Dulaglutide

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Kegunaan

Apa itu Dulaglutide?

Dulaglutide adalah injeksi yang diberikan untuk mengontrol gula darah bagi pasien dewasa dengan diabetes tipe 2. Pemberian injeksi harus diimbangi dengan olahraga dan diet agar kontrol gula darah dapat berjalan secara optimal. Dulaglutide tidak diberikan kepada pasien dengan diabetes tipe 1 dan diabetes ketoasidosis. Obat ini merupakan tambahan pengobatan yang diberikan kepada pasien diabetes tipe 2, tidak berfungsi sebagai pengganti dari insulin jika Anda membutuhkan terapi insulin.

Dulaglutide bekerja seperti hormon alami dalam tubuh yang disebut dengan inkretin. Cara kerjanya meningkatkan produksi insulin dengan jumlah yang tepat ketika kadar gula darah tinggi, seperti ketika setelah makan, dan menurunkan jumlah gula yang diproduksi oleh hati. Obat ini juga membantu gula dalam darah untuk masuk ke dalam jaringan adiposa untuk selanjutnya dipecah menjadi energi.

Aturan injeksi Dulaglutide

Dulaglutide merupakan obat yang tersedia dalam bentuk cairan yang disuntikkan ke dalam tubuh melalui lapisan subkutan (di bawah lapisan kulit) pada area perut, paha, atau lengan atas. Obat ini biasanya hanya diberikan setiap satu minggu sekali tanpa harus dilaksanakan berbarengan dengan jadwal makan. Lakukan injeksi obat ini di hari yang sama setiap minggunya pada waktu kapan pun. Anda dapat mengubah hari pemberian obat ini apabila sudah berjarak tiga hari atau lebih dari pemberian Dulaglutide terakhir.

Jika Anda juga melakukan suntik insulin, lakukan dengan dua alat injeksi yang berbeda. Area yang diinjeksi boleh sama, namun hindari untuk melakukan injeksi dengan titik suntik yang persis bersebelahan. Perhatikan pula cairan Dulaglutide sebelum Anda menyuntikkannya. Cairan tersebut haruslah jernih, tidak berwarna, dan bebas dari partikel padat yang terlihat.

Aturan menyimpan Dulaglutide

Simpan obat yang masih tersegel dalam lemari es dengan suhu 2-8 derajat Celcius. Jangan membekukan obat ini dan jauhkan dari cahaya langsung. Setiap alat suntik yang masih terisi atau Dulaglutide yang sudah dibuka dapat disimpan dalam suhu ruang (di bawah 30 derajat Celcius) selama 14 hari.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Pada pemberian awal, dosis yang diberikan sebanyak 0,75 miligram satu kali dalam seminggu. Dosis ini dapat ditingkatkan sampai 1,5 satu kali seminggu jika kontrol glikemik tidak menunjukkan perbaikan.

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin diakibatkan Dulaglutide?

Penggunaan obat ini dapat menimbulkan efek samping. Hubungi dokter jika menemukan salah satu dari gejala berikut:

  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Heartburn
  • Hilangnya nafsu makan
  • Rasa lelah berlebih

Meski penggunaan Dulaglutide tidak menyebabkan hipoglikemia, penurunan kadar gula darah tetap bisa terjadi jika obat ini dikombinasikan dengan pengobatan diabetes lainnya. Konsultasikanlah dengan dokter Anda mengenai seluruh obat-obatan yang pernah atau yang sedang Anda konsumsi, termasuk jenis obat herbal.

Hentikan pengobatan jika reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, bengkak di area wajah, seperti lidah, mulut, dan mata, bengkak pada tenggorokan dan sesak napas terjadi. Jika efek samping yang Anda rasakan tetap ada dan bahkan memburuk, segera hubungi dokter Anda untuk langkah medis selanjutnya.

Peringatan Penting

Injeksi Dulaglutide mungkin dapat meningkatkan risiko seseorang terhadap sel tumor kelenjar tiroid, termasuk kanker tiroid meduler. Pengujian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa pemberian injeksi Dulaglutide pada tikus dapat mengembangkan sel tumor, meski belum diketahui apakah membawa dampak yang sama pada manusia.

Bicarakan dengan dokter Anda terkait sejarah penyakit keturunan yang Anda miliki atau jenis kanker yang diturunkan, termasuk jika keluarga Anda (atau Anda) memiliki sindrom Multiple Endocrine Neoplasia tipe 2, yaitu kondisi yang menyebabkan terjadinya tumor pada lebih dari satu kelenjar dalam tubuh. Segera konsultasikan dengan dokter Anda apabila menemukan gejala, seperti bengkak atau timbulnya benjolan di leher, suara serak, kesulitan menelan, dan sesak napas selama pengobatan dengan Dulaglutide.

Interaksi Obat

Penggunaan bersama dengan obat golongan sulfonilurea atau insulin dapat meningkatkan terjadinya hipoglikemia. Penggunaan obat ini bersamaan dengan obat oral lain mungkin menyebabkan penundaan pengosongan lambung dan mengurangi tingkat penyerapan obatnya.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan gawat darurat atau overdosis?

Beberapa gejala yang mungkin muncul akibat overdosis adalah gangguan pencernaan, seperti mual dan muntah serta gejala hipoglikemia. Jika Anda mengalami gejala tersebut segera hubungi dokter Anda atau bantuan darurat medis lainnya untuk langkah medis selanjutnya.

Bagaimana jika saya melewatkan jadwal suntik?

Jika Anda melewatkan jadwal injeksi pada hari yang telah ditentukan, berikan injeksi segera setelah Anda mengingatnya. Namun, apabila jadwal pemberian injeksi selanjutnya adalah tiga hari yang akan datang, abaikan jadwal Anda yang terlewat dan lanjutkan pada jadwal reguler Anda selanjutnya.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Kesalahan Makan Sarapan yang Harus Dihindari Diabetesi

Sarapan memang menyehatkan. Tapi, ada beberapa kekeliruan yang sering dilakukan. Apa saja kesalahan saat sarapan yang sering dilakukan penderita diabetes?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata

Flu Bisa Jadi Berbahaya bagi Penderita Diabetes, Begini Penjelasannya

Untuk orang normal, flu hanyalah penyakit ringan, tapi tidak bagi diabetesi. Apa saja bahaya flu bagi penderita diabetes?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata

Sebenarnya Oatmeal Itu Bagus atau Tidak, Sih, untuk Diabetes?

Oatmeal dikenal sebagai makanan sehat. Lantas, apakah oatmeal untuk penderita diabetes juga merupakan pilihan yang baik tanpa efek samping sama sekali?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata

Dehidrasi Dapat Memperparah Diabetes? Kok Bisa?

Makanan manis diamini banyak orang dapat menyebakan kadar gula darah tinggi. Namun, tahukah Anda bahwa dehidrasi juga menyebabkan gula darah makin tinggi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata

Direkomendasikan untuk Anda

takut suntik insulin

Takut Suntik Insulin Karena Anggapan Berikut? Yuk, Ketahui Kebenarannya!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 27/11/2018
jadi gemuk setelah suntik insulin

Badan Jadi Gemuk Setelah Suntik Insulin, Bahaya atau Tidak, Ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 27/11/2018
kadar gula darah rendah hipoglikemia

Hati-hati, Hipoglikemia Bisa Sebabkan Kematian

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 02/11/2018
efek samping obat diabetes

Temuan Baru, Obat Diabetes Mungkin Picu Infeksi Pada Alat Kelamin

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 01/11/2018