home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Femoroacetabular Impingement, Kelainan yang Menyerang Sendi Panggul

Femoroacetabular Impingement, Kelainan yang Menyerang Sendi Panggul

Agar dapat bergerak dengan sempurna, terdapat sendi yang menghubungkan tulang paha dan panggul. Namun, sendi panggul tersebut ternyata dapat mengalami kelainan yang disebut dengan femoroacetabular impingement. Untuk tahu lebih lengkap mengenai gejala, penyebab, dan pengobatannya, simak ulasannya di bawah ini.

Definisi femoroacetabular impingement

Femoroacetabular impingement atau FAI adalah kondisi tumbuhnya tulang tambahan pada salah satu atau kedua tulang yang terdapat di sendi panggul.

Munculnya tulang tambahan tersebut menimbulkan terjadinya gesekan antara tulang paha atas dan acetabulum (bagian dari panggul). Akibatnya, hal ini bisa membatasi pergerakan serta menyebabkan rasa sakit di panggul.

Tanpa pengobatan yang tepat, FAI dapat merusak tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan pada panggul. Kondisi ini berpotensi mengakibatkan arthritis serta deteriorasi sendi. Sebagian orang membutuhkan operasi untuk menangani kondisi ini.

Femoroacetabular impingement adalah kondisi panggul yang dapat menimpa anak-anak, orang dewasa, serta atlet dari segala usia.

Tanda dan gejala femoroacetabular impingement?

Beberapa orang dengan kondisi panggul yang tidak normal mungkin tak pernah mengalami gejala atau rasa sakit sama sekali. Sementara itu, beberapa orang yang tergolong aktif secara fisik mengalami gejala di usia remaja.

Jika gejala sudah muncul, itu berarti kelainan pada tulang panggul sudah tergolong parah, di mana bagian labrum atau tulang rawan telah mengalami kerusakan.

Berikut adalah tanda-tanda dan gejala femoroacetabular impingement:

  • rasa sakit di selangkangan atau panggul,
  • sakit saat melakukan aktivitas fisik atau duduk terlalu lama,
  • kesulitan meregangkan atau menggerakkan panggul,
  • berjalan pincang,
  • terdapat bunyi gemeretak pada panggul, dan
  • rasa kaku di selangkangan atau bagian depan paha.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan ke dokter. Diagnosis awal dari kondisi ini akan meningkatkan peluang keberhasilan pengobatan.

Penyebab femoroacetabular impingement

Sendi panggul adalah sendi yang berfungsi menghubungkan tulang paha dan panggul. Seseorang yang memiliki FAI akan mengalami kelainan pada sendi panggulnya, baik pada bagian atas tulang paha atau pada bagian tulang panggul.

Kelainan ini menyebabkan munculnya gesekan saat terjadi pergerakan. Seiring berjalannya waktu, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sekeliling tulang rawan dan labrum (tulang rawan yang melapisi sendi panggul).

Gangguan sendi yang terkait dengan femoroacetabular impingement biasanya dapat terdeteksi sejak lahir. Namun, FAI baru akan berkembang sewaktu-waktu ketika pasien sudah besar, terutama saat memasuki usia remaja.

Menurut Cleveland Clinic, FAI dapat dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu:

  • Cam, di mana terdapat pertumbuhan tulang di bagian ujung tulang paha. Dalam beberapa kasus, cam disebabkan oleh aktivitas fisik tertentu.
  • Pincer, yaitu kondisi ketika tulang tambahan muncul di sendi panggul. Tulang yang tidak normal tersebut biasanya tumbuh selama masa perkembangan anak.
  • Combined atau kombinasi, di mana kedua jenis FAI (cam dan pincer) muncul di waktu bersamaan.

Orang-orang yang tidak terlalu aktif secara fisik, seperti jarang berolahraga, biasanya tidak akan merasakan sakit akibat FAI. Sebaliknya, orang yang aktif bergerak biasanya dapat mengalami rasa sakit yang tak tertahankan.

Diagnosis femoroacetabular impingement

Femoroacetabular impingement

Dokter akan menggunakan beberapa tes kesehatan untuk mendiagnosis FAI. Sebelum itu, Anda akan dimintai keterangan mengenai riwayat kesehatan keluarga serta tingkat aktivitas fisik Anda.

Untuk memastikan hasil diagnosis agar lebih akurat, dokter akan meminta Anda menjalani tes seperti di bawah ini.

  • Tes pengambilan gambar. Tes dengan rontgen atau MRI akan membantu dokter mendeteksi kelainan serta kerusakan pada sendi panggul.
  • Tes impingement. Dokter akan mengangkat lutut Anda ke arah dada dan memutarnya perlahan ke arah yang berlawanan dengan bahu. Biasanya, pasien dengan FAI akan merasakan sakit saat pergerakan ini dilakukan.
  • Anestesi atau bius lokal. Dokter akan menyuntikkan obat bius lokal untuk mencari tahu apakah obat suntik tersebut membantu mengurangi rasa sakit.
  • Tes fisik. Dokter juga akan menilai bagaimana pergerakan, kekuatan otot, serta cara berjalan Anda untuk mencari tahu apakah sendi panggul bekerja dengan normal.

Pengobatan femoroacetabular impingement

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Pengobatan akan bergantung pada tingkat keparahan serta kerusakan pada sendi panggul. Berikut adalah pilihan pengobatan yang paling umum direkomendasikan:

  • Kortikosteroid. Obat jenis ini akan membantu mengurangi inflamasi atau peradangan pada sendi panggul. Biasanya, obat ini akan diberikan melalui suntik oleh dokter.
  • Obat NSAID. Serupa dengan kortikosteroid, obat ini membantu mengurangi peradangan pada sendi panggul.
  • Terapi fisik. Dokter akan menganjurkan Anda menjalani terapi fisik atau olahraga khusus untuk meningkatkan mobilitas sendi panggul.
  • Istirahat. Dengan membatasi aktivitas fisik, Anda juga dapat mengurangi gesekan pada sendi panggul.
  • Operasi. Jika cara-cara di atas tidak cukup, dokter akan merekomendasikan prosedur operasi seperti artroskopi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Femoroacetabular Impingement (FAI) – Cleveland Clinic. (2019). Retrieved October 19, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21158-femoroacetabular-impingement-fai 

Femoroacetabular Impingement – OrthoInfo. (2020). Retrieved October 19, 2021, from https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases–conditions/femoroacetabular-impingement/ 

Femoroacetabular Impingement (FAI) – Stanford Health Care. (n.d.). Retrieved October 19, 2021, from https://stanfordhealthcare.org/medical-conditions/bones-joints-and-muscles/femoroacetabular-impingement.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.