Minum Suplemen Saat Sakit, Apa Masih Berguna?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pasti Anda pernah disarankan untuk minum suplemen penjaga daya tahan tubuh saat telah jatuh sakit. Logikanya, daya tahan tubuh Anda telah melemah, sehingga rasanya percuma jika mengonsumsi suplemen tersebut. Tapi, apakah sebenarnya mengonsumsi suplemen ini akan memberikan pengaruh jika diminum meski sudah sakit?

Suplemen penjaga daya tahan tubuh, bolehkah diminum saat sakit?

Sebagai suplemen penjaga daya tahan tubuh, tentu Anda berpikir bahwa minum suplemen ini hanya boleh dilakukan saat menjelang sakit. Pasalnya, daya tahan tubuh Anda telah melemah saat Anda sudah jatuh sakit. Jadi, percuma jika memaksakan untuk mengonsumsi suplemen tersebut, padahal sudah sakit.

Umumnya, suplemen ini akan disarankan untuk Anda gunakan saat sedang pilek, flu, meriang, demam, hingga kelelahan. Tapi apakah benar minum suplemen penjaga daya tahan tubuh saat telah jatuh sakit tidak akan memberikan efek apapun?

Tentu saja tidak. Nyatanya, suplemen penjaga daya tahan tubuh tetap membantu proses pemulihan apabila dikonsumsi saat telah jatuh sakit. Mengapa demikian? Di dalam kandungan suplemen penjaga daya tahan tubuh yang banyak beredar terdapat berbagai nutrisi yang memang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari vitamin C hingga mineral seng.

Namun, tahukah Anda apa dampak kesehatan yang bisa diberikan jika Anda minum vitamin C dan mineral seng saat telah jatuh sakit?

Manfaat kandungan yang terdapat di dalam suplemen bagi orang sakit

Biasanya, suplemen penjaga daya tahan tubuh yang banyak beredar dan disarankan untuk Anda minum saat sakit adalah yang memiliki kandungan seperti vitamin C dan mineral seng. Kedua kandungan tersebut disebut-sebut memberikan efek yang baik untuk kesehatan, khususnya jika sedang sakit flu.

Hal ini pun disebutkan di dalam sebuah penelitian yang dimuat di dalam Cochrane Database of Systematic Reviews 2013. Penelitian tersebut menyatakan bahwa vitamin C dapat sedikit mengurangi gejala flu pada sebagian besar orang. Meski begitu, vitamin C tidak benar-benar bisa menyembuhkan penyakit itu sendiri.

Sementara itu, penelitian lain yang dimuat di dalam Journal of The Royal Society of Medicine menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung mineral seng juga memiliki dampak positif terhadap kondisi kesehatan Anda. Saat Anda sakit flu, minum suplemen ini dapat mempersingkat lama waktu Anda mengalami penyakit flu dan meriang.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa saran untuk minum suplemen penjaga daya tahan tubuh sebenarnya saat telah sakit bukan hal yang salah kaprah. Sebab, meski tidak berpengaruh secara signifikan, suplemen ini tetap bermanfaat untuk membantu mengembalikan kesehatan Anda.

Pentingnya mengonsumsi vitamin setiap hari

Meski minum suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa membantu mengembalikan kesehatan saat sedang sakit, akan lebih baik jika Anda menggunakannya sebagai upaya preventif atau pencegahan. Misalnya, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C setiap hari demi menjaga daya tahan tubuh.

Minum 200 miligram (mg) vitamin C setiap hari untuk mengurangi gejala flu dan meriang. Vitamin ini mungkin akan sangat penting bagi sebagian besar orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Meski begitu, akan lebih baik jika Anda bisa meningkatkan asupan vitamin C dari makanan. Banyak makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ada banyak vitamin anak yang dijual di pasaran. Namun, perlukah pemberian vitamin untuk anak? Seberapa penting vitamin untuk kesehatan si kecil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Bantu Cegah Penyakit, Ini Peran Vitamin C, D, dan Kalsium di Sistem Imun

Demi fungsi sistem imun yang optimal, tubuh butuh asupan nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Ketahui peran nutrisi untuk dukung sistem imun dan sumbernya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
fungsi sistem imun
Nutrisi, Hidup Sehat 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Salah satu masalah orang thalasemia adalah masalah gizi. Apa saja pilihan nutrisi dan makanan untuk penderita thalasemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

4 Jenis Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Anemia

Salah satu cara mengatasi masalah anemia adalah dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin penambah darah. Apa saja vitamin untuk kurang darah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin untuk otak

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
minum vitamin pagi atau malam

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gambar apa itu suntik putih

Benarkah Suntik Putih Ampuh dan Aman untuk Mencerahkan Kulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
vitamin C mencerahkan kulit

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit