home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Pertanyaan yang Harus Ditanyakan ke Diri Sendiri Sebelum Menjalani Diet

4 Pertanyaan yang Harus Ditanyakan ke Diri Sendiri Sebelum Menjalani Diet

Cara menurunkan berat badan yang ampuh bukan dengan mengurangi porsi makanan, tetapi dengan konsisten menjalani hidup sehat. Selain itu, semakin banyak pengetahuan seseorang tentang bagaimana cara kerja tubuh, maka semakin berhasil cara menurunkan berat badan yang dilakukan.

Namun hal ini pada umumnya berlaku pada orang yang cukup sehat, memiliki metabolisme tubuh yang berfungsi, normal dan tidak mengalami masalah hormon. Agar berhasil menurunkan berat badan dan konsisten hidup sehat, umumnya ada beberapa pertanyaan dasar yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri.

Pertanyaan yang harus dijawab untuk memulai diet Anda

Saat sedang menurunkan berat badan, Anda harus menanyakan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri pertanyaan simpel. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mengetahui apakah makanan tersebut akan membantu Anda dalam mencapai tujuan atau tidak.

Di bawah ini adalah daftar pertanyaan yang dapat menjadi awal yang baik. Pelajari pertanyaan ini dan tanyakan secara rutin pada diri sendiri, karena akan menuntun Anda menuju pengurangan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

1. Apa makanan yang saya makan sehari-hari sudah sehat?

Ini merupakan pertanyaan terpenting, karena tidak semua makanan yang Anda makan mengandung kalori sama. Jika Anda makan makanan yang salah, berat badan bisa tambah naik dan perubahan hormon tubuh bisa berantakan.

Disarankan untuk makan makanan sehat bergizi seperti sayuran dan buah-buahan berserat, makan gandum utuh yang bisa kenyang tahan lama, dan konsumsi air putih cukup.

Semakin sehat makanan yang Anda makan, semakin baik fungsi tubuh , semaik baik tubuh Anda bekerja menggunakan kalori dan memetabolisme lemak. Kurangi makanan olahan dan kemasan yang bisa bikin lemak dalam tubuh makin banyak

2. Apa saya sudah makan protein cukup?

Protein yang Anda konsumsi akan memengaruhi dan mengurangi lemak tubuh guna membentuk otot. Konsumsi makanan tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, dada ayam tanpa lemak, susu dan ikan sebagai asupan diet sehat Anda sehari-hari.

3. Apa konsumsi gula saya berlebihan?

Terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula dapat menghalangi proses pengurangan berat badan (atau bahkan menyebabkan kenaikan berat badan).

Gula dapat menghentikan rasa kenyang pada tubuh Anda dengan menghambat hormon Leptin. Leptin bertanggung jawab untuk memberi sinyal pada otak bahwa Anda sudah kenyang. Saat hormon leptin menurun, tubuh pun jadi makin ingin mencari asupan gula, dan Anda cenderung akan makan makanan manis lebih banyak.

Gula bukan hanya didapat dari makanan manis saja, konsumsi gula berlebih dapat diperoleh dari nasi, mie, atau roti yang sering dijadikan makanan pokok sehari-hari.

4. Apakah saya makan cukup sayuran?

Sayuran mengandung berbagai zat yang disebut antioksidan.Tumbuhan memproduksi antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berfungsi memperlambat penuaan dan melindungi sel-sel sehat dalam tubuh Anda.

Untuk menurunkan berat badan, cobalah ganti setengah porsi nasi Anda dengan sayuran hijau. Tidak perlu takut lapar, karena sejatinya sayuran mengandung serat yang bisa membuat kenyang lebih lama dan mengandung vitamin, dan mineral penting lainnya.

Phil adalah praktisi kesehatan dan seorang ahli transformasi tubuh di starfitnesssaigon.com. Hubungi Phil di phil-kelly.com atau Facebook.com/kiwifitness.philkelly.

 

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Phil Kelly Diperbarui 21/12/2020