Vometa

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Fungsi dan Penggunaan

Untuk apa obat Vometa digunakan?

Vometa adalah obat golongan antiemetik yang dapat meredakan rasa mual, muntah, gangguan perut, rasa tidak nyaman akibat kekenyangan, serta refluks asam lambung (GERD).  Obat ini biasanya diresepkan oleh dokter untuk penggunaan jangka pendek. Vometa adalah obat yang mengandung bahan aktif domperidone.

Domperidone bekerja dengan cara mempercepat proses pencernaan makanan di dalam lambung agar lanjut ke usus. Dengan begitu, rasa mual dapat dihentikan. Terlepas dari khasiatnya, penggunaan domperidone harus dilakukan secara hati-hati karena berisiko mengganggu detak jantung, terutama pada orang-orang yang telah berusia lanjut.

Bagaimana aturan pakai Vometa?

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan domperidone sebelum mulai mengonsumsinya. Obat ini sebaiknya dikonsumsi 30 menit atau satu jam sebelum makan agar efek kerjanya optimal. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya.

Pengobatan dengan domperidone biasanya hanya berlangsung dalam jangka pendek, yaitu tidak lebih dari dua minggu. Jika setelah lewat satu minggu dan Anda masih merasakan gejala mual dan muntah, sebaiknya hentikan penggunaan domperidone dan konsultasi kembali kepada dokter.

Bagaimana cara menyimpan Vometa?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Berapa dosis Vometa untuk dewasa?

Oral

  • Dosis Vometa untuk meredakan mual dan muntah pada orang dewasa adalah 10 mg tiga kali sehari. Dosis maksimum adalah 30 mg per hari.
  • Dosis Vometa untuk gangguan pergerakan saluran pencernaan pada orang dewasa adalah 10 mg tiga kali sehari. Dosis maksimum adalah 30 mg per hari.

Suppositoria atau rektal

  • Dosis vometa untuk meredakan mual dan muntah pada orang dewasa adalah 30 mg dua kali sehari.

Berapa dosis Vometa untuk anak-anak?

Oral

  • Dosis Vometa untuk meredakan mual dan muntah pada anak usia di bawah 12 tahun dengan berat badan maksimum 35 kg adalah 0,25 mg/kgBB dikonsumsi hingga tiga kali sehari. Dosis maksimum adalah 0,75 mg/kgBB per hari. Pada anak usia di atas 12 tahun dengan berat badan di atas 35 kg dosisnya sama dengan orang dewasa.

Suppositoria atau rektal

  • Dosis Vometa untuk meredakan mual dan muntah pada anak usia di bawah 12 tahun dengan berat badan lebih 15 kg adalah 0,75 mg/kgBB dua kali sehari. Pada anak usia di atas 12 tahun dengan berat badan di atas 35 kg dosisnya sama dengan orang dewasa.

Dalam dosis dan sediaan apa Vometa tersedia?

Domperidone tersedia dalam bentuk tablet, oral, dan supposittoria atau rektal. Sediaan tablet 10 mg dan sirup 5 mg/5ml (satu sendok takar).

Efek Samping

Apa efek samping  Vometa yang mungkin terjadi?

Seperti halnya obat-obatan lain, Vometa juga bisa menimbulkan efek samping. Jika salah satu dari efek samping berikut terjadi, STOP penggunaan obat dan memberitahu dokter segera atau pergi ke rumah sakit terdekat karena mungkin merupakan reaksi alergi:

  • Bengkak pada tangan, kaki, pergelangan kaki, wajah, bibir atau tenggorokan.
  • Saluran nafas menyempit.
  • Ruam kulit kemerahan atau gatal-gatal.

Jika Anda mengalami salah satu gejala efek samping berikut, STOP penggunaan Vometa dan segera temui dokter:

  • Kejang-kejang.
  • Gerakan tubuh yang tidak terkendali, termasuk gerakan bola mata yang tidak teratur, gerakan lidah yang tidak biasa, atau gemetar dan kekakuan otot. Reaksi ini mungkin lebih mungkin terjadi pada anak-anak.
  • Gangguan irama jantung yang menjadi cepat atau lambat.

