home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Inilah Siasat Jitu Menolak Cinta Gebetan agar Tidak Bikin Sakit Hati

Inilah Siasat Jitu Menolak Cinta Gebetan agar Tidak Bikin Sakit Hati

Hampir semua orang tentu pernah ditolak oleh orang lain. Berada di posisi tersebut tentu tidak menyenangkan, tetapi ternyata menjadi orang yang harus menolak cinta seseorang alias gebetan Anda juga tidak kalah sulitnya.

Penolakan tanpa rasa sakit adalah hal yang cukup mustahil. Maka itu, beberapa orang mencoba untuk melakukannya secara halus dan baik-baik agar luka yang dibuat tidak begitu besar.

Lantas, bagaimana cara menolak seseorang secara halus tanpa membuat mereka terlalu sakit hati?

Tips jitu menolak cinta gebetan secara baik-baik

saat kencan, memecah keheningan

Pada saat Anda belum memulai komitmen dengan orang lain, berkencan adalah salah satu mencari calon pasangan yang tentu saja dirasa cocok untuk menjalani hidup bersama. Akan tetapi, untuk mendapat apa yang diinginkan tentu harus melewati proses yang tidak sebentar.

Salah satu proses yang cukup menyulitkan dan membuat Anda mungkin merasa bersalah adalah menolak cinta just updated for ID: 5.923 – 607 – 520 yang mungkin dirasa tidak cocok.

Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda untuk menyampaikan perasaan secara baik-baik.

1. Tetap jujur

jujur pada pasangan

Salah satu cara untuk menolak cinta gebetan secara baik-baik adalah dengan tetap jujur. Beberapa orang mungkin merasa lebih baik menutupi kebenaran dibandingkan mengatakan yang sebenarnya. Padahal, kebohongan justru akan memperparah rasa sakit tersebut.

Walaupun berkata jujur juga tidak menyenangkan hati orang yang ditolak, berbohong juga akan berdampak pada diri sendiri di kemudian hari.

Sedangkan, dilansir dari Good Therapy, kejujuran terbukti memiliki efek positif pada diri sendiri dan orang lain. Dengan mengatakan yang sebenarnya, Anda tidak perlu merasa stres dan cemas karena takut ketahuan berbohong.

Oleh karena itu, hal ini diperlukan ketika menolak seseorang dan cobalah untuk memilih kata-kata yang tidak menusuk hati serta bersikap lembut.

2. Mempersiapkan diri sendiri

Berkata jujur agar tidak menyakiti orang lain memang perlu, tetapi mempersiapkan diri sendiri ketika menolak cinta gebetan ternyata tidak kalah penting.

Tidak peduli apa alasan Anda memutuskan untuk tidak melanjutkan ke hubungan yang serius dan berusaha jujur, lawan bicara tentu akan merasa kesal. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi dampaknya terhadap diri sendiri dengan bertanya kepada diri sendiri mengapa ingin meninggalkan orang tersebut.

Apabila hal tersebut berasal dari kesalahannya, cobalah untuk memberitahu gebetan apa alasannya agar ia dapat belajar dari kesalahan. Semakin cepat dan jelas Anda menyelesaikannya, akan semakin baik.

Jika Anda bertele-tele dalam mengungkapkannya, itu bisa lebih menyakiti si dia. Maka itu, bicarakan keputusan ini dengannya dan tinggalkan dia dengan situasi yang tenang.

Ingat, hanya ini yang dapat Anda lakukan dan dia belum menjadi pasangan, sehingga apa yang ia lakukan selanjutnya adalah urusannya sendiri.

3. Menolak secara langsung

pasangan marah

Menolak cinta gebetan via pesan singkat atau telepon ternyata bisa meninggalkan dampak yang cukup buruk, sehingga lebih baik jika Anda mengatakannya secara langsung.

Semua orang pasti tahu bahwa komunikasi lebih dari sekadar kata-kata. Ada aspek lainnya yang dipertimbangkan dalam berkomunikasi, seperti bahasa tubuh, ekspresi, dan nada bicara.

Jika memutuskan untuk menolak seseorang lewat pesan atau telefon, akan sulit bagi lawan bicara untuk menganggap serius ucapan Anda.

Membaca ekspresi dan emosi di wajah adalah salah satu hal yang cukup penting dalam interaksi sosial manusia. Selain itu, dari bahasa tubuh pun Anda atau gebetan dapat melihat apakah berkata jujur atau tidak.

Menolak secara langsung memang sulit, tetapi setidaknya terlihat lebih menghargai orang lain dan mereka dapat menganggap serius omongan Anda lewat ekspresi dan bahasa tubuh.

4. Tidak memberikan harapan palsu

pasangan butuh sendiri

Setelah berhasil berkata jujur dan melakukannya secara langsung, jangan lupa untuk menolak cinta gebetan secara baik-baik, tetapi tetap tegas.

Hal ini dikarenakan ketika tidak tegas, tidak ada yang tahu bahwa lawan bicara akan menganggap Anda tidak serius dan terlihat memberikan harapan. Padahal, mungkin saja Anda tanpa sadar memberikan harapan palsu, sehingga gebetan kesulitan untuk move on.

Kondisi tersebut bisa saja terjadi jika Anda merasa tidak ada waktu yang tepat untuk menolak gebetan.

Padahal semakin lama waktu berlalu, akan semakin sulit bagi Anda untuk melakukannya. Orang akan membangun keterikatan seiring dengan berjalannya waktu, sehingga mereka cenderung menginvestasikan lebih banyak waktu dan energi untuk hubungan ini.

Akibatnya, akan semakin menyakitkan ketika memutuskan untuk tidak menghancurkan ‘harapan’ yang tidak sengaja Anda buat karena mengulur waktu.

Maka itu, jangan pernah memberikan harapan palsu ketika memutuskan untuk menolak cinta gebetan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, sehingga berbicara jujur dan dari hati ke hati setidaknya dapat membantu mereka untuk tahu bahwa hubungan tidak berjalan lancar.

Beberapa tips menolak cinta gebetan secara baik-baik memang terdengar tidak sulit, tetapi pada saat eksekusi tentu tidak semudah yang Anda bayangkan. Oleh karena itu, mempersiapkan diri dan tetap jujur adalah kunci agar persoalan ini cepat selesai tanpa drama berkelanjutan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Greenfield, S. (2013). Say That to My Face. Psychology Today. Retrieved 27 March 2020, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/mind-change/201501/say-my-face

Honesty. (2017). Good Therapy. Retrieved 27 March 2020, from https://www.goodtherapy.org/blog/psychpedia/honesty

Padykula, J. (2013). 7 Expert Tips to Reject Someone Nicely. Canadian Living. Retrieved 27 March 2020, from https://www.canadianliving.com/life-and-relationships/relationships/article/7-expert-tips-to-reject-someone-nicely 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 12/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x