Flucloxacillin

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Mei 11, 2020
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Flucloxacillin digunakan?

Flucloxacillin adalah obat untuk mengobati beberapa jenis infeksi bakteri dan untuk mencegah infeksi bakteri yang terjadi selama operasi besar.

Obat ini termasuk antibiotik yang dikenal sebagai penisilin.

Obat ini digunakan untuk mengobati jenis infeksi tertentu yang disebabkan oleh bakteri gram-positif dan efektif terhadap jenis bakteri yang kebal terhadap banyak penisilin, misalnya infeksi staphylococcus dan streptokokus, bakteri yang menghasilkan zat beta-laktamase atau penisilinase.

Secara umum obat ini digunakan mengobati infeksi telinga, hidung, dan tenggorokan, darah, tulang dan sendi, dada, usus, jantung, ginjal dan kulit, dan untuk mengobati meningitis dan infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri gram-positif. Obat ini juga digunakan sebagai terapi pencegahan, untuk mencegah risiko infeksi yang mungkin terjadi selama operasi besar, khususnya selama bedah jantung atau bedah ortopedi.

Manfaat dari obat ini dapat mengendalikan dan menghentikan infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram-positif. Obat ini juga dapat mencegah infeksi yang terjadi selama operasi dan meningkatkan pemulihan setelah operasi Anda.

Bagaimana aturan pakai obat Flucloxacillin?

Minum obat ini biasanya empat kali sehari, setengah sampai satu jam sebelum makan. Untuk bentuk penggunaan lain, misalnya, IV dan IM, obat akan disiapkan dan dikelola oleh dokter atau perawatan ahli kesehatan lainnya.

Gunakan obat ini sesuai durasi resep untuk mendapatkan manfaatnya.

Ingatlah untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari – kecuali secara khusus diarahkan berbeda oleh dokter Anda.

Mungkin memerlukan waktu dari seluruh durasi penggunaan resep sebelum manfaat penuh dari obat ini dapat dirasakan. Jangan menghentikan pengobatan dini karena beberapa bakteri dapat bertahan hidup dan menyebabkan infeksi kembali.

Kondisi medis tertentu mungkin memerlukan petunjuk dosis yang berbeda seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Flucloxacillin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Flucloxacillin?

Sebelum menggunakan flucloxacillin, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi terhadap obat ini; atau penisilin lainnya; atau jika Anda memiliki alergi lain.

Obat ini tidak boleh digunakan jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Sebelum menggunakan obat ini, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki: hipersensitivitas terhadap penisilin.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama salah satu dari kondisi berikut: penyakit hati, penyakit mendasar yang serius.

Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang penggunaan obat ini.

Apakah obat Flucloxacillin aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Kehamilan:

Flucloxacillin dapat digunakan selama kehamilan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki keraguan atau pertanyaan tentang hal ini.

Lebih baik untuk membatasi penggunaan obat selama kehamilan bila memungkinkan. Namun, dokter Anda dapat memutuskan bahwa manfaat lebih besar daripada risiko dalam keadaan individu dan setelah penilaian secara hati-hati pada situasi kesehatan Anda.

Menyusui:

Flucloxacillin dapat untuk digunakan ketika Anda sedang menyusui. Namun, jumlah obat yang masuk ke dalam susu dan adanya reaksi hipersensitivitas yang terjadi harus diperhatikan pada bayi yang diberi ASI.

Lebih baik untuk membatasi penggunaan obat selama menyusui bila memungkinkan. Namun, dokter Anda dapat memutuskan bahwa manfaat lebih besar daripada risiko dalam keadaan individu dan setelah penilaian secara hati-hati pada situasi kesehatan Anda.

Efek Samping

Apa efek samping Flucloxacillin yang mungkin terjadi?

Efek samping termasuk:

  • Gangguan gastrointestinal ringan (diare)
  • Ruam kulit
  • Urtikaria
  • Masalah hati
  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot
  • Demam

Jika salah satu dari gejala ini menetap atau Anda menganggap gejala semakin parah kemudian informasikan ke dokter atau apoteker Anda.

Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda mengalami salah satu gejala berikut:

Reaksi alergi (hipersensitivitas). Reaksi hipersensitivitas serius dan fatal dikenal sebagai anafilaksis. Efek samping ini dapat terjadi namun sangat jarang.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Flucloxacillin?

Obat ini tidak boleh digunakan dengan obat berikut karena  dapat terjadi interaksi sangat serius yang berakibat fatal:

  • Probenesid
  • Obat pengencer darah (warfarin)
  • Metotreksat
  • Sulfinpyrazone
  • Vaksin tifoid oral
  • Kontrasepsi oral

Informasi ini tidak mengandung semua interaksi yang mungkin. Oleh karena itu, sebelum menggunakan flucloxacillin, beri tahu dokter atau apoteker semua produk yang Anda gunakan.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Flucloxacillin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Flucloxacillin?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

  • Penyakit hati
  • Masalah ginjal
  • Pasien yang sedang dibatasi asupan natriumnya
  • Pasien berusia 50 tahun atau lebih tua
  • Pasien dengan penyakit mendasar yang serius.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Flucloxacillin untuk dewasa?

Oral

Infeksi karena staphylococci yang resisten terhadap benzilpenisilin

Dewasa: 250 mg 4 kali sehari.

Intramuskular

Infeksi karena staphylococci yang resisten terhadap benzilpenisilin

Dewasa: 250 mg 4 kali sehari. Dosis dapat digandakan pada infeksi berat. Maksimal 8 g sehari dalam 3-4 dosis terbagi dapat diberikan untuk endokarditis atau osteomyelitis.

Intravena

Infeksi karena staphylococci yang resisten terhadap benzilpenisilin

Dewasa: 0,25-1 g 4 kali sehari, diberikan dengan suntikan lambat selama 3-4 menit, atau dengan infus. Dosis dapat digandakan pada infeksi yang berat. Maksimal 8 g sehari dalam 3-4 dosis terbagi dapat diberikan untuk osteomyelitis. Maksimal 8 g sehari dalam 4 dosis terbagi untuk endokarditis pada pasien dengan berat ≤85 kg dan 12 g sehari dalam 6 dosis terbagi untuk pasien dengan berat> 85 kg.

Intrapleura

Infeksi karena staphylococci yang resisten terhadap benzilpenisilin

Dewasa: 250 mg setiap hari dalam hubungannya dengan pengobatan sistemik.

Inhalasi

Infeksi karena staphylococci yang resisten terhadap benzilpenisilin

Dewasa: 125-250 mg bubuk untuk injeksi yang dilarutkan pada 3 mL air steril dan dihirup dengan nebuliser 4 kali sehari dalam hubungannya dengan pengobatan sistemik.

Intra-artikular

Infeksi karena staphylococci yang resisten terhadap benzilpenisilin

Dewasa: 250-500 mg sehari.

Berapa dosis obat Flucloxacillin untuk anak-anak?

Oral

Infeksi karena staphylococci yang resisten terhadap benzilpenisilin

Anak-anak: 2-10 tahun: ½ dari dosis dewasa. Hingga 2 tahun: ¼ dari dosis dewasa.

Intramuskular

Infeksi karena staphylococci yang resisten terhadap benzilpenisilin

Anak-anak: 2-10 tahun: ½ dari dosis dewasa. Hingga 2 tahun: ¼ dari dosis dewasa

Intravena

Infeksi karena staphylococci yang resisten terhadap benzilpenisilin

Anak-anak: 2-10 tahun: ½ dari dosis dewasa. Hingga 2 tahun: ¼ dari dosis dewasa

Dalam dosis dan sediaan apa Flucloxacillin tersedia?

Flucloxacillin sebagai garam natrium (Ph. Eur.) Dalam kapsul 250 mg dan 500 mg, bubuk 250 mg/5 ml dan 125 mg/5 ml untuk larutan oral

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis termasuk perasaan sakit dan diare.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Daftar Antibiotik yang Ampuh untuk Mengobati Jerawat

Jerawat ternyata bisa disembuhkan dengan antibiotik. Namun, apa saja antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat? Lihat daftarnya di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Penyakit Kulit, Jerawat Januari 24, 2020

Cepat-Tanggap Difteri, Ini Langkah Pengobatan Penyakit Difteri yang Tepat

Untuk menghindari komplikasi serius, difteri membutuhkan penanganan medis yang tepat. Seperti apa pengobatan difteri dan obat difteri apa yang efektif?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fidhia Kemala
Hidup Sehat, Tips Sehat Desember 18, 2019

Awas, Mesin Cuci Kotor Bisa Menjadi Rumah Bagi 5 Bakteri Ini

Mesin cuci memang cara praktis membersihkan baju. Namun, tahukah Anda bahwa banyak bakteri terdapat pada mesin cuci, terutama jika mesin tak pernah dicuci?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik Agustus 6, 2019

3 Faktor Penyebab yang Membuat Anda Berisiko Kena Penyakit Lyme

Penyakit lyme terjadi akibat gigitan kutu yang terinfeksi bakteri. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab Anda berisiko terkena lyme disease. Apakah itu?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik Juli 27, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal tayang Mei 4, 2020
Resistensi Antibiotik: Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Resistensi Antibiotik: Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal tayang April 7, 2020
Mewaspadai TB Laten, Perlukah Melakukan Pengobatan?

Mewaspadai TB Laten, Perlukah Melakukan Pengobatan?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang Maret 31, 2020
5 Penyakit dari Kucing yang Bisa Menular ke Anak Anda

5 Penyakit dari Kucing yang Bisa Menular ke Anak Anda

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu
Tanggal tayang Februari 25, 2020