Fungsi Xigduo XR

Apakah kegunaan Xigduo XR?

Xigduo extended release tablet (XR) merupakan obat oral yang terdiri atas kombinasi dua obat, yaitu dapagliflozin dan metformin. Xigduo XR merupakan obat yang digunakan untuk membantu kontrol gula darah pada pasien dewasa dengan diabetes tipe dua. Penggunaannya bersamaan dengan program diet dan olahraga yang tepat akan membantu kontrol gula darah menjadi lebih optimal. Xigduo XR tidak diberikan sebagai pengobatan untuk pasien diabetes tipe satu dan mereka dengan diabetes ketoasidosis.

Dapagliflozin yang terkandung di dalam Xigduo XR bekerja dengan cara menurunkan tingkat penyerapan kembali glukosa yang dilakukan oleh ginjal. Glukosa yang tidak diserap kembali ke aliran darah akan dikeluarkan bersamaan dengan urin. Sementara, metformin yang juga menjadi salah satu bahan dalam Xigduo XR bekerja dengan cara mengurangi jumlah glukosa yang diproduksi oleh hati dan membuat usus Anda menyerap lebih sedikit glukosa pada saat proses pencernaan.

Bagaimana aturan pakai Xigduo XR?

Minumlah Xigduo XR sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter Anda. Minumlah obat ini satu kali pada pagi hari bersamaan dengan makanan. Telan obat ini secara utuh, jangan menghancurkan, membelah, atau mengunyah tablet ini. Melakukannya akan meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Dokter Anda mungkin akan memberikan dosis rendah pada awal pengobatan dan akan meningkatkannya secara bertahap. Dosis diberikan dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan dan respons tubuh Anda terhadap pengobatan. Jangan mengubah dosis tanpa berdiskusi dengan dokter Anda.

Konsumsi obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk memudahkan Anda mengingat minumlah pada waktu yang sama setiap harinya.

Bagaimana aturan menyimpan Xigduo XR?

Obat ini paling baik disimpan dalam suhu ruang yang terhindar dari cahaya langsung. Jangan menyimpan obat ini di tempat yang lembap, seperti kamar mandi. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat ini ke toilet atau membuangnya ke saluran pembuangan kecuali jika diinstruksikan demikian. Buang produk ini jika sudah mencapai masa kedaluwarsa atau tak digunakan lagi. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat mengenai cara yang tepat untuk pembuangan produk ini.

Dosis

Bagaimana dosis Xigduo XR untuk pasien dewasa?

Pemberian Xigduo XR didasarkan respons masing-masing individu terhadap pengobatan. Berikut adalah acuan dosis untuk pasien dewasa dengan diabetes tipe dua:

  • Dosis awal bagi pasien yang belum mengonsumsi dapagliflozin: 5 mg, satu kali sehari
  • Dosis awal bagi pasien yang belum mengonsumsi metformin extended release: 2.000 mg
  • Bagi pasien yang membutuhkan 5 mg dapagliflozin dan 2.000 mg metformin extended release, gunakan dua tablet Xigduo XR dalam sediaan 2,5 mg dapagliflozin/1.000 mg metformin extended release
  • Dosis maksimum harian: dapagliflozin 10 mg/metformin extended release 2.000 mg (dapat menggunakan dua tablet Xigduo XR dengan sediaan 5 mg/1.000 mg, satu kali sehari)

Pasien yang mengonsumsi metformin extended release pada malam hari, harus melewatkan dosisnya pada malam itu sebelum memulai pengobatan dengan Xigduo XR pada pagi harinya.

Dalam dosis dan sediaan apakah Xigduo XR (dapagliflozin-metformin HCl XR) tersedia?

Tablet (extended release), Oral: 2.5 mg/1.000 mg; 5 mg/500 mg; 5 mg/1.000 mg; 10 mg/500 mg.

Efek samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi akibat konsumsi Xigduo XR?

Penggunaan metformin yang terlalu banyak terkadang dapat menimbulkan asidosis laktat pada orang tertentu. Hal ini ditandai dengan kelelahan yang tidak biasa, pusing, rasa kantuk yang hebat, nyeri otot, kesulitan bernapas, detak jantung yang tak beraturan, atau sakit perut yang disertai mual dan muntah. Segera hubungi dokter Anda jika menemukan gejala ini.

Informasikan kepada dokter Anda jika menemukan beberapa gejala efek samping berikut ini:

  • Buang air kecil yang lebih sedikit
  • Dehidrasi, ditandai dengan lemas, pusing, perasaan seperti akan terjatuh
  • Gejala infeksi saluran kemih yang ditandai dengan rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil, sering buang air kecil, kencing berdarah, demam, nyeri pada panggul atau pinggang
  • Gejala infeksi kelamin, seperti rasa sakit, terbakar, gatal, ruam, kemerahan, berbau, atau ekskresi cairan dari penis atau vagina
  • Hidung berair atau tersumbat, sakit tenggorokan

Reaksi alergi serius diketahui jarang terjadi akibat penggunaan obat ini. Meski begitu, hentikan pengobatan dan hubungi dokter Anda jika mendapatkan tanda-tanda reaksi alergi obat, seperti gatal, kemerahan, bengkak pada area wajah, mata, bibir, lidah, dan tenggorokan, serta susah bernapas.

Daftar di atas belum mencakup semua kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai kemungkinan efek samping yang Anda khawatirkan akan muncul.

Peringatan dan pencegahan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi Xigduo XR?

  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki alergi terhadap dapagliflozin (Farxiga) atau metformin dan seluruh obat-obatan lainnya
  • Beri tahu dokter Anda mengenai riwayat kesehatan yang Anda miliki, termasuk penyakit yang pernah atau sedang Anda miliki, terutama jika Anda memiliki penyakit ginjal, tekanan darah rendah, infeksi saluran kemih, kanker saluran kemih, masalah pada jantung atau pankreas, dan jika Anda sedang dalam diet rendah garam
  • Beberapa orang yang mengonsumsi dapagliflozin terserang kanker saluran kemih, namun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa obat ini adalah penyebab utamanya
  • Anda mungkin harus menghentikan pengobatan Xigduo XR jika berencana melakukan pemeriksaan yang menggunakan prosedur sinar X dengan cairan kontras. Informasikan kepada dokter Anda mengenai penggunaan obat ini sebelum melakukan CT Scan/MRI
  • Informasikan kepada dokter Anda jika berencana atau tengah hamil. Dapagliflozin dapat berisiko pada janin jika dikonsumsi pada trimester kedua atau ketiga
  • Metformin dapat menstimulasi terjadinya ovulasi pada perempuan premenopause dan meningkatkan peluang terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai penggunaan alat kontrol kelahiran terbaik saat menggunakan obat ini
  • Xigduo XR tidak diperuntukkan untuk mereka yang berusia kurang dari 18 tahun

Apakah Xigduo XR aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Oleh Badan POM milik Amerika Serikat, FDA, Xigduo XR masuk ke dalam kategori D (ada bukti positif dari risiko). Untuk itu, penggunaan Xigduo XR harus dihentikan begitu kehamilan terdeteksi. Begitu pula untuk ibu menyusui, tidak direkomendasikan untuk memberikan ASI pada anak mereka ketika mengonsumsi obat ini.

Interaksi

Berikut adalah beberapa daftar obat yang mungkin berinteraksi dengan Xigduo XR (dapagliflozin-metformin XR), yaitu:

  • Digoxin (digitalis, Lanoxin)
  • Diuretik
  • Insulin atau obat diabetes lainnya
  • Rifampin
  • Ritonavir
  • Obat-obatan golongan NSAID, seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, celecoxib, diclofenac, indomethacin, dan meloxicam
  • Obat untuk kejang, seperti phenobarbital dan phenytoin

Daftar di atas mungkin belum mencakup semua daftar obat yang berinteraksi dengan Xigduo XR. Simpan semua daftar obat yang pernah atau sedang Anda konsumsi dan informasikan kepada dokter Anda sebelum meminum Xigduo XR, termasuk obat resep, nonresep, vitamin, atau obat herbal.

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi bersamaan mungkin akan menimbulkan interaksi obat, dan dapat membuat kerja obat tidak dapat maksimal atau malah meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Meski begitu, terkadang dokter meresepkan dua obat yang mungkin berinteraksi secara bersamaan jika dirasa perlu dengan melakukan penyesuaian dosis.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan jika overdosis Xigduo XR?

Segera hubungi bantuan darurat medis (119) atau ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat jika Anda mengalami overdosis terhadap Xigduo XR. Gejala dari overdosis Xigduo XR adalah pingsan dan kesulitan bernapas. Overdosis obat ini juga dapat menyebabkan terjadinya asidosis laktat, yang ditandai dengan mual/muntah/diare, napas yang cepat, dan detak jantung yang tak beraturan.

Apa yang harus saya lakukan jika melewatkan jadwal minum obat?

Jika Anda melupakan jadwal minum obat, minumlah sesegera mungkin ketika Anda mengingatnya. Jika jaraknya sudah terlalu dekat, abaikan jadwal yang terlewat dan lanjutkan dosis reguler Anda. Jangan menggandakan dosis pada satu kali jadwal minum obat.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca