backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Ketahui 12 Manfaat Anggur Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Ketahui 12 Manfaat Anggur Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Anggur hijau memiliki ciri khas berupa rasa yang lebih asam dari anggur merah. Anggur hijau juga mengandung berbagai zat gizi yang punya manfaat untuk kesehatan. Makan anggur hijau berkhasiat menurunkan tekanan darah hingga menjaga fungsi otak. Sebagian besar manfaatnya berasal dari kandungan resveratrol.  

Kandungan zat gizi anggur hijau

Anggur hijau (Vitis vinifera) tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, tapi buah ini juga bisa dibuat menjadi jus atau campuran salad dan smoothies.

Dibalik rasanya yang lezat, anggur hijau kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Berikut ini kandungan zat gizi di dalam 100 gram anggur hijau tanpa biji. 

  • Air: 8 gram (g).
  • Kalori: 80 kkal.
  • Karbohidrat: 18,6 g.
  • Gula: 16 g.
  • Kalsium: 10 milligram (mg).
  • Magnesium: 7 mg.
  • Fosfor: 22 mg.
  • Kalium: 218 mg.
  • Natrium: 3 mg.

Anggur hijau juga diketahui mengandung vitamin K dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. 

Tak hanya itu, mengutip jurnal Molecules anggur hijau mengandung berbagai senyawa fenolik seperti asam kafeat, katekin galat, epikatekin, asam galat, asam protokatekuat, dan rutin.

Manfaat anggur hijau untuk kesehatan

Berikut ini beberapa khasiat anggur hijau untuk kesehatan tubuh. 

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

faktor risiko hipertensi

Salah satu manfaat anggur hijau untuk kesehatan adalah berpotensi untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat terjadi karena berbagai hal, termasuk karena kadar natrium yang berlebih di tubuh.

Nah, buah berwarna hijau ini mengandung kalium yang memiliki peran penting untuk membuang kelebihan natrium melalui urine dan melemaskan pembuluh darah.

Selain itu, buah anggur hijau mengandung senyawa resveratrol yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan merilekskan otot pembuluh darah.

2. Menjaga kesehatan hati

Kandungan senyawa resveratrol pada anggur hijau mampu menjaga kesehatan hati. Manfaat ini disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Nutrients

Hasil penelitian menunjukkan senyawa resveratrol dapat melindungi hati dari kerusakan kimiawi atau kerusakan yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan. 

Selain itu, sebagai antioksidan, resveratrol dapat membantu mencegah kerusakan sel hati akibat radikal bebas 

3. Memelihara kesehatan tulang

Selain dapat menurunkan berat badan, anggur hijau bermanfaat memelihara kesehatan tulang dan gigi. 

Buah ini mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk tulang, termasuk kalsium dan fosfor, yang merupakan komponen utama penyusunan tulang dan gigi. 

Selain itu, buah ini mengandung vitamin K yang dapat membantu penyerapan kalsium. Dengan begitu, tulang dapat menggunakan kalsium dengan baik untuk menjaga tulang tetap kuat.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menumpuk di dalam saluran pembuluh darah dan membentuk kristal. Ini dapat memicu penyumbatan pada pembuluh darah serta risiko penyakit jantung. 

Anggur hijau diketahui berpotensi menurunkan kadar kolesterol karena mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan tanin, yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah. 

Selain itu, studi dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa resveratrol pada buah anggur dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL serta trigliserida dalam darah. 

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

manfaat tomat untuk imun

Anggur hijau juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Khasiat anggur hijau tanpa biji ini didapat dari kandungan vitamin C di dalamnya. 

Vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih.

Selain itu, vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan untuk membantu melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.  

6. Meningkatkan fungsi otak

Anggur hijau juga dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi otak berkan kandungan senyawa flavonoid di dalamnnya.

Studi dalam jurnal Nutrition Review menunjukkan kandungan flavonoid dalam buah anggur dapat membantu meningkatkan daya ingat, kemampuan verbal, serta fokus dan konsentrasi.

Meski dinilai bermanfaat bagi otak, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikkan manfaat anggur hijau yang satu ini.

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat anggur hijau selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan mata berkat kandungan vitamin A.

Vitamin A merupakan zat gizi penting yang berfungsi untuk mengubah cahaya yang ditangkap oleh mata menjadi impuls listrik menuju otak. 

Selain itu, anggur hijau mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang dapat berpotensi mencegah perkembangan penyakit degenerasi makula atau penurunan penglihatan pada lansia. 

8. Mengontrol kadar gula darah

Anggur hijau juga dapat dikonsumsi untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena buah ini termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik (IG) rendah.

Makanan dengan IG rendah umumnya tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan cepat.

Selain itu, menurut studi dalam jurnal Nutrition and Metabolism senyawa resveratrol pada anggur hijau juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat anggur hijau yang satu ini.

9. Mengurangi risiko penyakit batu ginjal

mencegah batu ginjal sakit batu ginjal

Batu ginjal merupakan kondisi medis yang ditandai dengan terbentuknya endapan keras seperti batu pada ginjal. 

Endapan ini berasal dari penumpukan kalsium dan asam oksalat yang membentuk kristal dan menyumbat saluran ginjal 

Anggur hijau mengandung kalium yang dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. 

Hal ini karena kalium mampu mengikat kalsium di dalam urine, sehingga mencegah terbentuknya endapan mineral kalsium yang dapat berpotensi menjadi batu ginjal.

10. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Tidak hanya dapat membantu mengontrol kadar gula darah, anggur hijau juga dapat berpotensi untuk menurunkan risiko kanker

Manfaat anggur hijau ini disebutkan dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Processes. Dalam studi tersebut, peneliti mencoba untuk meneliti khasiat jus anggur hijau untuk mengatasi kanker. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jus anggur hijau mengandung senyawa alkaloid, tanin, serta flavonoid yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker paru-paru pada manusia. 

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat anggur hijau ini sebagai terapi pengobatan kanker. 

11. Menurunkan berat badan

Anggur hijau memiliki jumlah kalori yang sedikit, sehingga buah ini bisa jadi menu yang tepat untuk program diet Anda. 

Selain itu, mengutip studi dalam jurnal Nutrients, kandungan senyawa resveratrol pada buah anggur hijau juga dapat bermanfaat untuk mengurangi berat badan pada orang dengan obesitas. 

Hal ini karena senyawa resveratrol diketahui dapat membantu laju metabolisme tubuh, yakni proses pengubahan zat gizi menjadi energi yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. 

Tips konsumsi anggur hijau

Guna mendapatkan manfaatnya, sebaiknya konsumsi anggur secara langsung bukan dalam bentuk jus yang sudah diberi tambahan gula. Anda juga bisa mengolahnya dengan cara dibekukan untuk dijadikan camilan segar di rumah. 

12. Mencegah penuaan kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, anggur hijau juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit termasuk mengurangi munculnya tanda penuaan kulit.

Penuaan kulit terjadi secara alamiah karena menurunnya produksi kolagen, yakni protein utama pembentuk sel kulit, sehingga kulit kehilangan elastisitasnya dan muncul keriput atau garis halus. 

Manfaat anggur hijau untuk mengatasi penuaan diperoleh dari kandungan vitamin C. Vitamin ini dapat mendorong produksi kolagen. Dengan begitu. Kulit akan tampak lebih kencang dan awet muda. 

Itulah berbagai manfaat anggur hijau untuk kesehatan, mulai dari menurunkan tekanan darah hingga membantu menjaga kesehatan kulit. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan