home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mungkinkah Memperbaiki Hubungan Setelah Ketahuan Selingkuh?

Mungkinkah Memperbaiki Hubungan Setelah Ketahuan Selingkuh?

Selingkuh, bagi sebagian orang, merupakan harga mati yang tidak ada penawar maafnya. Memang sulit bagi Anda atau pasangan memperbaiki hubungan setelah ada yang ketahuan selingkuh. Berbagai cara mungkin akan ditempuh guna menyelamatkan keretakan hubungan akibat perselingkuhan. Namun, jangan khawatir, Anda masih punya memperbaiki hubungan setelah ketahuan selingkuh dengan “cara sehat” berikut ini.

Langkah memperbaiki hubungan bagi Anda yang habis ketahuan selingkuh

1. Awalnya, Anda harus mengakhiri perasaan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk insaf sehabis ketahuan selingkuh adalah menghapus kontak dan melupakan perasaan dengan selingkuhan. Jaga jarak dan batasi kontak, tatap muka, atau sekadar memikirkan tentang orang ketiga di hubungan Anda.

Yang harus Anda lakukan hanyalah harus fokus untuk memperbaiki perasaan pasangan Anda. Temukan cara untuk membangkitkan kepercayaan dan keintiman dengan pasangan lagi. Masalahnya, setiap orang tentu punya caranya masing-masing. Anda perlu berfokus untuk memulihkan cinta, kepercayaan, dan keintiman dengan pasangan.

2. Biarkan pasangan Anda melampiaskan perasaannya

Tindakan Anda berselingkuh adalah sebuah kesalahan yang tentu sangat menyakiti perasaan serta kepercayaan pasangan. Sebagai “tersangka” dalam masalah cinta ini, Anda harus rela membiarkan pasangan Anda melampiaskan perasaannya.

Hal ini termasuk menangis, jadi mudah curiga dan banyak bertanya, mengamuk, atau bahkan mendiamkan Anda selama beberapa waktu.

Semua hal tersebut merupakan suatu reaksi yang wajar, dan Anda harus bisa menerimanya. Sembari kekasih Anda melampiaskan perasannya, inilah saatnya Anda menujukkan keseriusan bahwa Anda telah bertobat untuk menyudahi perselingkuhan ini. Anda pun bisa melakukan hal apa pun untuk memperbaiki situasi yang kacau.

3. Cari suatu hal yang pasangan Anda sukai

Sembari memperbaiki dan menetralisir semua hal yang telah Anda buat kacau, cobalah untuk menjaga mood pasangan Anda. Anda bisa melakukan hal-hal yang pasangan Anda sukai, tapi jangan berlebihan karena hal tersebut akan membuatnya il-feel (hilang rasa).

Hal ini bisa menjadi salah satu cara “isi ulang” untuk meyakinkan hatinya kalau Anda serius ingin memperbaiki hubungan yang sebelumnya telah Anda jalani.

4. Menerapkan pola pikir kalau kebahagiaan hubungan itu sejatinya dibentuk, bukan ditemukan

Banyak orang yang berpikir kalau kebahagiaan dalam suatu hubungan sejatinya ditemukan oleh keduanya. Kalau, tidak ditemukan, berarti katanya memang Anda dan pasangan tidak berjodoh. Sayangnya, pola pikir demikian terbilang keliru.

Jika Anda dan pasangan ingin hubungan yang langgeng, bahagia, dan dijauhi dari orang ketiga, Anda harus membangun usaha untuk itu semua. Setidaknya Anda bisa berlatih dan mengingat bagaimana dahulu benih-benih cinta mulai hadir, apa yang bisa membahagiakan satu sama lain, apa yang pasangan Anda sukai, dan mencoba untuk berkomunikasi ketika masalah mendera.

mencegah penularan hiv

Tidak semua perselingkuhan harus harus berakhir dengan perpisahan

Jika Anda atau pasangan bisa belajar dan menerima kesalahan masing-masing, masalah perselingkuhan ini malah bisa menguatkan cinta Anda berdua, lho! Di sini, Anda bisa membangun hubungan yang lebih jujur, lebih sehat dan bahagia.

Pasalnya, dibutuhkan dua orang yang berkomitmen untuk menerima satu sama lain agar sebuah hubungan berjalan awet dan langgeng. Tingkatkan kualitas keintiman fisik maupun perasaan Anda berdua. Jangan lupa terus berpegang pada visi dan misi yang teguh, agar tetap bertahan pada hubungan yang ingin Anda lanjutkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Steps to Healing a Relationship After an Affair https://www.rd.com/advice/relationships/10-steps-to-healing-a-relationship-after-an-affair/ Diakses pada 3 Oktober 2017.

Tips to build  love after an affair http://www.huffingtonpost.com/terry-gaspard-msw-licsw/6-tips-to-rebuild-love-af_b_11327410.html Diakses pada 3 Oktober 2017.

For the betrayer, tip how to build love after affair http://www.huffingtonpost.com/sheri-meyers/for-the-betrayer_b_3269327.html Diakses pada 3 Oktober 2017.

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 02/03/2018
x