Dalam kasus yang jarang terjadi, Vometa dapat menimbulkan efek samping berikut:

  • Keluarnya air susu berlebihan dari payudara.
  • Mengganggu aliran darah menstruasi.
  • Menyebabkan pertumbuhan payudara pada pria.

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan dan Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Vometa?

  • Bagi wanita hamil, sesuaikan penggunaan domperidone dengan anjuran dokter. Sedangkan bagi wanita yang sedang menyusui, penggunaan obat ini tidak disarankan.
  • Tanyakan dosis domperidone untuk anak-anak kepada dokter.
  • Harap berhati-hati jika menderita gangguan ginjal, hati, memiliki tumor pada kelenjar hipofisis (pituitary), memiliki masalah pada jantung, dan memiliki masalah pada sistem pencernaan (misalnya perdarahan atau penyumbatan).
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Apakah Vometa aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Bagi wanita hamil atau sedang menyusui, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan Micardis. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Kategori C mengartikan penelitian pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Vometa?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Domperidone dapat menghambat efek hipoprolaktinemik dari bromocriptine. Selain itu, efek pengosongan lambung domperidone akan terhambat bila digunakan bersama obat analgetik jenis opioid dan antimuskarinik.

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Vometa?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter Anda.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Vometa?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Perdarahan dari lambung atau masalah pencernaan lain
  • Tumor hipofisis (otak)
  • Penyakit hati
  • Sensitif terhadap Domperidone

Overdosis

Bagaimana gejala overdosis Vometa dan apa efeknya?

Pasien pengguna domperidone perlu untuk segera dibawa ke dokter atau rumah sakit jika mengalami gejala overdosis sebagai berikut:

  • Gangguan kesadaran
  • Gelisah
  • Kejang
  • Mengantuk
  • Disorientasi

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi 119 atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan gunakan obat ini dengan dosis dobel.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Berpotensi Sebabkan Kanker, BPOM Perintahkan Penarikan Ranitidine dari Peredaran

Beberapa produk ranitidin ditarik BPOM Indonesia dari peredaran. Hal ini karena temuan FDA yang mengungkap bahaya ranitidin, yaitu adanya pemicu kanker.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 08/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Pilihan Obat Medis dan Obat Alami untuk Mengatasi Gastritis

Gastritis bisa membuat perut sakit, kembung, dan feses berdarah. Berikut ini ada berbagai obat gastritis (radang lambung) yang bisa Anda pilih.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gangguan Pencernaan, Gastritis, Health Centers 29/08/2019 . Waktu baca 6 menit

Mengulas Antasida, Obat yang Efektif Redakan Asam Lambung Naik

Antasida adalah salah satu obat untuk meredakan asam lambung naik. Agar lebih paham, cari tahu jenis, manfaat, serta efek sampingnya lebih lanjut, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2019 . Waktu baca 6 menit

Daftar Obat GERD Paling Ampuh Sekaligus Prosedur Medis untuk Mengobatinya

Ada banya obat untuk menatasi GERD. Entah itu obat GERD medis di apotek, rumahan, maupun perubahan gaya hidup. Apa saja pilihannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Gangguan Pencernaan, Gastritis, Health Centers 01/07/2019 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat maag alami herbal asam lambung

Manfaat Bahan-bahan Herbal untuk Pengobatan Gangguan Lambung

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . Waktu baca 5 menit
obat untuk asam lambung

Sama-sama Bisa Atasi Asam Lambung, Ini Beda Obat Famotidine dan Ranitidine

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 17/10/2019 . Waktu baca 4 menit
obat famotidine

Aturan Aman Minum Famotidine untuk Mengatasi Maag

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 09/10/2019 . Waktu baca 4 menit
famotidine mengatasi asam lambung

Seberapa Cepat Famotidine Mengatasi Asam Lambung Naik?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 08/10/2019 . Waktu baca 3 menit