Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Pentingnya Self Healing, Mengobati Luka Batin Secara Mandiri

Pentingnya Self Healing, Mengobati Luka Batin Secara Mandiri

Setiap orang, termasuk Anda, pasti pernah mengalami kesedihan dan kegagalan yang mungkin menyebabkan luka batin. Sebagian orang bisa menghadapinya, tapi yang lain justru makin terpuruk dalam kegelapan. Orang-orang yang mampu bangkit dari luka batin ini ternyata menjalani proses yang disebut self healing.

Istilah ini cukup populer belakangan ini, tapi tidak banyak orang yang memahaminya. Sebenarnya, apa itu self healing? Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian dan tujuan self healing

hormon yang membuat sistem pencernaan bahagiaSelf healing atau disebut juga perbaikan pada diri adalah proses penyembuhan luka batin bukan dengan obat, melainkan dengan mengeluarkan perasaan maupun emosi yang terpendam di dalam tubuh.

Luka batin yang berlangsung dalam waktu lama bisa membuat seseorang merasakan stres kronis, depresi, dan gangguan kecemasan yang semakin memperburuk kesehatan mental. Parahnya lagi, hal ini bisa membuat seseorang melukai diri sendiri atau mencoba bunuh diri.

Mengobati luka batin utamanya memang dengan bantuan tenaga kejiwaan profesional, seperti psikolog atau psikiater. Di dalam perawatannya, self healing mungkin menjadi salah satu hal yang perlu diterapkan.

Dalam buku Self Healing Is Knowing Your Own Self, perbaikan pada diri bertujuan untuk mengeluarkan emosi yang terpendam. Entah itu marah, kecewa, penyesalan, atau kenangan buruk yang disimpan sejak lama dan mengganggu pikiran.

Kemampuan untuk menerapkan proses penyembuhan diri ini berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada kecocokan model perbaikan diri yang dilakukan.

Macam-macam self healing

menulis bahagia, self healing

Untuk memahami lebih dalam mengenai perbaikan dalam diri, berikut ini ada beberapa macam bentuk tindakan yang bisa dilakukan.

1. Forgiveness

Secara sederhana, Anda bisa mengartikan forgiveness sebagai tindakan berdamai dengan diri sendiri dan orang lain yang mungkin telah melakukan kesalahan terhadap Anda.

Prosesnya dengan melepaskan emosi negatif menjadi pikiran positif sehingga bisa membuat orang lain menjadi lebih berempati, bersimpati, dan melakukan kebaikan.

Kemampuan memaafkan penting dalam kehidupan saat ini maupun di masa depan. Pasalnya, hal ini membantu seseorang menghadapi konflik dengan orang lain maupun diri sendiri.

Bila seseorang bisa menerapkan tindakan ini pada orang lain maupun diri sendiri, hidupnya akan jadi lebih sejahtera, memiliki harga diri, dan kepercayaan diri jadi lebih baik.

Salah satu cara menerapkan forgiveness ialah dengan meditasi lewat langkah-langkah berikut ini.

  1. Pejamkan mata Anda, tenangkan pikiran, dan fokus untuk mengatur pernapasan jadi lebih santai selama tiga menit.
  2. Letakkan jari Anda pada kening.
  3. Cobalah untuk berterima kasih atas kesehatan atau hal lainnya Anda miliki saat ini.
  4. Ingatkan diri Anda akan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan.
  5. Kemudian, pelan-pelan mintalah maaf pada diri sendiri atas kesalahan-kesalahan tersebut.

2. Gratitude

perbedaan yoga dan meditasi

Jenis self healing yang selanjutnya bisa Anda terapkan ialah gratitude, atau bisa juga diartikan dengan mengekspresikan kebahagiaan dan rasa terimakasih terhadap segala kebaikan yang diterima.

Penerapan tindakan ini bisa membuat Anda jadi lebih bersyukur, mengurangi ketidakpuasan, dan mengubah pikiran negatif menjadi positif.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan rasa syukur, seperti beribadah atau menulis surat kepada orang yang memberikan pengaruh positif pada Anda, lalu memberikan surat tersebut kepada orang yang dituju.

3. Self compassion

Tindakan self healing lain yang bisa Anda terapkan yaitu self compassion. Artinya, Anda menunjukkan sikap terbuka terhadap aspek-aspek pada diri sendiri dan kehidupan yang tidak Anda disukai.

Langkah ini bisa menumbuhkan sikap baik kepada diri sendiri, empati, dan pikiran positif. Anda bisa menerapkan self compasion dengan mengikuti terapi seni.

Dalam menjalankan self compassion, Anda akan belajar untuk mengekspresikan diri, membangun hubungan baru, dan mengenali kelebihan diri.

4. Mindfulness

Mindfulness merupakan meditasi yang melatih seseorang untuk fokus terhadap situasi sekitar. Artinya, orang tersebut punya kesadaran penuh dalam mengambil tindakan, berperilaku, dan menghadapi segala sesuatu yang ada di sekitarnya.

Penerapan metode ini bisa membantu seseorang memiliki konsep lebih baik tentang dirinya sendiri dan mengurangi stres. Biasanya, penerapan mindfullness dilakukan lewat terapi meditasi.

5. Positive self talk

Sederhananya, positive self talk merupakan bicara pada diri sendiri dengan tujuan yang positif. Metode self healing ini dlakukan dengan berdialog positif dengan diri sendiri terkait hal-hal yang berhubungan dengan diri Anda maupun dunia.

Manfaat melakukan positive self talk yakni mengubah suasana hati jadi lebih baik dan membantu seseorang mencapai tujuan dengan memberikan semangat, menambah kepercayaan diri, memperjelas tujuan, dan tidak mudah putus asa.

Kesemua jenis self healing ini bisa Anda lakukan secara mandiri. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda membutuhkan bantuan psikolog maupun psikiater untuk menerapkannya dengan lebih baik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Agung Windriatmoko. (2015). Semua orang bisa self healing : mudah menyembuhkan diri sendiri dan orang lain, mencapai kebahagiaan dan sukses dengan amazing holistic awareness / Agung Windriatmoko. Jakarta: Aranca Pratama.

Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2019, June 8). Mental illness. Mayo Clinic. Retrieved February 15, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mental-illness/symptoms-causes/syc-20374968

Sussex Publishers. (n.d.). Healing the wounds that bind you. Psychology Today. Retrieved February 15, 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-freedom-change/202202/healing-the-wounds-bind-you

Sussex Publishers. (n.d.). How to heal yourself and others. Psychology Today. Retrieved February 15, 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-empowerment-diary/201907/how-heal-yourself-and-others

Srini Pillay, M. D. (2016, May 16). Greater self-acceptance improves emotional well-being. Harvard Health. Retrieved February 15, 2022, from https://www.health.harvard.edu/blog/greater-self-acceptance-improves-emotional-well-201605169546

Self Healing Is Knowing Your Own Self. 2020. Unesa Univerity Press. Retrived February 15, 2022, from https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/perpustakaan/file/c7847701-1721-4a37-910e-317bbd5a80d0.pdf

Srini Pillay, M. D. (2016, May 16). Greater self-acceptance improves emotional well-being. Harvard Health. Retrieved February 15, 2022, from https://www.health.harvard.edu/blog/greater-self-acceptance-improves-emotional-well-201605169546

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Mar 31
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa