Apakah Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Pola Makan Vegan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ada berbagai cara yang rela ditempuh banyak orang untuk menurunkan berat badannya agar terlihat lebih ideal. Salah satu yang mungkin bisa jadi pertimbangan yakni dengan menerapkan pola makan vegan setiap harinya. Pertanyaannya, apakah pola makan vegan memang benar terbukti bisa membantu untuk menurunkan berat badan?

Benarkah vegan bisa untuk menurunkan berat badan?

tips diet vegan

Vegan adalah salah satu jenis vegetarian yang sangat menghindari semua produk hewani dalam makanan dan minuman. Bahkan, orang yang menganut pola makan vegan juga benar-benar tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang berasal dari susu, madu, gelatin, kecap ikan, telur, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, setiap harinya orang yang menerapkan pola makan vegan hanya akan mengonsumsi aneka produk nabati. Mulai dari sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu nabati, alternatif daging, hingga produk non dairy lainnya atau berasal dari lemak nabati.

Ada berbagai alasan yang mendasari keinginan seseorang untuk menjalani pola makan vegan. Entah karena menghargai etika terhadap hewan yang juga termasuk makhluk hidup, meyakini bahwa pola makan ini lebih sehat, atau bahkan untuk menurunkan berat badan.

Ya, vegan disebut-sebut bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Ini karena dengan menerapkan pola makan vegan, artinya semua makanan dan minuman harian yang Anda konsumsi bebas dari sumber hewani yang kadang megandung lemak tinggi.

Terlebih lagi makanan dan minuman vegan umumnya memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori, sehingga bisa membantu kenyang lebih lama. Namun, sudahkah keampuhan pola makan vegan untuk menurunkan berat badan ini terbukti dalam penelitian?

Apakah hasilnya telah terbukti?

berat badan naik di kantor

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of General Internal Medicine, menyebutkan bahwa menjadi seorang vegan dapat membantu menurunkan berat badan secara drastis. Mendukung pernyataan tersebut, penelitian lain dalam jurnal Nutrition and Diabetes juga mendapatkan hasil serupa.

Penelitian yang melibatkan sekitar 75 orang dengan berat badan berlebih (overweight), diminta untuk menerapkan pola makan tertentu. Peserta boleh menjalani pola makan vegan, maupun terus makan makanan tinggi lemak termasuk dari sumber hewani untuk menurunkan berat badan.

Setelah kurang lebih selama 16 minggu, peserta yang menjalani pola makan vegan dinilai telah kehilangan lemak di area perut dalam jumlah yang lebih banyak. Ya, jika dibandingkan dengan peserta yang lebih banyak mengonsumsi sumber hewani, peserta yang menerapkan pola makan vegan lebih cenderung mudah untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, orang yang melakukan pola makan vegan biasanya memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah ketimbang non vegan lainnya. Hal tersebut disebutkan pada hasil penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition.

Apakah menurunkan berat badan dengan vegan baik untuk kesehatan?

makan sehat banyak aktivitas

Meski dinilai dapat membantu untuk menurunkan berat badan, tapi sebaiknya ketahui juga hal yang mungkin terjadi di balik pola makan vegan. Mengurangi atau bahkan tidak makan beberapa jenis makanan sama sekali, berisiko kekurangan satu atau lebih zat gizi tertentu.

Ambil contohnya yakni vitamin B12, yang banyak terdapat dalam sumber makanan hewani. Menerapkan pola makan vegan, artinya Anda tidak makan sumber hewani dan tentu berisiko kekurangan vitamin B12. Jika ini yang terjadi, dapat menungkinan Anda untuk mengalami anemia.

Namun, jangan khawatir karena ada solusi yang dapat dilakukan agar bisa tetap melakukan pola makan vegan untuk menurunkan berat badan, tanpa kekurangan zat gizi tertentu.

Anda biasanya dianjurkan untuk melengkapi zat gizi harian dengan aneka makanan yang telah diperkaya (difortifikasi) dengan beragam vitamin. Di mana makanan tersebut mungkin sulit didapatkan dari sumber nabati.

Annie B. Kay, MS, RDN, C-IAYT, seorang ahli gizi di Massachusetts, Amerika Serikat, turut mendukung hal tersebut. Menurutnya, pola makan vegan sebenarnya dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing orang yang menjalaninya.

Bahkan, pola makan vegan dapat membantu untuk memperbaiki penampilan fisik, termasuk menurunkan berat badan, bila rutin diterapkan setiap harinya.

Pola makan vegan sebenarnya dapat bantu menjaga kesehatan tubuh

tidak pernah makan daging

Terlepas dari itu semua, sebaiknya terapkan pola makan vegan yang tepat yakni dengan fokus pada makanan tinggi zat gizi, ketimbang yang tidak menyumbang nutrisi sama sekali.

Misalnya perbanyak makan buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, beserta olahannya setiap hari. Sebaliknya, hindari sumber lemak, gula, pati, sodium, dan zat aditif.

Seperti hasil dari penelitian Journal of American College of Cardiology. Bukan hanya membantu untuk menurunkan berat badan, pola makan vegan dengan sumber makanan sehat juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Sementara pola makan vegan yang kurang sehat, justru dapat memperbesar peluang Anda mengalami penyakit jantung.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Dari Mana Lemak Dagu Berasal? Bisakah Dihilangkan?

Jika Anda berkaca, mungkin Anda melihat dagu Anda yang berlipat. Lipatan itu diakibatkan oleh lemak dagu. Sebenarnya, dari mana lemak dagu berasal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan, Informasi Kesehatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Ragam Manfaat Makan Buah Markisa untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa asam manis yang khas dan menyegarkan, ternyata buah markisa memiliki banyak manfaat kesehatan loh! Simak ulasannya berikut ini:

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 7 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Cepat Turun Berat Badan

Tahukah Anda berjemur di bawah sinar matahari bisa bikin badan lebih ramping? Yuk, pelajari cara lain agar cepat turun berat badan di pagi hari berikut ini.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Seberapa Banyak Harusnya Porsi Makan Nasi Saat Sarapan?

Apa benar menghindari makan nasi atau karbohidrat lain saat sarapan dapat menurunkan berat badan? Ketahui jawabannya di artikel berikut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Fakta Gizi, Nutrisi 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
olahraga kardio dan angkat berat untuk menurunkan berat badan

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
bab setelah makan

Langsung BAB Setelah Makan, Apakah Normal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat berkebun

5 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 31 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit