Diazoxide

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Diazoxide Obat Apa?

Untuk apa diazoxide?

Diazoxide adalah obat untuk mengobati kadar gula darah yang sangat rendah (hipoglikemia). Kondisi tertentu seperti tumor di pankreas, kanker, dan sensitivitas leusin yang dapat menyebabkan pelepasan insulin terlalu banyak. Insulin adalah zat alami yang dapat menurunkan gula darah. Obat ini bekerja dengan mencegah pelepasan insulin dari pankreas, membantu untuk mengembalikan kadar normal gula darah.

Diazoxide adalah obat golongan thiazide, namun tidak memiliki efek diuretik seperti thiazides lainnya. Diazoxide tidak boleh digunakan untuk mengobati gula darah rendah bagi penderita gizi buruk.

Bagaimana cara penggunaan diazoxide?

Konsumsi obat ini lewat mulut, seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya 2 sampai 3 kali sehari (setiap 8 sampai 12 jam). Dokter Anda mungkin mengarahkan Anda untuk mengikuti diet khusus untuk kondisi Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda, apoteker, atau ahli gizi untuk informasi lebih jelas.

Jangan beralih antara bentuk diazoxide kapsul dan suspensi tanpa berdiskusi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Dosis Anda mungkin perlu disesuaikan. Jika Anda menggunakan obat ini dalam bentuk larutan, kocok botol secara menyeluruh sebelum mengonsumsi setiap dosis. Hati-hati mengukur dosis menggunakan alat pengukur/sendok khusus. Jangan gunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak akan  mendapatkan dosis yang tepat. Jangan meminum larutan obat jika warna telah berubah menjadi gelap. Buang saja.

Dosis diberikan berdasarkan berat badan Anda, kondisi medis, dan respon terhadap pengobatan. Anda perlu memeriksa kadar gula darah dan urin Anda untuk kondisi gula dan keton secara rutin. Dokter Anda akan menyesuaikan dosis berdasarkan tes ini. Dokter Anda dapat mengubah dosis Anda secara rutin ketika Anda pertama kali mulai mengonsumsi obat untuk menemukan dosis terbaik untuk Anda. Ikuti arahan dokter Anda dengan hati-hati untuk dosis tepat dan tes darah/urin.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat paling optimal. Perlu Anda ingat untuk mengonsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap harinya. Beri tahu dokter jika kondisi Anda tetap atau memburuk setelah 2 sampai 3 minggu

Bagaimana cara penyimpanan diazoxide?

Diazoxide adalah salah satu obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Diazoxide

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis diazoxide untuk orang dewasa?

  • Untuk mengobati hipertensi darurat, dosis diazoxide adalah 1-3 mg/kg, setiap 5 -15 menit, kemudian setiap 4-24 jam melalui infus. Obat ini harus diberikan dalam waktu kurang dari 30 detik ke pembuluh darah perifer. Dosis maksimal 150 mg.
  • Untuk mengobati hipoglikemia, dosis diazoxide adalah 3-8 mg/kg/hari  diminum langsung dalam dosis yang terbagi setiap 8 atau 12 jam. Dosis yang lebih tinggi (hingga 15 mg /kg/hari) telah digunakan dalam hipoglikemia refraktori.

Bagaimana dosis diazoxide untuk anak-anak?

  • Untuk mengobati hipertensi darurat pada anak-anak, dosis diazoxide adalah 1-3 mg/kg, setiap 5 -15 menit, kemudian setiap 4-24 jam melalui infus. Obat ini harus diberikan dalam waktu kurang dari 30 detik ke pembuluh darah perifer. Dosis maksimal 150 mg.
  • Untuk mengobati hipoglikemia pada anak-anak, dosis diazoxide adalah 3-8 mg/kg/hari  diminum langsung dalam dosis yang terbagi setiap 8 atau 12 jam. Dosis yang lebih tinggi (hingga 15 mg /kg/hari) telah digunakan dalam hipoglikemia refraktori.

Dalam dosis apakah diazoxide tersedia?

  • Kapsul, ora
  • Proglycem 100 mg

Efek samping Diazoxide

Efek samping apa yang dapat dialami karena diazoxide?

