Varenicline

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 10 menit
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Varenicline digunakan?

Varenicline adalah obat untuk membantu anda berhenti merokok yang digunakan dalam kombinasi dengan program berhenti merokok lainnya (misalnya seperti, materi pendidikan, dukungan kelompok, konseling). Varenicline bekerja dengan cara menghalangi aksi nikotin di otak. Berhenti merokok mengurangi risiko penyakit jantung dan paru-paru, serta kanker.

Diskusikan risiko dan manfaat dari obat ini, serta cara-cara lain untuk berhenti merokok (seperti pengobatan pengganti nikotin), dengan dokter Anda.

Bagaimana aturan pakai obat Varenicline?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker. Ada dua cara untuk menggunakan Varenicline untuk membantu Anda berhenti merokok. Cara pertama adalah dengan menetapkan tanggal untuk berhenti merokok sebelum memulai pengobatan dengan obat ini. Mulai minum Varenicline seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, 1 minggu sebelum tanggal berhenti. Ketika Anda pertama kali mulai minum obat ini, minum satu 0,5 miligram tablet sekali sehari selama 3 hari, kemudian meningkat menjadi satu 0,5 miligram tablet dua kali sehari selama 4 hari. Dosis secara perlahan meningkat untuk mengurangi kemungkinan efek samping (seperti mual, mimpi yang tidak biasa). Selama minggu pertama ini, tidak apa-apa untuk merokok. Berhenti merokok pada tanggal berhenti dan mulai mengambil dosis yang diresepkan oleh dokter Anda dua kali sehari selama sisa masa pengobatan 12 minggu.

Cara kedua menggunakan Varenicline adalah mulai minum obat sebelum Anda memilih tanggal untuk berhenti merokok. Mulai dengan tablet 0,5 miligram dan meningkatkan dosis seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Memilih tanggal untuk berhenti merokok yang antara hari ke-8 dan ke-35. Berhenti merokok pada tanggal yang Anda dipilih. Tidak peduli ke mana Anda menggunakan Varenicline, selalu mengikuti petunjuk dokter Anda dengan hati-hati.

Jika obat ini berupa paket dosis, hati-hati mengikuti petunjuk pada paket dosis. Ada dua jenis dosis kemasan, starting pack dan paket berkelanjutan, masing-masing berisi kekuatan yang berbeda dari obat ini. Jika obat ini datang dalam botol, hati-hati mengikuti petunjuk dari dokter Anda untuk membaca label resep. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara minum obat ini, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Ambil obat ini dengan mulut setelah makan dan dengan segelas penuh air.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap terapi.

Jangan meningkatkan dosis atau minum obat ini lebih sering daripada yang ditentukan. Cara seperti itu tidak akan lebih cepat untuk meningkatkan kondisi Anda, dan malah berisiko meningkatkan efek samping yang serius. Jangan mengambil lebih dari 1 miligram dua kali sehari.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Untuk membantu Anda mengingatnya, maka minum pada waktu yang sama setiap hari.

Beritahukan dokter Anda jika Anda terus merokok setelah beberapa minggu pengobatan.

Jika Anda berhasil dan bebas rokok setelah 12 minggu pengobatan, dokter anda dapat merekomendasikan pengobatan 12 minggu lainnya dengan Varenicline.

Bagaimana cara menyimpan Varenicline?

Simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Varenicline?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-Anak

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan antara usia dengan efek Varenicline untuk anak. Keamanan dan kemanjuran belum ditentukan.

Lansia

Studi yang tepat dilakukan sampai saat ini belum menunjukkan masalah geriatrik khusus yang akan membatasi kegunaan Varenicline pada lansia. Namun, pasien lanjut usia lebih mungkin untuk memiliki masalah ginjal yang berkaitan dengan usia, sehingga mungkin memerlukan kehati-hatian dan penyesuaian dosis untuk pasien yang menerima Varenicline.

Apakah obat Varenicline aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Varenicline yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti menggunakan obat ini dan hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki perubahan suasana hati atau perilaku, kebingungan, kecemasan, serangan panik, halusinasi, ketakutan ekstrim , atau jika Anda merasa impulsif, gelisah, agresif, gelisah, ingin marah-marah, depresi, hiperaktif (mental atau fisik), atau memiliki pikiran ingin bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Anggota keluarga atau orang yang merawat Anda juga harus waspada terhadap perubahan suasana hati dan perilaku Anda.

Hubungi dokter Anda bila Anda memiliki salah satu efek samping yang serius seperti berikut ini:

  • Nyeri dada atau sensasi tekanan, perasaan yang sesak di leher atau rahang, nyeri menyebar ke lengan atau bahu, muntah, berkeringat, umumnya perasaan sakit
  • Perasaan pusing atau sesak napas
  • Mati rasa atau tiba-tiba merasa lemah, terutama pada satu sisi tubuh
  • Tiba-tiba sakit kepala parah, kebingungan, masalah penglihatan, kesulitan berbicara, atau masalah keseimbangan tubuh
  • Kulit mudah memar, perdarahan yang tidak biasa, darah dalam urin atau tinja, batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • Demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala parah, mengupas, dan kulit ruam merah
  • Gejala awal dari setiap jenis ruam kulit , tidak peduli seberapa ringan.

Sedangkan efek samping yang serius mungkin termasuk:

  • Mual (dapat bertahan selama beberapa bulan)
  • Sakit perut, gangguan pencernaan, sembelit, gas
  • Kelemahan, perasaan lelah
  • Mulut kering, rasa tidak enak di mulut Anda
  • Sakit kepala
  • Masalah tidur (insomnia) atau mimpi yang tidak biasa.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Varenicline?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Menggunakan obat ini dengan obat berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat tersebut yang diresepkan bersama-sama, maka dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat tersebut.

  • Bupropion

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Varenicline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Menggunakan obat ini dengan zat berikut ini biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin tidak dapat dihindari dalam beberapa kasus. Jika digunakan bersama-sama, maka dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan obat ini, atau memberikan instruksi khusus tentang penggunaan makanan tersebut.

  • Ethanol

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Varenicline?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Penyalahgunaan alkohol, atau riwayat pernah melakukan penyalahgunaan alkohol
  • Angina (nyeri dada yang parah), riwayat pernah mengalami angina
  • Serangan jantung atau riwayat pernah mengalami serangan jantung
  • Jantung atau masalah pembuluh darah
  • Stroke, riwayat pernah mengalami stroke – Dapat meningkatkan risiko efek samping yang lebih serius.
  • Depresi , memiliki riwayat pernah mengalami depresi
  • Masalah mental (misalnya, psikosis), riwayat pernah memiliki masalah mental
  • Kejang, atau riwayat pernah mengalami kejang – Gunakan dengan hati-hati . Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • Penyakit ginjal parah – Gunakan dengan hati-hati. Efek mungkin dapat meningkat karena daya peluruhan obat lebih lambat dari tubuh.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Varenicline untuk dewasa?

Hari 1 sampai 3: 0,5 mg per oral sekali sehari

Hari 4 sampai 7: 0,5 mg secara oral dua kali sehari

Hari 8 sampai akhir pengobatan: 1 mg secara oral dua kali sehari

Berapa dosis obat Varenicline untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditentukan pada pasien anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apa Varenicline tersedia?

Tablet 0,5 mg

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Upaya Pencegahan Terhadap Kanker Paru

Sebenarnya, pencegahan terhadap kanker paru-paru bisa dilakukan dengan menghindari faktor risikonya. Apa saja cara untuk mencegah kanker paru-paru?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kanker Paru, Health Centers 05/11/2019 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Berhenti Merokok Malah Membuat Sakit dan Tidak Enak Badan?

Berhenti merokok malah sakit, ternyata ini pertanda baik. Karena tubuh berusaha membuang racun nikotin dalam paru-paru Anda dan kembali memulihkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 02/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Bagaimana Merokok Menyebabkan Kanker Tenggorokan?

Merokok bisa memicu penyakit kanker. Salah satu jenis kanker yang bisa berkembang akibat kebiasaan merokok adalah kanker tenggorokan. Mengapa bisa begitu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 28/10/2019 . Waktu baca 9 menit

Setelah Berhenti Merokok, Kenapa Napas Jadi Terasa Sesak?

Berhenti merokok bisa menimbulkan efek samping, seperti sesak napas. Kok bisa sesak napas saat berhentu merokok? Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 21/09/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pencegahan jantung koroner

8 Langkah Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2020 . Waktu baca 9 menit
social smoker

Menjadi Social Smoker Ternyata Sama Bahayanya dengan Perokok Aktif

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020 . Waktu baca 4 menit
obat berhenti merokok maag

4 Jenis Obat di Apotek untuk Membantu Anda Berhenti Merokok

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 24/01/2020 . Waktu baca 6 menit
cara berhenti merokok

11 Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Ampuh dan Bebas Risiko “Sakau”

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 04/12/2019 . Waktu baca 12 menit