Dithranol

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Dithranol Obat Apa?

Untuk apa dithranol?

Dithranol adalah obat yang digunakan untuk pengobatan psoriasis. Obat ini telah digunakan dalam pengobatan psoriasis sejak abad kesembilan belas. Dahulu kala, obat ini hanya boleh digunakan di rumah sakit dan diterapkan oleh dokter. Namun seiring berkembangnya teknologi kesehatan, obat ini bisa digunakan sendiri di rumah.

Jika digunakan dengan benar dan cara yang tepat, obat ini dapat membantu meringankan gejala psioriasis yang parah tanpa menimbulkan efek samping yang berarti. Obat ini tidak mengandung tar kortikosteroid atau tar batubara. Jangan gunakan obat ini jika kulit meradang atau terjadi iritasi.

Bagaimana cara penyimpanan dithranol?

Dithranol adalah salah satu obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Dithranol

Bagaimana cara penggunaan dithranol?

Ikuti persis semua petunjuk dari dokter dan apoteker. Pelajari bagaimana menggunakan obat, berapa lama untuk memakainya di kulit kepala atau kulit, dan bagaimana untuk menghindari perubahan warna kulit. Obat ini digunakan pada kulit dan/atau kulit kepala.

Untuk mencegah perubahan warna kuku, pakai obat ini dengan menggunakan sarung tangan plastik.

Oleskan tipis-tipis ke daerah dengan psoriasis, biasanya sekali sehari. Hindari penggunaan pada kulit/kulit kepala normal. Oleskan dengan merata. Jika terjadi pengaruh pada kulit normal sekitar daerah yang dirawat, gunakan petroleum jelly untuk melindunginya.

Untuk mengobati kulit kepala, pertama cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan kerak-kerak. Bilas shampo, kemudian terapkan obat ini seperti yang diarahkan, hanya di daerah psoriasis.

Ikuti arahan dokter Anda untuk menentukan berapa lama membiarkan obat ini pada kulit/kulit kepala (biasanya mulai dari 10-30 menit per pengobatan), kemudian cuci obat. Pertama, bilas dengan air yang agak hangat (27 derajat C). Kemudian, jika Anda menggunakannya pada kulit kepala, cuci kulit kepala dengan shampo, dan jika Anda menggunakannya pada kulit, cuci kulit yang diobati dengan mandi menggunakan sabun dan air panas.

Setelah menggunakan obat ini, bilas tangan segera dengan air hangat, lalu cuci dengan sabun dan air hangat.

Jangan biarkan obat terkena mata, selaput lendir (misalnya, bibir, mulut, hidung), atau area genital. Jika ini terjadi, siram dengan banyak air yang agak hangat. Jika terjadi iritasi, segera hubungi dokter Anda.

Perhatian dianjurkan bila menerapkan pada daerah antara jari kaki dan tangan, wajah, atau di lipatan kulit. Jika terlalu banyak terjadi iritasi setelah menggunakan obat ini, berhentilah menggunakan obat ini dan beri tahu dokter Anda.

Pengobatan biasanya dilanjutkan sampai daerah yang terkena penyakit benar-benar sembuh.

Beritahu dokter jika kondisi Anda tetap atau memburuk.

Efek samping Dithranol

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis dithranol untuk orang dewasa?

Untuk mengatasi psoriasis kronis, dosis dithranol adalah o,5-1 persen salep. Oleskan secara tipis-tipis ke area psoriasis dan diamkan selama 60 menit setiap hari sebelum dibilas. Dosis dapat ditingkatkan secara bertahap dengan pemakian salep 1 sampai 2 persen. Lindungi kulit di sekitarnya agar tidak terpengaruh dengan paparan benda asing atau sinar matahari.

Bagaimana dosis dithranol untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah dithranol tersedia?

Ketersediaan obat dithranol adalah krim, obat luar:

  • Dritho-Crème HP: 1% (50 g)
  • Zithranol-RR: 1,2% (45 g)
  • Shampoo, Eksternal:
  • Zithranol: 1% (85 g)

Peringatan dan Perhatian Obat Dithranol

Efek samping apa yang dapat dialami karena dithranol?

Efek samping yang paling umum dari penggunaan obat dithranol adalah:

Obat ini juga dapat menghitamkan rambut yang semula berwarna abu-abu/putih. Tak hanya itu, obat ini juga akan menodai kulit dan kain. Gunakan obat ini dengan hati-hati.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Interaksi Obat Dithranol

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan dithranol?

Beberapa hal yang harus diketahui sebelum menggunakan obat dithranol adalah:

  • Jangan gunakan obat ini jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui
  • Jangan gunakan obat ini jika Anda meminum obat resep atau obat nonresep lain, obat herbal, atau suplemen makanan
  • Jangan gunakan obat ini jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan, makanan, atau zat lain
  • Jangan gunakan obat ini jika Anda mengalami radang letusan psoriatik, folikulitis, masalah kulit lainnya, atau penyakit ginjal

Apakah dithranol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat, atau setara dengan Badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita untuk mencari tahu risiko pada bayi saat sang ibu mengonsumsi obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat dan potensi risikonya sebelum mengonsumsi obat ini selama menyusui.

Overdosis Dithranol

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan dithranol?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan dithranol?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan dithranol?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama jika Anda punya riwayat penyakit. Anthralin mungkin membuat kondisi lebih buruk.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Hati Anda

Hati-hati karena obat yang dijual bebas dapat menjadi racun bagi hati. Simak cara udah menjaga kesehatan hati berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 10 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Manfaat Ganja dalam Dunia Medis Plus Efeknya untuk Kesehatan

Meski ilegal di sebagian besar negara di dunia, mariyuana alias ganja terbukti memiliki beberapa manfaat medis jika digunakan dalam batas kewajaran.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 6 Februari 2021 . Waktu baca 12 menit

Herpes Genital

Herpes genital adalah infeksi menular seksual akibat virus herpes simpleks. Apa penyebab dan seperti apa gejalanya? Cari tahu di sini, yuk!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Seksual, Penyakit Menular Seksual 25 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Selain lebih murah, waxing di rumah dengan bahan alami ternyata lebih aman karena memiliki kemungkinan infeksi lebih kecil daripada waxing di salon.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
kutu bulu mata

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
waktu yang tepat minum obat cacing

Kapan Waktu yang Tepat Minum Obat Cacing?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
pengertian micellar water adalah

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit