Vidarabine

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa obat Vidarabine?

Vidarabine adalah obat antivirus yang sering digunakan untuk melawan virus pada mata tidak diketahui.

Vidarabine ophthalmic digunakan untuk mengobati infeksi mata yang disebabkan oleh virus herpes.

Vidarabine ophthalmic juga dapat digunakan untuk tujuan selain yang tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Bagaimana aturan pakai Vidarabine?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker Anda dalam penggunaan tetes mata vidarabine ophthalmic. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Cuci tangan Anda sebelum menggunakan salep.

Untuk pengolesan salep:

  • Genggam tube di tangan Anda selama beberapa menit untuk menghangatkannya supaya salep keluar dengan mudah. Miringkan kepala Anda sedikit kebelakang dan turunkan dengan lembut kelopak mata bawah Anda. Oleskan selapis tipis salep, sekitar setengah inci panjangnya, pada kelopak mata bawah Anda. Tutup mata dan gerakkan mata Anda ke segala arah selama 1-2 menit. Jika Anda akan menggunakan obat mata lain, berikan jarak paling sedikit 10 menit sebelum menggunakan obat tersebut.

Jangan sentuhkan mulut tube pada permukaan apapun, termasuk mata dan tangan, oleh karena mulut tube steril. Kontaminasi pada mulut tube dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Bagaimana cara menyimpan Vidarabine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakuya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Vidarabine untuk orang dewasa?

Gunakan pada setiap mata setiap tiga jam (lima kali sehari). Setelah penyembuhan mulai terjadi, dosis dapat diturunkan ke dua kali sehari selama tujuh hari ke depan.

Bagaimana dosis Vidarabine untuk anak?

Gunakan pada setiap mata setiap tiga jam (lima kali sehari). Setelah penyembuhan mulai terjadi, dosis dapat diturunkan ke dua kali sehari selama tujuh hari kedepan.

Dalam dosis dan sediaan apakah Vidarabine tersedia?

Salep 3%

Solution

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Vidarabine?

Efek samping yang serius diperkirakan tidak terjadi dalam penggunaan obat ini.

Efek samping yang umum terjadi adalah sensasi terbakar, panas, rasa nyeri, iritasi, gatal, mata kemerah-merahan, penglihatan kabur, keluarnya air mata, atau kepekaan terhadap cahaya.

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Vidarabine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dengan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewad. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara seksama.

Anak-anak

Walau tidak ada informasi khusus yang membandingkan penggunaan vidarabine pada anak-anak dengan penggunaannya pada kelompok usia lain, diperkirakan tidak akan muncul efek samping atau masalah pada anak-anak yang berbeda daripada yang ditemukan pada orang dewasa.

Lansia

Banyak obat-obatan yang belum diteliti secara khusus pada orang tua. Oleh karena itu, mungkin tidak diketahui apakah obat-obatan tersebut bekerja pada orang tua dengan cara yang sama pada orang dewasa yang lebih muda atau jika mereka menyebabkan efek samping atau masalah yang berbeda pada orang tua. Tidak ada informasi khusus yang membandingkan penggunaan vidarabine pada lansia dengan penggunaannya pada kelompok usia lain.

Apakah Vidarabine aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Vidarabine?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Vidarabine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Vidarabine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada saat gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, langsung oleskan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggAndakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan SARS dan Coronavirus COVID-19

SARS dan coronavirus yang menyebabkan COVID-19 memang terlihat mirip. Pada kenyataannya, ada beberapa hal yang membuat keduanya berbeda, apa saj?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 23/01/2020

Benarkah HPV Bisa Hilang dengan Sendirinya?

HPV merupakan infeksi menular seksual yang paling umum terjadi dan wajar jika orang bertanya apakah virus HPV bisa hilang dengan sendirinya. Cek di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi

3 Cara Alami Mengatasi Gejala Glaukoma di Rumah

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menjadi penyebab kebutaan. Kabar baiknya, ada cara rumahan untuk membantu mengatasi glaukoma. Apa saja?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Penyebab Muncul Bintik-Bintik Cokelat (Freckles) di Mata, Plus Tanda-Tandanya

Freckles di kulit adalah hal yang biasa. Namun, bagaimana jika freckles juga ternyata muncul di mata? Yuk kenali penyebab dan gejalanya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Direkomendasikan untuk Anda

kucing tertular covid-19

Apakah Kucing dan Hewan Lainnya Dapat Tertular COVID-19 dari Manusia?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 09/04/2020
penanganan COVID-19 di Indonesia

Cerita Dokter IGD, Garis Depan Penanganan COVID-19 di Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 07/04/2020
yaravirus

Virus Baru Ditemukan di Brasil, Dipastikan Tidak Menginfeksi Manusia

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 13/02/2020
Ular kobra picu novel coronavirus?

Hewan Penyebab Novel Coronavirus Disinyalir Adalah Ular

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24/01/2020