Lactacyd

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Penggunaan

Apa fungsi Lactacyd?

Lactacyd adalah cairan pembersih antiseptik khusus untuk daerah kewanitaan. Sebenarnya vagina dapat membersihkan dirinya sendiri. Leher rahim dan dinding dalam vagina akan menghasilkan lendir yang nantinya luruh membawa jaringan mati, sisa darah menstruasi, serta partikel asing lain dari vagina.

Meski organ intim satu ini bisa membersihkan dirinya sendiri, bukan berarti Anda boleh absen untuk merawatnya. Setiap wanita perlu menjaga dan merawat vaginanya supaya senantiasa bersih dan terhindar dari berbagai masalah seperti gatal dan bau tak sedap. Nah, salah satu cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pembersih kewanitaan seperti Lactacyd.

Pembersih kewanitaan ini berbahan dasar Lactoserum dan Lactic Acid (asam laktat). Cairan pembersih ini dapat digunakan untuk meredakan vagina gatal, keputihan, dan bau tak sedap. Terkadang, cairan pembersih ini juga dapat digunakan untuk mengatasi vaginitis, vulvitis, dan vulgar pruritis.

Bahan aktif dalam Lactacyd

Kandungan asam laktat dalam Lactacyd membantu mengobati atau mencegah kulit di vagina kering, kasar, bersisik, dan gatal. Hal ini karena asam laktat memiliki komponen emolien, yang mampu melembutkan dan melembabkan kulit. Komponen ini juga dapat mengurangi gatal dan membantu pengelupasan kulit mati di area kewanitaan.

Sementara lactoserum merupakan ekstrak susu dan terdiri dari laktosa, asam amino, vitamin dan mineral. Bahan aktif ini membantu meregenerasi kulit dan menjaga pH alami area kewanitaan.

Ya, vagina idealnya memiliki tingkat pH yang rendah berkisar dari 3.8 sampai 4.2. Ketika pH vagina lebih dari kadar tersebut, maka vagina rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang menyebabkan iritasi, bau, serta infeksi.

Lactacyd umumnya dijual bebas di pasaran dengan beragam varian dan manfaat yang meliputi:

  • Lactacyd Feminine Hygiene. Menjaga keseimbangan alami daerah kewanitaan yang terbukti klinis mengurangi rasa gatal dan bau tak sedap.
  • Lactacyd Herbal. Mengandung sirih yang memberikan rasa kesat, ekstrak susu yang melembutkan, serta ekstrak mawar untuk merawat area kewanitaan.
  • Lactacyd White Intimate. Lebih dari sekadar membersihkan, dengan kandungan 3 bahan alami, yaitu ekstrak susu, bengkoang, marine algae. Ketiga kandungan tersebut membantu mencerahkan area kewanitaan setidkanya dalam kurun waktu 4 minggu.

Apa pun variannya, setiap botol Lactacyd diformulasikan dengan hati-hati untuk membantu menjaga keseimbangan pH area intim supaya tetap sehat dan terawat.

Bagaimana cara pakai Lactacyd?

Cairan pembersih kewanitaan ini dapat digunakan saat mandi atau berendam sebagai sabun cair. Cara penggunaannya mudah.

Anda cukup menuangkan Lactacyd secukupnya di telapak tangan dan beri sedikit air untuk menghasilkan busa. Kemudian, basuh atau cuci bagian sekitar area kewanitaan dengan tangan secara lembut.

Pastikan Anda tidak menggosok terlalu keras karena hal ini justru dapat memicu iritasi. Anda juga sebaiknya tidak membasuh sampai ke bagian dalam vagina supaya bakteri baik yang ada di sana tetap terjaga pertumbuhannya. Setelahnya, barulah bilas daerah kewanitaan dengan air sampai bersih dan keringkan pakai tisu atau waslap.

Hindari mengeringkan vagina dengan menggosok handuk atau tisu dari arah belakang (bokong) ke depan (vagina). Arah yang benar yaitu sebaliknya, dari vagina ke bokong. Teknik ini bertujuan untuk menghindari sisa-sisa feses dan kuman yang menempel di dubur berpindah ke area vagina.

Pada prinsipnya, gunakan cairan pembersih ini persis seperti yang dianjurkan. Ikuti semua petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label resep dan baca semua panduan pengobatan atau lembar instruksi dengan teliti. Jangan ragu untuk bertanya ke dokter bila Anda belum paham betul cara pakainya.

Hentikan pemakaian dan segera berobat ke dokter bila Anda mengalami reaksi alergi parah atau gejala yang Anda alami semakin memburuk.

Bagaimana cara menyimpan Lactacyd?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Lactacyd.

Berapa dosis Lactacyd untuk orang dewasa??

  • Membersihkan bagian dalam vagina: gunakan dua kali dalam sebulan dengan dosis yang secukupnya. 
  • Membersihkan bagian luar vagina: gunakan sebagai sabun cair secara teratur, apalagi selama periode menstruasi.
  • Vaginitis: gunakan setiap hari selama menjalani masa pengobatan

Berapa dosis Lactacyd untuk anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam bentuk apa saja Lactacyd tersedia?

Obat ini tersedia dalam bentuk cairan dengan ukuran yang berbeda-beda.

  • Lactacyd Feminine Hygiene tersedia dalam kemasan 60ml, 150ml, dan 250 ml.
  • Lactacyd Herbal tersedia dalam kemasan 60ml dan 120 ml.
  • Lactacyd White Intimate tersedia dalam kemasan 60ml dan 150ml.

Efek Samping

Apa efek samping Lactacyd yang mungkin terjadi?

Sama seperti dengan penggunaan obat-obatan lain, cairan pembersih kewanitaan satu ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Efek samping ini umumnya jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan. Namun, penting bagi Anda untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki masalah apapun setelah mengunakan obat ini.

Beberapa efek samping paling umum dan sering dikeluhkan setelah menggunakan obat ini di antaranya:

  • Iritasi
  • Ruam kemerahan di kulit sekitar vagina
  • Kulit di sekitar area kewanitaan terasa panas seperti terbakar
  • Reaksi tidak nyaman ketika digunakan berulang kali, meningkatkan pertumbuhan Candida albicans

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Anda juga sebaiknya segera berobat ke dokter bila obat ini tidak membuat kondisi Anda membaik atau justru semakin parah. Semakin cepat didiagnosis, maka pengobatannya akan semakin mudah. Hal ini secara tidak langsung juga akan mempercepat proses penyembuhan pasien.

Pencegahan & Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Lactacyd?

Meski termasuk golongan obat bebas, cairan pembersih kewanitaan ini tidak boleh digunakan sembarangan. Supaya dapat merasakan manfaat yang optimal, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakannya:

Alergi

Tidak semua orang dapat menggunakan cairan pembersih kewanitaan ini dengan aman. Bagi Anda yang pemilik kulit sensitif sebaiknya jangan memaksakan diri untuk menggunakannya.

Begitu pula bagi Anda yang punya riwayat alergi. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan aktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi parah atau masalah lainnya.

Silakan bertanya langsung ke dokter untuk mengetahui informasi lebih jelasnya.

Riwayat penyakit tertentu

Beri tahu dokter atau apoteker tentang kondisi Anda yang sebenarnya. Hal ini termasuk bila Anda pernah atau sedang memiliki penyakit seperti infeksi vagina yang parah atau masalah lain yang menyerang kulit vagina. 

Obat-obatan tertentu

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep, dan produk herbal). Hal ini dilakukan semata-mata untuk menghindari risiko efek samping. Sebab, sejumlah obat dapat menimbulkan reaksi yang berbahaya bila penggunaanya dikombinasikan dengan cairan pembersih kewanitaan satu ini. 

Hamil dan menyusui

Selama kehamilan dan menyusui, obat ini harus digunakan hanya ketika dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter Anda.

Usia tertentu

Obat ini tidak disarankan digunakan pada orang lanjut usia (lansia) atau anak kecil. Tanpa indikasi yang tepat, obat ini mungkin dapat menyebabkan efek samping yang parah dan bahkan berakibat fatal. 

Lama pengobatan

Anda sebaiknya tidak menambah, mengurangi, atau menghentikan dosis pengobatan secara asal tanpa anjuran dari dokter. Kalau tetap dilakukan, hal ini dapat memicu efek samping yang buruk.

Intinya, selalu gunakan obat jenis apa pun sesuai jangka waktu yang dianjurkan. Pada obat bebas, pastikan Anda membaca dengan teliti aturan pakainya yang tertera pada bungkus kemasan atau brosur. Bertanyalah pada dokter atau apoteker bila Anda merasa informasi yang dijelaskan pada aturan pakai kurang jelas. 

Apakah Lactacyd aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Lactacyd?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Lactacyd?

Lactacyd dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Silakan diskusikan dengan dokter atau apoteker terkait potensi interaksi antara makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Lactacyd?

Lactacyd dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberi tahu dokter dan apoteker semua kondisi kesehatan yang Anda miliki. Terutama bila Anda sedang atau pernah mengalami:

  • Alergi cairan pembersih kewanitaan.
  • Infeksi vagina yang parah.
  • Masalah lain yang menyerang vagina.
  • Kulit sensitif

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Waspadai Penyebab Cacar Air dan Berbagai Faktor Risikonya

    Penyebab utama penyakit cacar air adalah infeksi virus varicella-zoster. Bagaimana infeksi memengaruhi keparahan penyakit? Bisakah sembuh dengan sendirinya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala

    Waspadai Ciri Scabies Berdasarkan Jenis dan Parahnya Gejala Kudis

    Scabies atau kudis merupakan penyakit kulit menular. Penting bagi Anda mengenali ciri dan gejala scabies (kudis) untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala

    Ciri-Ciri Cacar Api yang Wajib Dikenali, Jika Anda Sudah Pernah Kena Cacar Air

    Ciri-ciri cacar api memiliki pola penyebaran lenting yang berbeda dengan cacar air. Gejala cacar api juga disertai nyeri pada kulit.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala

    Tanda dan Gejala Cacar Monyet yang Perlu Dikenali Sejak Dini

    Gejala cacar monyet lebih serius dari gejala cacar air biasa. Waspadai dampak kesehatan dari cacar monyet dengan mengenali ciri-cirinya di sini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala

    Direkomendasikan untuk Anda

    Cacar api pada anak dan bayi

    Cacar Api pada Anak: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegahnya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020
    ilustrasi wanita terkena infeksi jamur kulit yang dapat diatasi dengan obat oles atau salep jamur kulit

    Kapan Harus Menggunakan Obat Anti Jamur Saat Muncul Gatal pada Kulit?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
    Obat kudis tradisional alami

    6 Bahan Alami yang Bisa Dimanfaatkan untuk Obat Kudis Tradisional

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020
    Jenis cacar

    Setiap Jenis Cacar Berbeda Penyebabnya, Bagaimana Pengobatannya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020