Efek samping ringan yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi obat diazoxide adalah:

  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare
  • Gatal ringan atau ruam kulit
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Gelisah

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Peringatan dan Perhatian Obat Diazoxide

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan diazoxide?

  • Tidak boleh minum obat ini jika Anda alergi terhadap diazoxide
  • Memiliki riwayat penyakit jantung atau tekanan darah karena obat-obat tertentu seperti hydrochlorothiazide (HCTZ), HydroDIURIL, Hyzaar, Lopressor HCT, Vasoretic, Zestoretic, dan lain-lain.
  • Diazoxide tidak boleh digunakan untuk mengobati hipoglikemia yang disebabkan oleh diet.
  • Untuk memastikan diazoxide aman untuk Anda, beri tahu dokter Anda jika Anda memilik riwayat penyakit gagal jantung kongestiftekanan darah tinggi, penyakit ginjal, encok, tingkat kalium dalam darah rendah (hipokalemia).

Apakah diazoxide aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Diazoxide telah dikategorikan sebagai kategori kehamilan C oleh FDA. Obat ini tidak diindikasikan untuk digunakan selama kehamilan. Penelitian pada hewan telah menunjukkan bukti terhambatnya pertumbuhan janin dan kelangsungan hidup janin anak anjing, juga  nifas berkepanjangan. Tidak ada data yang memadai atau terkendali dari studi kehamilan manusia. Diazoxide seharusnya hanya digunakan selama kehamilan ketika jelas untuk apa kebutuhannya. Jika diberikan selama persalinan, diazoxide mungkin dapat menghentikan kontraksi rahim, yang membutuhkan penggunaan agen oxytocic.

Tidak ada data mengenai ekskresi diazoxide ke dalam susu manusia. Produsen merekomendasikan bahwa karena potensi efek samping yang serius pada bayi menyusui, keputusan yang harus dilakukan adalah antara menghentikan menyusui atau menghentikan obat, dengan mempertimbangkan pentingnya obat kepada ibu.

Interaksi Obat Diazoxide

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan diazoxide?

Beri tahu dokter tentang semua obat-obatan yang Anda konsumsi, dan obat yang mulai Anda konsumsi atau yang telah berhenti Anda konsumsi selama perawatan dengan diazoxide, terutama:

Obat lain juga dapat berinteraksi dengan diazoxide, termasuk obat resep dan obat-obatan non-resep, vitamin, dan produk herbal. Beri tahu dokter Anda tentang semua obat-obatan yang Anda gunakan sekarang dan semua obat yang Anda baru saja berhenti gunakan.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan diazoxide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan diazoxide?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis Diazoxide

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin termasuk kehausan ekstrem atau mulut yang sangat kering, nafas bau, sakit pada perut, muntah, frekuensi kencing meningkat, kebingungan, dan kadar keton tinggi dalam darah

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati Penggunaan Obat Kortikosteroid Berlebihan

Sering disebut "obat dewa" karena bisa menyembuhan alergi, gatal-gatal, hingga flu, obat kortikosteroid juga bisa berbahaya jika dipakai berlebihan.

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hidup Sehat, Tips Sehat 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Pro dan Kontra Mengonsumsi Obat Antidepresan

Antidepresan bisa membantu penderita depresi agar pulih, tapi ada efek samping yang perlu diwaspadai. Pahami pro dan kontra antidepresan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 18/06/2020 . Waktu baca 5 menit

5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

Berbagai penyakit kulit ini bisa menjadi salah satu komplikasi yang muncul saat seseorang memiliki keadaan diabetes yang tidak terkontrol.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Diabetes, Health Centers 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Diabetesi termasuk golongan yang rentan terjangkit virus COVID-19. Selain lakukan upaya pencegahan, jaga juga kadar gula darah di rumah dengan tips berikut.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
diabetesi
Coronavirus, COVID-19 30/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diabetes insipidus adalah

Diabetes Insipidus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 12 menit
sering buang air kecil

8 Kondisi yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
obat anyang-anyangan

Ragam Obat dan Pengobatan untuk Mengatasi Anyang-anyangan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 8 menit
prostatitis

Prostatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 10 menit