home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Pola Makan Vegan?

Apakah Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Pola Makan Vegan?

Ada berbagai cara yang rela ditempuh banyak orang untuk menurunkan berat badannya agar terlihat lebih ideal. Salah satu yang mungkin bisa jadi pertimbangan yakni dengan menerapkan pola makan vegan setiap harinya. Pertanyaannya, apakah pola makan vegan memang benar terbukti bisa membantu untuk menurunkan berat badan?

Benarkah vegan bisa untuk menurunkan berat badan?

tips diet vegan

Vegan adalah salah satu jenis vegetarian yang sangat menghindari semua produk hewani dalam makanan dan minuman. Bahkan, orang yang menganut pola makan vegan juga benar-benar tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang berasal dari susu, madu, gelatin, kecap ikan, telur, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, setiap harinya orang yang menerapkan pola makan vegan hanya akan mengonsumsi aneka produk nabati. Mulai dari sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu nabati, alternatif daging, hingga produk non dairy lainnya atau berasal dari lemak nabati.

Ada berbagai alasan yang mendasari keinginan seseorang untuk menjalani pola makan vegan. Entah karena menghargai etika terhadap hewan yang juga termasuk makhluk hidup, meyakini bahwa pola makan ini lebih sehat, atau bahkan untuk menurunkan berat badan.

Ya, vegan disebut-sebut bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Ini karena dengan menerapkan pola makan vegan, artinya semua makanan dan minuman harian yang Anda konsumsi bebas dari sumber hewani yang kadang megandung lemak tinggi.

Terlebih lagi makanan dan minuman vegan umumnya memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori, sehingga bisa membantu kenyang lebih lama. Namun, sudahkah keampuhan pola makan vegan untuk menurunkan berat badan ini terbukti dalam penelitian?

Apakah hasilnya telah terbukti?

berat badan naik di kantor

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of General Internal Medicine, menyebutkan bahwa menjadi seorang vegan dapat membantu menurunkan berat badan secara drastis. Mendukung pernyataan tersebut, penelitian lain dalam jurnal Nutrition and Diabetes juga mendapatkan hasil serupa.

Penelitian yang melibatkan sekitar 75 orang dengan berat badan berlebih (overweight), diminta untuk menerapkan pola makan tertentu. Peserta boleh menjalani pola makan vegan, maupun terus makan makanan tinggi lemak termasuk dari sumber hewani untuk menurunkan berat badan.

Setelah kurang lebih selama 16 minggu, peserta yang menjalani pola makan vegan dinilai telah kehilangan lemak di area perut dalam jumlah yang lebih banyak. Ya, jika dibandingkan dengan peserta yang lebih banyak mengonsumsi sumber hewani, peserta yang menerapkan pola makan vegan lebih cenderung mudah untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, orang yang melakukan pola makan vegan biasanya memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah ketimbang non vegan lainnya. Hal tersebut disebutkan pada hasil penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition.

Apakah menurunkan berat badan dengan vegan baik untuk kesehatan?

makan sehat banyak aktivitas

Meski dinilai dapat membantu untuk menurunkan berat badan, tapi sebaiknya ketahui juga hal yang mungkin terjadi di balik pola makan vegan. Mengurangi atau bahkan tidak makan beberapa jenis makanan sama sekali, berisiko kekurangan satu atau lebih zat gizi tertentu.

Ambil contohnya yakni vitamin B12, yang banyak terdapat dalam sumber makanan hewani. Menerapkan pola makan vegan, artinya Anda tidak makan sumber hewani dan tentu berisiko kekurangan vitamin B12. Jika ini yang terjadi, dapat menungkinan Anda untuk mengalami anemia.

Namun, jangan khawatir karena ada solusi yang dapat dilakukan agar bisa tetap melakukan pola makan vegan untuk menurunkan berat badan, tanpa kekurangan zat gizi tertentu.

Anda biasanya dianjurkan untuk melengkapi zat gizi harian dengan aneka makanan yang telah diperkaya (difortifikasi) dengan beragam vitamin. Di mana makanan tersebut mungkin sulit didapatkan dari sumber nabati.

Annie B. Kay, MS, RDN, C-IAYT, seorang ahli gizi di Massachusetts, Amerika Serikat, turut mendukung hal tersebut. Menurutnya, pola makan vegan sebenarnya dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing orang yang menjalaninya.

Bahkan, pola makan vegan dapat membantu untuk memperbaiki penampilan fisik, termasuk menurunkan berat badan, bila rutin diterapkan setiap harinya.

Pola makan vegan sebenarnya dapat bantu menjaga kesehatan tubuh

tidak pernah makan daging

Terlepas dari itu semua, sebaiknya terapkan pola makan vegan yang tepat yakni dengan fokus pada makanan tinggi zat gizi, ketimbang yang tidak menyumbang nutrisi sama sekali.

Misalnya perbanyak makan buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, beserta olahannya setiap hari. Sebaliknya, hindari sumber lemak, gula, pati, sodium, dan zat aditif.

Seperti hasil dari penelitian Journal of American College of Cardiology. Bukan hanya membantu untuk menurunkan berat badan, pola makan vegan dengan sumber makanan sehat juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Sementara pola makan vegan yang kurang sehat, justru dapat memperbesar peluang Anda mengalami penyakit jantung.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Vegan Diet – a Complete Guide for Beginners. https://www.healthline.com/nutrition/vegan-diet-guide Accessed on August 14th 2019.

Vegan Weight Loss Plans-Do They Work? https://www.verywellfit.com/should-i-follow-a-vegan-diet-for-weight-loss-4152965 Accessed on August 14th 2019.

Vegan Diet for Weight Loss: What You Need to Know. https://www.healthline.com/health/diet-and-weight-loss/vegan-diet-for-weight-loss Accessed on August 14th 2019.

What Is the Difference Between Veganism and Vegetarianism? https://www.medicalnewstoday.com/articles/325478.php Accessed on August 14th 2019.

Ambika Satija ScD., Shilpa N. Bhupathiraju PhD., Donna Spiegelman ScD., dkk. (2017). Healthful and Unhealthful Plan-Based Diets and the Risk of Coronary Heart Disease in U.S Adults. Journal of the American College of Cardiology. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0735109717375216?via%3Dihub

Dinu M., Abbate R., Gensini GF., dkk. (2017). Vegetarian, Vegan Diets and Multiple Health Outcomes: A Systematic Review With Meta-Analysis of Observational Studies. Critical Reviews in Food Science and Nutrition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26853923 

Hana Kahleova., Rebecca Fleeman., Adela Hlokova., dkk. (2018). A Plant-Based Diet in Overweight Individuals in a 16-Week Randomized Clinical Trial: Metabolic Benefits of Plant Protein. Nutrition and Diabetes. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6221888/

Ru-Yi Huang., Chuan-Chin Huang., Frank B., dkk. (2016). Vegetarian Diets and Weight Reduction: a Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. Journal of General Internal Medicine. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11606-015-3390-7 


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 16/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x