiri dan berjalan sendiri, di usia berapa anak mulai akan belajar berlari? Dan bagaimana cara ortu bantu melatihnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 1-5 Tahun, Tumbuh Kembang Balita, Parenting 11 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit

Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 1-5 Tahun

Memahami perkembangan bahasa balita sangat penting untuk memantaunya. Berikut tahap perkembangan bahasa balita usia 2-5 tahun.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 2 Desember 2019 . Waktu baca 11 menit

Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini 1-5 Tahun

Perkembangan sosial emosional anak usia dini penting dipahami orangtua. Hal ini dapat membantu memahami dan mengendalikan kondisi emosi si kecil.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 2 Desember 2019 . Waktu baca 9 menit

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Perkembangan anak usia 5 tahun, termasuk mampu memanjat, menggambar dan mengulang cerita yang didengar. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Tumbuh Kembang Balita, Parenting 25 November 2019 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

myositis

Makin Bertambah Umur Anda, Akan Makin Sering Anda Jatuh Kepeleset

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
kms

Kartu Menuju Sehat (KMS), Manfaat dan Cara Membacanya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 18 November 2020 . Waktu baca 7 menit
kepala bayi terbentur

Kepala Bayi Terbentur? Berikut Alasan dan Cara Pengobatannya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 18 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
gizi pada balita

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 1-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20 Maret 2020 . Waktu baca 11 menit