backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Tak Cuma Mesra, Ini 7 Manfaat Kelonan dengan Pasangan

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 26/09/2023

Tak Cuma Mesra, Ini 7 Manfaat Kelonan dengan Pasangan

Tidak hanya meningkatkan keintiman, kelonan atau pelukan dengan penuh kasih sayang antara Anda dan pasangan juga bermanfaat bagi kesehatan. Yuk, simak beberapa manfaat kelonan yang bisa didapatkan pada penjelasan di bawah ini.

Ragam manfaat kelonan untuk kesehatan

Kelonan atau juga dikenal dengan istilah cuddling adalah sebuah hal yang sering dilakukan oleh pasangan dengan cara saling memeluk, mencium, atau membelai lembut satu sama lain.

Pada umumnya, posisi cuddling dilakukan dengan Anda berbaring menyamping, lalu pasangan memeluk dari belakang. Atau bisa juga sebaliknya.

Hal ini dapat menjalin kedekatan antara Anda dan pasangan. Apalagi jika kelonan dilanjutkan dengan hubungan intim, ini akan menjadi sesuatu yang sangat mengesankan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat cuddling atau kelonan, baik untuk kesehatan mental maupun fisik.

1. Membuat perasaan jadi lebih baik

punya pasangan ocd

Kelonan dapat melepaskan hormon oksitosin alias hormon cinta. Meningkatnya kadar hormon ini bisa membuat perasaan Anda menjadi lebih baik dan bahagia secara keseluruhan.

Di samping itu, gerakan cuddling seperti memeluk dengan penuh rasa cinta juga membuat tubuh melepaskan hormon bahagia lain yang disebut endorfin.

Kombinasi kedua hormon inilah yang menjadi kunci mengapa kebiasaan ini dapat memberikan kenikmatan emosional bagi Anda dan pasangan.

2. Membantu mengurangi gejala stres

Kontak fisik dengan orang lain, termasuk melalui kelonan, bisa membantu mengurangi gejala stres.

Beberapa gerakan dalam kelonan, seperti mencium, memeluk, dan mengelus lembut pasangan akan meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh Anda.

Produksi hormon oksitosin memengaruhi kondisi emosional. Hal ini bisa membuat tubuh jadi lebih rileks, menstabilkan emosi, dan mengurangi rasa cemas yang berlebihan.

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Tak hanya bagi kesehatan mental, kelonan juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Ini lantaran oksitosin juga bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Tahukah Anda?

Tingkat oksitosin yang rendah berkaitan dengan peningkatan gejala depresi dan kecemasan. Hal ini juga membuat seseorang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengatasi stres.

4. Membantu meredakan rasa sakit

Saat kelonan dengan orang terkasih, tubuh Anda akan melepaskan endorfin. Menurut Harvard Health, hormon ini juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit alami.

Hormon endorfin dilepaskan oleh kelenjar pituitari pada otak sebagai respons terhadap rasa sakit.

Pelepasan hormon ini, misalnya saat cuddling dan berhubungan intim, membantu meredakan rasa sakit tersebut dan meningkatkan rasa bahagia secara keseluruhan.

5. Meningkatkan kualitas tidur

punya pasangan ocd

Kelonan sebelum tidur punya manfaat besar untuk meningkatkan kualitas tidur. Oksitosin yang dilepaskan saat cuddling dengan pasangan bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Oksitosin mampu meningkatkan kualitas tidur dengan melawan efek kortisol. Kortisol adalah hormon stres yang membuat tubuh lebih waspada sehingga Anda sulit tidur.

Dengan mekanisme tersebut, oksitosin mampu mengurangi ketegangan serta mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur lebih nyenyak.

6. Meningkatkan keintiman dengan pasangan

Oksitosin yang juga dikenal sebagai hormon cinta bisa meningkatkan keintiman hubungan. Hal ini bahkan juga berkaitan dengan dengan meningkatnya kepuasan secara seksual.

Berpelukan terkadang bisa dilanjutkan dengan sesi bercinta dengan pasangan. Bahkan, ini bisa menjadi kejutan yang menimbulkan kesan mendalam bagi hubungan Anda.

Sebuah studi pada jurnal Archives of Sexual Behavior (2014) juga menemukan pasangan yang cuddling setelah berhubungan intim merasakan kepuasan lebih tinggi.

Bercinta Tiap Hari agar Makin Intim, Benarkah?

Rutin berhubungan bisa bikin pasangan makin bahagia. Benarkah hal ini dapat dilakukan setiap hari? Cari tahu jawabannya di sini!

7. Media komunikasi yang sehat lewat sentuhan

Salah satu manfaat kelonan yakni menjadi media komunikasi yang sehat untuk Anda atau pasangan yang cenderung memiliki bahasa cinta physical touch.

Seseorang dengan love language ini cenderung sulit mengungkapkan cintanya secara lisan. Oleh karena itu, komunikasi melalui gestur atau sentuhan saat kelonan dapat menjadi cara yang ampuh.

Pada akhirnya, menyatakan perasaan lewat sentuhan dapat membantu Anda supaya tetap merasa terhubung secara emosional dengan pasangan.

Kelonan atau cuddling bisa dijadikan sebagai aktivitas intim bagi Anda dan pasangan. Meski begitu, setiap orang memiliki padangan yang berbeda terhadap aktivitas ini.

Oleh karenanya, penting untuk melakukan hal ini atas persetujuan dengan pasangan Anda. Pastikan bahwa Anda berdua sama-sama merasa nyaman saat melakukannya.

Kesimpulan

  • Kelonan atau cuddling tidak hanya meningkatkan keintiman, tetapi juga punya manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.
  • Kebiasaan ini dapat membantu mengurangi stres, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, meredakan rasa sakit, dan meningkatkan kualitas tidur.
  • Untuk seseorang dengan bahasa cinta physical touch, kelonan juga berperan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan perasaan pada pasangan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 26/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan