Melanox untuk apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Melanox Merek: Melanox.

Penggunaan

Untuk apa Melanox?

Melanox adalah merek obat kulit yang mengandung zat aktif hydroquinone. Obat ini bekerja dengan mengurangi penumpukan pigmen kulit dan menghambat proses perubahan warna kulit.

Kandungan hydroquinone dalam obat ini juga digunakan untuk meringankan bercak kulit hitam (juga disebut hiperpigmentasi atau melasma) yang disebabkan oleh kehamilan, pil KB, obat hormon, atau cedera pada kulit.

Cara Pakai

Bagaimana cara pakai Melanox?

Anda bisa menggunakan Melanox dengan cara mengoleskan krim ini pada area kulit yang bermasalah. Ikuti semua petunjuk petunjuk kemasa di dalam produk, atau gunakan sesuai arahan dokter kulit.

Sebelum menggunakan obat ini, tes dulu dengan cara mengoleskan sedikit krim ke kulit punggung tangan. Tunggu reaksi sekitar 24 jam. Apabila kulit tidak mengalami efek samping yang serius, gunakan sesuai dosis. Namun apabila area kulit yang dilakukan tes terasa gatal, merah, bengkak, atau melepuh, jangan gunakan produk ini dan hubungi dokter Anda.

Oleskan obat ini ke area kulit yang terkena, biasanya dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Obat ini hanya digunakan pada kulit. Jika digunakan secara tidak benar, warna kulit yang tidak diinginkan dapat muncul.

Hindari mengoleskan krim ini ke mata atau bagian dalam hidung atau mulut Anda. Jika Anda mendapatkan obat ini di area tersebut, siram dengan banyak air.

Obat ini dapat membuat area kulit yang dirawat lebih sensitif terhadap sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari yang lama dan tempat bersuhu panas. Gunakan tabir surya dan kenakan pakaian pelindung pada area kulit yang dirawat saat berada di luar ruangan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan  khasiatnya, Untuk membantu Anda melakukan rutin di jam yang sama, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Bagaimana cara menyimpan Melanox?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Melanox untuk orang dewasa?

Dosis Melanox untuk orang dewasa guna mengobati masalah kulit seperti melasma, bintik-bintik hitam, hiperpigmentasi melanin, dapat dioleskan di area yang terinfeksi sebanyak dua kali sehari.

Bagaimana dosis Melanox untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam sediaan apa obat ini tersedia?

Melanox tersedia dalam sediaan krim yang mengandung krim hydroquinone 40 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat terjadi akibat pakai Melanox?

Melanox dapat berisiko menyebabkan efek samping tertentu.

  • Reaksi kulit
  • Gatal
  • Kulit yang meradang
  • Iritasi ringan hingga sedang
  • Sakit
  • Reaksi alergi

Efek samping di atas mungkin terjadi, tetapi tidak selalu. Beberapa efek samping mungkin jarang tetapi serius. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda memiliki efek samping berikut, terutama jika efek samping berlangsung lama.

Pencegahan dan Peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum pakai Melanox?

Sebelum menggunakan Melanox, beri tahu dokter Anda tentang daftar obat misalnya vitamin, suplemen, atau herbal yang Anda gunakan untuk mencegah adanya reaksi obat.  Beri tahu juga tentang alergi, penyakit, atau kondisi kesehatan saat ini (misalnya kehamilan, atau jadwal operasi yang akan datang.

Beberapa kondisi kesehatan mungkin membuat Anda lebih rentan terhadap efek samping obat. Gunakan obat sesuai arahan dokter Anda atau setidaknya ikuti arahan yang tercetak pada label petunjuk kemasan.

Dosis juga bisa berbeda-beda berdasarkan pada kondisi Anda. Beritahu dokter jika kondisi kulit tidak berubah atau menjadi lebih buruk.

Saat menggunakan krim ini, penting untuk mengikuti beberapa hal berikut ini:

  • Hindari paparan sinar matahari langsung yang tidak perlu dan tutupi area yang dioleskan krim tersebut.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil atau menyusui dan memakai krim kulit ini.
  • Hentikan penggunaan dan hubungi dokter segera jika Anda mengalami reaksi alergi pada kulit atau perhatikan ketika kulit menjadi hitam kehitaman
  • Segera cuci dengan air, jika krim masuk ke mata, hidung, mulut, atau di bibir Anda
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda alergi terhadap hydroquinone. Gunakan produk hydroquinone dengan hati-hati, tidak boleh memakai dengan dosis berlebihan.
  • Penggunaan tabir surya adalah suatu keharusan saat menggunakan hydroquinone.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini pada luka terbuka, kering, pecah-pecah, iritasi, atau kulit terbakar matahari.
  • Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakan Melanox. Bersihkan dan keringkan area kulit yang akan dioleskan krim Melanox.
  • Jangan menggunakan obat ini untuk kulit dekat mulut, mata dan hidung.

Interaksi

Obat-obatan apa yang dapat berinteraksi dengan Melanox?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda.

Berikut adalah obat atau zat yang harus dihindari selama penggunaan Melanox:

  • Hidrogen peroksida
  • Fenol
  • Resorcinol
  • Asam salisilat

Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.Sebelum menggunakan pengobatan ini, bicarakan kepada dokter maupun apoteker Anda mengenai apa saja produk yang Anda gunakan, baik dengan maupun tanpa resep.

Makanan dan minuman apa yang dapat bereaksi dengan obat ini?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Melanox?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain seperti ada luka atau iritasi di tubuh Anda sebelum pakai obat ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 8, 2019 | Terakhir Diedit: Februari 8, 2019