home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Snack Menyehatkan dengan Indeks Glikemik Rendah

5 Snack Menyehatkan dengan Indeks Glikemik Rendah

Snack sehat adalah makanan ringan yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi, mengurangi rasa lapar sebelum waktu makan, namun tidak membuat gula darah naik dalam waktu cepat.

Jika Anda mencari snack seperti ini, carilah camilan dengan kandungan indeks glikemik rendah. Apa saja misalnya?

Ketahui dulu apa itu indeks glikemik

Indeks Glikemik (IG) adalah suatu ukuran untuk menandakan seberapa cepat karbohidrat dalam makanan diubah menjadi gula oleh tubuh. Ukuran IG ini dimulai dari skala 0-100.

Semakin tinggi indeks glikemik makanan semakin cepat kadar gula darah dan insulin meningkat setelah memakan makanan tersebut walau hanya dalam jumlah kecil. Lalu sebaliknya, semakin rendah indeks glikemik suatu makanan, semakin lambat efeknya terhadap kenaikan gula darah Anda.

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa camilan sehat dengan indeks glikemik rendah dapat membantu menjaga berat berat badan, mengurangi kadar gula darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta diabetes tipe 2.

Apa saja pilihan snack sehat dengan indeks glikemik rendah?

1. Yang terbuat dari kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan sumber protein yang mengandung asam amino baik untuk tubuh. Di dalam 100 gram kacang kedelai terkandung 170 kalori, 17 gram protein serta 10 gram karbohidrat.

Selain itu, indeks glikemik kacang kedelai terbilang cukup rendah, yakni di angka 16 saja. Maka, kacang kedelai merupakan salah satu camilan sehat kaya protein yang wajib dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-harinya.

2. Salad buah dengan taburan keju parut

Buah seperti apel, jeruk, anggur, dan strawberry yang dipotong dan diolah menjadi salad merupakan salah satu camilan sehat yang indeks glikemiknya tidak terlalu tinggi. Padukan dengan 20 gram keju cheddar rendah lemak yang diparut. Memilih keju rendah lemak berguna untuk membantu kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jangan lupa perhatikan besar porsinya, ya.

3. Popcorn tawar tanpa mentega atau garam

Popcorn atau berondong jagung adalah snack sehat rendah indeks glikemik yang tidak bikin kadar gula dalam darah langsung naik. Popcorn juga camilan yang kandungan kalori dan lemaknya tidak banyak.

Meski demikian, popcorn adalah snack sehat karena kandungan seratnya yang bisa bikin kenyang tahan lama. Anda bisa bikin popcorn sehat sendiri di rumah dengan takaran 1 cangkir popcorn mentah yang dimasak dengan sedikit taburan minyak zaitun.

4. Greek yoghurt

Greek yoghurt atau yogurt Yunani baru-baru ini menjadi populer karena kandungan protein dan kalsiumnya yang melimpah. Bila ingin dikonsumsi sebagai snack sehat sehari-hari, silakan beli yoghurt rendah lemak dan rendah gula yang mudah ditemukan di pasar swalayan. Jika ingin menambah rasa dan nutrisi yoghurt, Anda bisa menaburkan potongan buah rendah indeks glikemik seperti strawberry, jeruk, atau anggur.

5. Telur rebus

Dilansir dari Healthline, American Diabetes Association mengatakan bahwa telur merupakan pilihan snack sehat yang baik dimakan bagi orang yang ingin kadar gula darahnya tetap stabil. Hal ini disebabkan karena satu butir telur mengandung hanya 0,5 gram karbohidrat sehingga aman bagi kadar gula darah. Tidak lupa juga, sebutir telur rebus mengandung banyak 7 gram protein dan 70-80 kalori.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 

Glycemic diet https://www.healthline.com/nutrition/low-glycemic-diet#section1 Diakses pada 04 Juli 2018.

Diabetes snacks https://www.healthline.com/health/diabetes-snacks Diakses pada 04 Juli 2018.

High protein and low carbs diet snacks https://www.livestrong.com/article/204638-easy-high-protein-low-carb-diet-snacks/ Diakses pada 04 Juli 2018.

Low glycemic index dier and dessert ideas https://www.verywellhealth.com/low-glycemic-index-diet-snack-and-dessert-ideas-2616575

Diakses pada 04 Juli 2018.

Soybeans https://www.healthline.com/nutrition/foods/soybeans#section6 Diakses pada 04 Juli 2018.

 


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 23/09/2018
x