Lelah Ribut Dengan Pasangan Karena Masalah yang Sama? Begini Cara Menyelesaikannya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27 Agustus 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda sering bertengkar dengan pasangan akibat masalah yang itu-itu saja? Faktanya, hampir sebagian besar pasangan meributkan hal yang itu-itu saja. Tentang uang, pekerjaan rumah tangga, keintiman, dan hal-hal lainnya yang menjadi sumber masalah. Menurut pakar hubungan Sheryl Paul, MD dikutip dari Huffington Post, banyak pasangan mendebatkan hal yang sama setiap hari karena mereka belum mempelajari bagaimana komunikasi harusnya dibangun.

Maka itu, pertengkaran terjadi berulang-ulang akibat hal yang sama dan tak terselesaikan.  Lantas, bagaimana cara menyelesaikan masalah yang itu-itu saja dengan pasangan?

Tips menyelesaikan masalah yang sama ketika bertengkar dengan pasangan

Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda terapkan jika selalu meributkan hal yang sama dengan pasangan, seperti:

1. Coba turunkan ego

bertengkar dengan pacar

Saat bertengkar dengan pasangan, Anda mungkin kesulitan untuk mengendalikan emosi, jadi nada bicara saat itu juga cenderung tinggi karena mengikuti ego.

Jika ingin permasalahan segera selesai, usahakan untuk berbicara dari hati ke hati. Cobalah ajak pasangan untuk berbicara dengan nada lembut tanpa dibumbui kata-kata kasar.

Ingat, yang terpenting adalah masalah Anda dan pasangan terselesaikan, bukan mementingkan ego. Belajar untuk berempati dengan pasangan dan jangan melulu melihat permasalahan dari sudut pandang Anda, tetapi juga dari sudut pandang pasangan.

2. Pahami jika tak semua masalah langsung ada solusinya

Siapa yang tak mau masalah selesai dengan cepat dan sampai tuntas, tentu Anda dan pasangan pun begitu. Namun kadang ada beberapa masalah yang memang tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat, bahkan perlu beberapa tahap penyelesaian sampai akhirnya selesai.

Bahkan menurut The Gottman Institute, lembaga penelitian tentang hubungan di Amerika menemukan bukti sekitar 69 persen masalah dalam hubungan memang tidak bisa dipecahkan dengan cepat.

Jika sudah begitu, Anda dan pasangan harus belajar untuk mencoba menerima dan menghilangkan rasa sakit sehingga masalah tersebut tidak akan lagi diperdebatkan di kemudian hari.

3. Hindari kebiasaan saling menyalahkan

pasangan marah

Saling menyalahkan saat bertengkar dengan pasangan biasanya tidak terelakkan. Sayangnya, Anda dan pasangan harus menyadari bahwa menyalahkan bukanlah cara menyelesaikan masalah, hanya membuat masalah makin runyam saja.

Jika satu sama lain saling menyalahkan maka pikiran sehat Anda akan tertutup oleh ego. Akibatnya, Anda terus menyalahkan pasangan karena merasa dialah yang memang pantas disalahkan dalam masalah ini.

Jika pada faktanya pasangan memang salah, Anda tetap tidak disarankan untuk menyalahkannya dengan tudingan-tudingan kasar. Akan jauh lebih baik jika Anda berfokus pada solusi ketimbang harus menghabiskan energi dengan terus menyalah-nyalahkan pasangan.

4. Ingatkan kembali rasa cinta dan ketertarikan pada pasangan

pasangan berpegangan tangan

Saat terus mendebatkan hal yang sama setiap hari kemungkinan Anda akan kehilangan ketertarikan pada hubungan yang sedang dijalani. Jika sudah begitu, cobalah untuk perlahan untuk memupuk kembali ketertarikan itu.

Pasalnya pasangan yang saling tertarik satu sama lain umumnya memiliki hubungan yang lebih bahagia dibandingkan dengan yang tidak. Mereka yang mementingkan kebahagiaan dan tujuan hubungan biasanya akan lebih mudah untuk mengesampingkan ego pribadi demi kepentingan bersama.

Cobalah mulai untuk membiasakan kembali perhatian-perhatian kecil yang dulu sering Anda berikan pada pasangan. Misalnya, menanyakan bagaimana hari-harinya di kantor atau pergi ke tempat favorit untuk berkencan dan bernostalgia tentang apa yang membuat Anda saling jatuh hati satu sama lain.

5. Intinya, diskusikan semua masalah bersama

komunikasi dengan pasangan komunikasi dalam hubungan

Ketika Anda bertengkar dengan pasangan akibat suatu hal, mungkin Anda belum terlalu dalam mendiskusikannya bersama. Apapun masalahnya, sebaiknya diskusikan dulu baik-baik.

Utarakan masing-masing pendapat dan kemudian cari jalan tengah jika memang keduanya berbeda pendapat. Sebenarnya, semua masalah yang datang dalam hubungan Anda, baik untuk memupuk dan meningkatkan keharmonisan hubungan.

Jadi, latih komunikasi Anda dengan pasangan dan diskusikan semuanya bersama-sama.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Tanda Penting yang Menunjukkan Pasangan Anda Bisa Dipercaya

Menaruh kepercayaan pada pasangan jadi hal krusial dalam sebuah hubungan. Untuk tahu apakah pasangan bisa dipercaya atau tidak, kenali lewat tanda berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 30 September 2019 . Waktu baca 3 menit

3 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Pasangan Mendiamkan Anda Saat Marah

Pasangan yang "hobi" diam seribu bahasa saat sedang marah lama-lama membuat Anda gerah dan bingung harus bagaimana? Intip di sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 14 September 2019 . Waktu baca 4 menit

5 Tips Menghadapi Pacar Defensif yang Tidak Pernah Mau Mengaku Salah

Konflik adalah hal yang lumrah dalam hubungan asmara. Namun, bagaimana jika Anda menghadapi pasangan defensif yang tidak pernah mau mengaku salah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 13 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Punya Pacar Anak Mami, Lanjut Terus Atau Sudahi Saja?

Punya pacar anak mami membuat hubungan Anda jadi rentan berkonflik. Jika punya pasangan terus bergantung pada ibunya, ini yang perlu Anda lakukan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 1 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

dbd saat hamil trauma masa kecil hubungan asmara

Sulit Mempertahankan Hubungan Asmara karena Memiliki Trauma Masa Kecil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 3 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
berubah demi pasangan

Kenapa Banyak Orang Rela Berubah Demi Pasangannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2019 . Waktu baca 3 menit
ciri-ciri hubungan tanpa status

5 Tanda Anda Sedang Terjebak Dalam Hubungan Tanpa Status

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 21 November 2019 . Waktu baca 4 menit
pasangan suka mengeluh

Kesal Pasangan Suka Mengeluh? Hadapi dengan 5 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit