3 Nutrisi Terbaik untuk Mengatasi Mata Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mata kering dapat disebabkan oleh berbagai hal, dari perubahan hormon hingga penggunaan beberapa kosmetik. Ada banyak cara untuk mengatasi mata yang kering, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin dan zat gizi tertentu. Lalu nutrisi apa saja yang dapat membantu atasi mata kering?

Nutrisi yang paling baik untuk atasi mata kering

Mata kering ditandai dengan timbulnya rasa gatal, mata kemerahan, muncul lendir di area mata, mata terasa capek, dan penglihatan menjadi kabur.

Kondisi mata kering ini bisa Anda atasi dengan mengubah pemilihan nutrisi Anda dengan makanan yang mengandung beberapa vitamin dan zat gizi berikut.

1. Vitamin A

Mata kering bisa dihubungkan dengan kondisi kekurangan vitamin A. Kurangnya vitamin A ini paling banyak terjadi akibat asupan sumber vitamin A yang tidak terpenuhi dengan baik.

Pada dasarnya nutrisi vitamin A memang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata agar tidak kering. Kebutuhan vitamin A yang seharusnya dipenuhi dalam satu hari adalah sekitar 600 mcg.

Tenang, Anda tak perlu mengonsumsi suplemen vitamin A apabila asupan Anda dirasa cukup memenuhi kebutuhan vitamin A. Anda dapat mengandalkan beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin A seperti telur, susu, brokoli, wortel, berbagai jenis sayuran berdaun hijau, serta buah-buahan.

2. Vitamin D

Sebuah penelitian baru telah membuktikan bahwa kekurangan vitamin D berhubungan dengan kondisi mata kering. Vitamin D berkaitan dengan mata yang kering sebab vitamin tersebut memiliki peran dalam mencegah peradangan atau infeksi.

Penelitian menyebutkan jika jenis vitamin larut lemak ini dapat mencegah kekeringan pada mata dengan merangsang produksi air mata dan menjaga mata agar tidak mengalami radang.

Kebutuhan vitamin D yang harus Anda penuhi dalam satu hari yaitu sebanyak 20 mcg. Anda tak perlu mengonsumsi suplemen jika Anda makan makanan yang mengandung vitamin D yang tinggi, seperti susu, daging sapi, daging ayam. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D ketika terpapar oleh sinar matahari.

3. Omega 3

Asam lemak baik ini, tak hanya sehat untuk jantung Anda tapi juga bagi mata Anda yang kekeringan. American Academy of Ophthalmology menyatakan bahwa mata kering juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan omega-3 dalam makanan.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan jika omega 3 dapat mencegah serta mengatasi kondisi mata yang kering. Dalam sebuah penelitian disebutkan bila omega 3 membantu sirkulasi cairan di bagian mata sehingga mata tidak akan kering akibat kekurangan cairan.

Menurut The U.S Food and Drug Administration, mengonsumsi asam lemak omega-3 – entah itu dari makanan atau suplemen – sebaiknya tak melebihi 3 gram per hari. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu, berbagai macam ikan laut seperti sarden, tuna, dan salmon.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Jika dibiarkan terjadi dalam waktu lama, kondisi ini bisa membuat saraf Anda rusak permanen. Apa saja yang menyebabkan saraf kejepit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit