home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berapa Kilo Maksimal Berat Badan Boleh Turun Dalam Seminggu?

Berapa Kilo Maksimal Berat Badan Boleh Turun Dalam Seminggu?

Belakangan ini banyak diet penurunan berat badan bermunculan dengan berbagai metode. Tidak hanya sekadar mengurangi makan dan melakukan banyak olahraga, namun juga ada yang memanfaatkan obat penurun berat badan. Semua itu dilakukan agar berat badan turun dengan cepat. Namun, apakah ini tidak berbahaya? Berapa sih seharusnya jumlah berat badan turun dalam seminggu?

Berapa idealnya jumlah berat badan turun dalam seminggu?

Berapa banyak jumlah berat badan turun atau yang hilang saat melakukan diet sebenarnya tergantung dari banyak faktor. Seperti, bagaimana cara Anda menurunkan berat badan dan berapa berat badan Anda sebelumnya. Orang yang sudah mempunyai gaya hidup cukup sehat mungkin akan lebih sulit menurunkan berat badan dibandingkan dengan orang yang benar-benar mengubah gaya hidupnya. Begitu juga dengan orang yang mempunyai berat badan lebih kecil mungkin akan sedikit mengalami penurunan berat badan dibandingkan dengan orang yang mempunyai berat badan besar.

Orang yang sangat kelebihan berat badan dan tidak pernah melakukan olahraga akan lebih mudah menurunkan berat badan saat ia membatasi asupan makan dan melakukan olahraga teratur. Hal ini karena komposisi lemak dalam tubuhnya lebih banyak dan lebih mudah untuk dibakar.

Namun, jangan senang dulu jika Anda berhasil menurunkan banyak berat badan dalam waktu sangat cepat. Sebenarnya ini tidak baik bagi kesehatan Anda. Bisa saja yang berkurang hanya air bukan lemak Anda. Tentu, ini bukan tujuan dari penurunan berat badan. Biasanya penurunan berat badan yang seperti ini tidak akan bertahan lama.

Sebaiknya, lakukan penurunan berat badan dengan cara yang benar. Bagaimana caranya?

  • Kurangi asupan makan Anda 500-1000 kalori. Tapi, total kalori yang masuk ke tubuh Anda jangan sampai kurang dari 1200 kalori.
  • Lakukan olahraga secara teratur. Setidaknya, Anda harus melakukan olahraga selama 30 menit per hari.

Jika Anda sudah melakukan kedua hal di atas, maka berat badan Anda akan turun dengan cara yang sehat. Idealnya, berat badan turun sebesar 0,5-1 kg dalam seminggu atau 2-4 kg dalam sebulan. Orang yang menurunkan berat badan secara bertahap dalam jumlah tersebut biasanya lebih berhasil menjaga berat badannya.

Bagaimana jika berat badan turun melebihi batas itu?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jumlah berat badan turun mungkin akan berbeda-beda setiap orang. Ada orang yang cepat menurunkan berat badan dan ada juga yang lambat. Idealnya, berat badan turun 0,5-1 kg dalam seminggu. Namun, bagaimana jika lebih dari itu, apakah masih aman?

Batas aman berat badan turun dalam seminggu adalah 1,5-2,5 kg per minggu. Ini masih bisa dikatakan wajar. Namun, jika sudah melebihi batas ini, Anda sebaiknya waspada. Ini mungkin bisa membahayakan kesehatan Anda. Coba pikirkan lagi apakah cara Anda melakukan diet penurunan berat badan sudah benar atau terlalu berlebihan.

Memangnya, apa dampak berat badan turun terlalu cepat dalam jumlah besar?

Tentu, menurunkan berat badan dalam waktu cepat dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Ini sangat mengganggu metabolisme dalam tubuh Anda. Beberapa risiko yang dapat terjadi jika Anda mengalami banyak penurunan berat badan dalam waktu singkat adalah:

  • Sakit kepala
  • Sembelit
  • Mudah marah
  • Kelelahan
  • Menstruasi tidak teratur
  • Rambut rontok
  • Kehilangan massa otot

Lebih buruknya lagi, Anda mungkin akan lebih berisiko untuk mengalami penyakit atau kondisi di bawah ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hilmantel, R. (2013). How Much Weight Can You REALLY Lose In One Week?. [online] Available at: http://www.womenshealthmag.com/weight-loss/lose-weight-in-a-week [Accessed 2 Mar. 2017].

Zelman, K. M. (2008). Lose Weight Fast: How to Do It Safely. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/diet/features/lose-weight-fast-how-to-do-it-safely#1 [Accessed 2 Mar. 2017].

CDC. (2015). Losing Weight | Healthy Weight | CDC. [online] Available at: https://www.cdc.gov/healthyweight/losing_weight/ [Accessed 2 Mar. 2017].

Dansinger, M. (2015). Rapid Weight Loss. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/diet/guide/rapid-weight-loss#1 [Accessed 2 Mar. 2017].

Rifkin, B. (2014). How Much Weight Can You Lose in a Week From Exercising for 30 Minutes per Day?. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/392272-much-weight-can-lose-week-exercising-30-minutes-per-day/ [Accessed 2 Mar. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 06/03/2017
x