Cari 3 Kandungan Suplemen Ini untuk Cegah Osteoporosis

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Tulang yang sehat membuat seseorang tidak rentan terhadap kondisi osteoporosis sehingga memiliki kualitas hidup yang baik. Yuk, kenali osteoporosis serta kandungan yang bermanfaat dalam suplemen untuk cegah pengeroposan tulang sejak dini .

Apa itu osteoporosis?

Osteoporosis alias pengeroposan tulang adalah kondisi yang membuat tulang menjadi lemah dan rentan mengalami patah tulang walau hanya disebabkan oleh tekanan ringan, seperti saat seseorang membungkuk untuk mengambil barang di lantai.

Pengeroposan tulang umumnya tak menunjukkan gejala apa pun. Namun, berdasarkan Mayo Clinic, tulang yang semakin lemah karena osteoporosis dapat menyebabkan:

  • Nyeri punggung karena tulang belakang sulit menopang tubuh
  • Penurunan tinggi badan karena penyusutan tulang
  • Postur tubuh memburuk, seperti bertambah bungkuk
  • Patah tulang mudah terjadi

Sejumlah penyebab lain osteoporosis meliputi penuaan alami, menopause, jarang olahraga, merokok, mengonsumsi minuman alkohol berlebihan, dan perkembangan massa tulang yang tidak optimal di usia pertumbuhan.

Mengingat osteoporosis tergolong kondisi yang berisiko membahayakan kesehatan dan keselamatan Anda, penting sekali untuk mencegah kondisi ini sedini mungkin.

Kandungan yang baik di suplemen untuk cegah osteoporosis

manfaat konsumsi kalsium

Risiko osteoporosis dapat diminimalisasi dengan dua cara penting, yakni rutin olahraga dan makan makanan bergizi. Rutin olahraga membuat tulang kuat sementara pola makan yang baik membantu mencegah berat badan tidak di bawah standar indeks massa tubuh yang dianjurkan.

Selain pola makan, suplemen juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi untuk cegah osteoporosis. Berikut adalah nutrisi yang dianjurkan, jika kebetulan Anda sedang memilih suplemen untuk bantu cegah pengeroposan tulang sejak dini.

Kalsium

Tulang adalah jaringan hidup yang selalu memperbaharui diri. Sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi kalsium. Padahal, kalsium merupakan mineral yang penting bagi tulang. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, lebih banyak massa tulang yang hilang daripada diperbaharui setiap harinya.

Kalsium juga memiliki peran lain untuk kesehatan secara keseluruhan. Mineral ini diklaim membantu aktivasi sel-sel di sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, sebaiknya suplemen cegah osteoporosis pilihan Anda mengandung kalsium. Alasannya karena kalsium merupakan penyusun utama tulang. Tidak hanya itu, pastikan kalsium di dalam suplemen pilihan merupakan kalsium organik karena lebih mudah diserap tubuh.

Vitamin C jenis ester-C

Anda mungkin bertanya apa hubungan vitamin C dengan osteoporosis. Menurut kajian berjudul Osteoporosis, Vitamin C Intake, and Physical Activity in Korean Adults Aged 50 Years and Over, tekanan dari radikal bebas (stres oksidatif) juga berperan dalam pengeroposan tulang. Oleh sebab itu, selain baik untuk daya tahan tubuh, vitamin C juga memainkan peranan penting dalam mencegah osteoporosis karena mampu melawan efek negatif dari pergerakan radikal bebas.

Akan tetapi, ada hal yang harus dicatat ketika memilih suplemen untuk cegah osteoporosis yang mengandung vitamin C. Vitamin C dalam suplemen bisa terbagi menjadi beberapa jenis, seperti vitamin C jenis ester-C dan jenis asam askorbat. Anda sebaiknya memilih yang jenis ester-C karena lebih ramah untuk lambung manusia setelah diuji secara klinis.

Vitamin D

Sama dengan kalsium, vitamin D juga berperan penting dalam membantu tulang memperbaharui diri sekaligus menjaganya tetap sehat sehingga terhindar dari pengeroposan tulang. Secara khusus, peran vitamin D di dalam tubuh yang terkait dengan osteoporosis antara lain:

  • Membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang sudah berada di usus
  • Menunjang penyusunan jaringan tulang berjalan tepat
  • Mendukung fungsi otot agar tak mudah jatuh

Maka dari itu, jangan sampai melewatkan vitamin ini ketika memilih suplemen untuk cegah osteoporosis. Kebaikan vitamin D juga bermanfaat untuk daya tahan tubuh dalam melawan infeksi.

Singkat kata, suplemen dapat menjadi pilihan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam mencegah osteoporosis. Tak lupa untuk memastikan suplemen pilihan Anda mengandung kalsium organik, vitamin D, dan vitamin C jenis ester-C. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi suplemen apa pun.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Doyan Minum Bubble Tea

    Boleh saja minum bubble tea, tapi kalau terlalu sering, waspada bahayanya bagi kesehatan. Bagaimana agar tetap sehat meski doyan bubble tea?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Ivena
    Fakta Gizi, Nutrisi 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

    Mie Instan atau Nasi: Mana yang Bikin Lebih Cepat Gemuk?

    Saat ingin menjaga atau menurunkan berat badan, Anda mungkin bingung memilih mana yang lebih baik: nasi putih atau mie instan. Simak di sini!

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
    Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 20 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

    5 Sumber Makanan Sehari-hari yang Mengandung Biotin

    Biotin (vitamin B7) bermanfaat untuk menghasilkan energi pada tubuh. Apa saja makanan sehat yang mengandung biotin? Cari tahu di sini!

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Fakta Gizi, Nutrisi 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Rasanya Memang Lezat, Tapi Apakah Selai Cokelat Kacang Sehat?

    Banyak orang suka makan roti dengan olesan selai kacang cokelat saat sarapan. Namun, apa dampaknya untuk kesehatan? Apakah menyehatkan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Fakta Gizi, Nutrisi 17 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
    

    Direkomendasikan untuk Anda

    bakteri asam laktat

    5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
    manfaat belimbing

    9 Manfaat Kesehatan dari Makan Buah Belimbing

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah
    Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
    daging angsa

    Belum Banyak Diketahui, Inilah Manfaat Daging Angsa dan Kandungan Gizinya

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
    resep membuat bakwan

    Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit