backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

CT Scan Lumbar

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi · Tanggal diperbarui 23/07/2021

CT Scan Lumbar

Definisi

Apa itu ct scan lumbar?

Computed tomography (CT) scan, lebih umum disebut CAT scan, adalah jenis X-ray yang memproduksi gambar penampang bagian tubuh yang spesifik. Dalam kasus CT scan tulang punggung lumbar, dokter dapat melihat penampang pada punggung bagian bawah. Mesin scan melingkari tubuh dan mengirimkan gambar ke monitor komputer, di mana mereka diulas kembali oleh teknisi.

Bagian tulang punggung lumbar adalah area umum di mana muncul masalah punggung. Tulang punggung lumbar adalah bagian terendah tulang punggung, dan tersusun dari 5 tulang vertebrae, termasuk tulang kelangkang dan tulang ekor. Pembuluh darah besar, saraf, tendon, ligamen, dan tulang rawan juga merupakan bagian tulang punggung lumbar.

Kapan saya perlu menjalani CT scan lumbar?

CT dengan cepat membuat gambar punggung bawah yang mendetail. Tes mungkin berguna untuk mencari:

  • kelainan kelahiran pada tulang punggung anak
  • cedera tulang punggung bawah
  • masalah punggung jika MRI tidak bisa digunakan
  • Tes ini juga bisa digunakan selama atau setelah rontgen tulang punggung dan akar saraf tulang punggung (myelografi) atau X-ray disk (diskografi).

    Pencegahan & peringatan

    Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani ct scan lumbar?

    Terkadang hasil tes Anda mungkin berbeda dari hasil jenis tes X-ray lainnya, MRI, atau scan ultrasound, karena CT scan memberikan pandangan yang berbeda. Anak yang membutuhkan CT scan mungkin memerlukan instruksi khusus untuk tes. Jika anak terlalu muda untuk bertahan atau jika ia merasa takut, dokter mungkin memberikan obat (sedatif) untuk membantu anak rileks. Jika anak dijadwalkan untuk CT scan, bicarakan dengan dokter anak tentang kebutuhan scan dan risiko paparan radiasi pada anak. MRI mungkin memberikan lebih banyak informasi daripada CT scan tentang disk tulang punggung dan tulang punggung. Saat CT scan tulang punggung dilakukan dengan myelogram, ini disebut CT myelogram. MRI tulang punggung sering dilakukan sebagai pengganti CT myelogram.

    Proses

    Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani ct scan lumbar?

    CT scan tulang punggung lumbar adalah tes non-invasif.Anda boleh mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman karena Anda akan harus berbaring di atas meja. Anda juga akan disuruh melepaskan perhiasan dan benda logam lainnya dari tubuh. Ber itahu dokter bila Anda memiliki implan logam dari prosedur sebelumnya.

    Sebelum CT scan, beritahu dokter bila Anda memiliki kondisi berikut:

    • alergi kontras oral (barium)
    • diabetes, karena puasa mungkin menurunkan kadar gula darah
    • hamil

    Bagaimana proses CT scan lumbar?

    Anda akan diminta berbaring di atas meja sempit yang bergeser ke pusat CT scanner. Sekali Anda berada di dalam scanner, sinar mesin X-ray berputar di sekitar Anda. (scanner ‘spiral’ modern dapat memeriksa tanpa berhenti). Komputer menciptakan gambar area tulang punggung yang terpisah, disebut potongan. Gambar ini bisa disimpan, ditampilkan pada monitor, atau dicetak pada film. Model area tulang punggung tiga dimensi dapat diciptakan dengan menambahkan potongan bersamaan. Anda harus bertahan jangan bergerak selama pemeriksaan. Pergerakan dapat memberikan gambar yang buram. Anda mungkin disuruh menahan napas selama periode waktu pendek. Setelah beberapa ronde scan, Anda mungkin diminta menunggu saat teknisi mengulas gambar untuk memastikan gambar cukup jelas sehingga dokter bisa membacanya dengan benar. Scan hanya membutuhkan waktu 10-15 menit.

    Apa yang harus saya lakukan setelah CT scan lumbar?

    Setelah tes, Anda bisa mengganti baju lagi dengan pakaian santai dan kembali beraktivitas. Hasil CT scan umumnya membutuhkan waktu sehari untuk proses. Dokter akan menjadwalkan pertemuan selanjutnya untuk mendiskusikan hasil scan dan memberi tahu cara melanjutkan tergantung penemuan. Dokter mungkin menyuruh scan gambar, tes darah tambahan, atau pengukuran diagnosis lainnya untuk membantu Anda mendapatkan diagnosis akurat dan memulai pengobatan.

    Penjelasan dari Hasil Tes

    Apa arti hasil tes yang saya dapat?

    Hasil normal

    Hasil dianggap normal jika tidak ada masalah yang terlihat dalam gambar area lumbar.

    Hasil abnormal

    Hasil abnormal mungkin diakibatkan:

    • kelainan kelahiran pada tulang punggung
    • masalah tulang
    • retak
    • hernia disk lumbar
    • stenosis tulang punggung lumbar
    • spondylolisthesis

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Tania Savitri

    General Practitioner · Integrated Therapeutic


    Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi · Tanggal diperbarui 23/07/2021

    ad iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    ad iconIklan
    ad iconIklan