home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Susu Pembentuk Otot Boleh Dikonsumsi Anak Remaja?

Apakah Susu Pembentuk Otot Boleh Dikonsumsi Anak Remaja?

Saat ini makin banyak anak remaja yang menyadari betapa pentingnya untuk hidup sehat dan rajin berolahraga. Kemudian untuk mempercepat menggapai impian punya bentuk tubuh ideal, banyak anak remaja yang mulai coba-coba membeli susu pembentuk otot. Namun, apakah susu pembentuk otot aman untuk diminum bagi remaja?

Apa yang terkandung dalam susu pembentuk otot?

Susu pembentuk otot biasanya memiliki beberapa varian. Whey protein adalah suplemen otot yang paling umum ditemui. Whey protein bersifat anabolik, artinya whey protein lebih berfungsi untuk membentuk otot. Hal ini bisa terjadi karena whey protein mengandung BCAA, asam amino yang berperan penting untuk meningkatkan pembentukan protein dalam otot dan menghambat pemecahan protein dalam tubuh. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa konsumsi whey meningkatkan pembentukan otot sebesar 68% dibanding protein kasein yang hanya sebesar 31%

Protein whey dikenal sebagai protein yang cepat dicerna oleh tubuh. Pasalnya tubuh hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk mencerna whey protein dalam susu. Whey protein dapat dicerna tubuh dengan cepat sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein otot dalam tubuh dengan cepat. Karena fungsinya tersebut, maka susu whey protein sangat cocok digunakan saat sebelum, selama, atau setelah olahraga.

Whey juga mengandung sistein, satu jenis asam amino yang mengandung antioksidan. Sistein dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi whey protein lebih jarang terinfeksi bakteri atau virus.

Tapi jangan mudah terlena dengan sejumlah manfaat whey protein ini. Ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh, dan ini termasuk protein. Kebanyakan asupan protein di luar batas dapat menghadirkan risiko kesehatannya tersendiri.

Kebanyakan asupan protein justru tidak baik

Walaupun susu pembentuk otot punya banyak manfaat, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya sembarangan. Apalagi anak-anak remaja. Ketahuilah bahwa susu pembentuk otot bukanlah suplemen pengganti makan yang bisa menggantikan gizi dan nutrisi alami dari makanan seimbang. Susu pembentuk otot juga bukan satu-satunya cara untuk membentuk otot tanpa didampingi dengan olahraga rutin.

American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa pada dasarnya suplemen protein tidak dibutuhkan oleh remaja, bahkan bagi mereka yang atlet sekalipun. Dengan catatan, mereka sudah makan makanan dengan gizi yang seimbang. Bahkan, suplemen protein disebutkan bisa mengurangi daya tahan mereka ketika bertanding.

Pandangan juga datang dari para ahli. Manny Alvarez, seorang dokter dan kepala departemen ObsGyn Hackensack University Medical Center di Hackensack, New Jersey Amerika Serikat, menjelaskan lebih jauh mengenai bahaya kelebihan protein pada remaja. Dikutip dalam Foxnews, umumnya whey protein memiliki berat 24 gram per sendoknya. Seorang anak usia 13 tahun minum satu sendok whey protein, segelas susu 2% protein seberat 8 gram dan makan sebuah hamburger dengan protein seberat 18g untuk makan siangnya.

Dengan total protein sebanyak itu, ia telah makan protein lebih banyak sebesar 16 gram dari besaran yang disarankan oleh para ahli. Bahkan, ia masih akan makan malam nantinya. Padahal protein bukan satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan oleh remaja dalam masa pertumbuhan.

Minum susu pembentuk otot harus didampingi dengan olahraga rutin dan makanan bergizi

Susu pembentuk otot pada dasarnya tidak berbahaya. Pola makan dan kebiasaan olahraga Andalah yang dapat berkontribusi pada keefektivitasan produk tersebut. Tentu whey protein tidak akan berbahaya jika diminum sesekali, juga disertai dengan olahraga teratur dan makanan sehat. Yang bahaya justru kalau Anda membabi buta minum berliter-liter susu pembentuk otot karena bermimpi memiliki bentuk tubuh ideal tapi tidak olahraga.

Selain itu, sumber protein terbaik didapat dari makanan. Bahkan, bagi para atlet pun masih harus mendapatkan kombinasi makanan sumber protein seperti daging rendah lemak, telur, ikan, hingga kacang-kacangan seperti tempe. Jika kamu mengonsumsi makanan tersebut, bukan hanya protein yang kamu konsumsi, namun juga banyak zat gizi lain seperti vitamin, mineral, bahkan lemak yang tubuh juga butuhkan.

Asupan gizi seimbang penting untuk tumbuh kembang remaja yang optimal. Selain protein, Anda juga butuh zat gizi lain, seperti karbohidrat. Karbohidrat merupakan bahan bakar utama pembentuk otot. Asupan karbohidrat yang cukup dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk beraktivitas berat dengan menyuplai energi yang dibutuhkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

https://www.bodybuilding.com/fun/topicoftheweek159.htm

http://www.ask-jansen.com/panduan-fitness-remaja/

http://www.foxnews.com/health/2017/05/16/protein-supplements-for-teens-are-safe.html

http://www.livestrong.com/article/266807-dangers-of-protein-supplements-for-teenagers/

http://healthyeating.sfgate.com/age-can-one-whey-protein-12175.html

http://www.healthline.com/nutrition/is-too-much-protein-bad-for-you#section5

http://www.livestrong.com/article/431401-should-teens-have-protein/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Fauzan Budi Prasetya
Tanggal diperbarui 18/09/2017
x