4 Pertanyaan yang Harus Ditanyakan ke Diri Sendiri Sebelum Menjalani Diet

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Cara menurunkan berat badan yang ampuh bukan dengan mengurangi porsi makanan, tetapi dengan konsisten menjalani hidup sehat. Selain itu, semakin banyak pengetahuan seseorang tentang bagaimana cara kerja tubuh, maka semakin berhasil cara menurunkan berat badan yang dilakukan.

Namun hal ini pada umumnya berlaku pada orang yang cukup sehat, memiliki metabolisme tubuh yang berfungsi, normal dan tidak mengalami masalah hormon. Agar berhasil menurunkan berat badan dan konsisten hidup sehat, umumnya ada beberapa pertanyaan dasar yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri.

Pertanyaan yang harus dijawab untuk memulai diet Anda

Saat sedang menurunkan berat badan, Anda harus menanyakan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri pertanyaan simpel.  Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mengetahui apakah makanan tersebut akan membantu Anda dalam mencapai tujuan atau tidak.  

Di bawah ini adalah daftar pertanyaan yang dapat menjadi awal yang baik. Pelajari pertanyaan ini dan tanyakan secara rutin pada diri sendiri, karena akan menuntun Anda menuju pengurangan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

1. Apa makanan yang saya makan sehari-hari sudah sehat?

Ini merupakan pertanyaan terpenting, karena tidak semua makanan yang Anda makan mengandung kalori sama. Jika Anda makan makanan yang salah, berat badan bisa tambah naik dan perubahan hormon tubuh bisa berantakan.

Disarankan untuk makan makanan sehat bergizi seperti sayuran dan buah-buahan berserat, makan gandum utuh yang bisa kenyang tahan lama, dan konsumsi air putih cukup.

Semakin sehat makanan yang Anda makan, semakin baik fungsi tubuh , semaik baik tubuh Anda bekerja menggunakan kalori dan memetabolisme lemak. Kurangi makanan olahan dan kemasan yang bisa bikin lemak dalam tubuh makin banyak

2. Apa saya sudah makan protein cukup?

Protein yang Anda konsumsi akan memengaruhi dan mengurangi lemak tubuh guna membentuk otot. Konsumsi makanan tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, dada ayam tanpa lemak, susu dan ikan sebagai asupan diet sehat Anda sehari-hari.

3. Apa konsumsi gula saya berlebihan?

Terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula dapat menghalangi proses pengurangan berat badan (atau bahkan menyebabkan kenaikan berat badan).

Gula dapat menghentikan rasa kenyang pada tubuh Anda dengan menghambat hormon Leptin. Leptin bertanggung jawab untuk memberi sinyal pada otak bahwa Anda sudah kenyang. Saat hormon leptin menurun, tubuh pun jadi makin ingin mencari asupan gula, dan Anda cenderung akan makan makanan manis lebih banyak.

Gula bukan hanya didapat dari makanan manis saja, konsumsi gula berlebih dapat diperoleh dari nasi, mie, atau roti yang sering dijadikan makanan pokok sehari-hari.

4. Apakah saya makan cukup sayuran?

Sayuran mengandung berbagai zat yang disebut antioksidan.Tumbuhan memproduksi antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berfungsi memperlambat penuaan dan melindungi sel-sel sehat dalam tubuh Anda.

Untuk menurunkan berat badan, cobalah ganti setengah porsi nasi Anda dengan sayuran hijau. Tidak perlu takut lapar, karena sejatinya sayuran mengandung serat yang bisa membuat kenyang lebih lama dan mengandung vitamin, dan mineral penting lainnya.

Phil adalah praktisi kesehatan dan seorang ahli transformasi tubuh di starfitnesssaigon.com. Hubungi Phil di phil-kelly.com atau Facebook.com/kiwifitness.philkelly.

 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?

Artikel dari ahli Phil Kelly

8 Aturan Diet yang Salah Besar dan Tak Perlu Anda Percaya Lagi

Tak semua aturan diet harus Anda ikuti. Ya, ternyata ada beberapa aturan diet yang dibuat untuk dilanggar! Aturan diet yang seperti apa? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Phil Kelly
aturan diet yang salah
Diet, Nutrisi 19 Desember 2016

6 Vitamin yang Bisa Membantu Menghilangkan Lemak di Tubuh Anda

Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak dan membentuk tubuh. Anda juga butuh asupan vitamin yang tepat. Lantas, vitamin apa saja?

Ditulis oleh: Phil Kelly
menghilangkan lemak

Apakah Olahraga Kardio Menyebabkan Lemak di Perut?

Latihan kardio memang memiliki banyak manfaat. Sayangnya, jika dilakukan secara berlebihan, latihan ini justru dapat menyebabkan penumpukkan lemak di perut.

Ditulis oleh: Phil Kelly
lemak di perut
Olahraga Kardio, Kebugaran 19 Oktober 2016

Yang juga perlu Anda baca

Tak Hanya Lemak, Kebanyakan Makan Garam Juga Bikin Tubuh Gemuk

Makanan berlemak selalu dinilai sebagai penyebab kenaikan berat badan. Eits, jangan salah, kebanyakan makan garam juga bisa membuat Anda lebih cepat gemuk.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Obesitas, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Tahukah Anda bahwa mentega dan margarin tidaklah sama? Salah satunya ternyata berisiko bagi jantung, kolesterol, dan berat badan Anda. Yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

Saat perut kosong, jangan sembarang memilih santapan. Ada beberapa jenis makanan dan minumanyang tidak boleh dimakan saat perut kosong.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengeluarkan racun dari tubuh detoksifikasi

8 Cara Mengeluarkan Racun dari Tubuh (Detoksifikasi)

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
apa itu diet raw food

Mau Coba Diet Raw Food? Simak Dulu Info Penting Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
berhenti makan junk food

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit