home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Nutrisi Terbaik untuk Mengatasi Mata Kering

3 Nutrisi Terbaik untuk Mengatasi Mata Kering

Mata kering dapat disebabkan oleh berbagai hal, dari perubahan hormon hingga penggunaan beberapa kosmetik. Ada banyak cara untuk mengatasi mata yang kering, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin dan zat gizi tertentu. Lalu nutrisi apa saja yang dapat membantu atasi mata kering?

Nutrisi yang paling baik untuk atasi mata kering

Mata kering ditandai dengan timbulnya rasa gatal, mata kemerahan, muncul lendir di area mata, mata terasa capek, dan penglihatan menjadi kabur.

Kondisi mata kering ini bisa Anda atasi dengan mengubah pemilihan nutrisi Anda dengan makanan yang mengandung beberapa vitamin dan zat gizi berikut.

1. Vitamin A

Mata kering bisa dihubungkan dengan kondisi kekurangan vitamin A. Kurangnya vitamin A ini paling banyak terjadi akibat asupan sumber vitamin A yang tidak terpenuhi dengan baik.

Pada dasarnya nutrisi vitamin A memang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata agar tidak kering. Kebutuhan vitamin A yang seharusnya dipenuhi dalam satu hari adalah sekitar 600 mcg.

Tenang, Anda tak perlu mengonsumsi suplemen vitamin A apabila asupan Anda dirasa cukup memenuhi kebutuhan vitamin A. Anda dapat mengandalkan beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin A seperti telur, susu, brokoli, wortel, berbagai jenis sayuran berdaun hijau, serta buah-buahan.

2. Vitamin D

Sebuah penelitian baru telah membuktikan bahwa kekurangan vitamin D berhubungan dengan kondisi mata kering. Vitamin D berkaitan dengan mata yang kering sebab vitamin tersebut memiliki peran dalam mencegah peradangan atau infeksi.

Penelitian menyebutkan jika jenis vitamin larut lemak ini dapat mencegah kekeringan pada mata dengan merangsang produksi air mata dan menjaga mata agar tidak mengalami radang.

Kebutuhan vitamin D yang harus Anda penuhi dalam satu hari yaitu sebanyak 20 mcg. Anda tak perlu mengonsumsi suplemen jika Anda makan makanan yang mengandung vitamin D yang tinggi, seperti susu, daging sapi, daging ayam. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D ketika terpapar oleh sinar matahari.

3. Omega 3

Asam lemak baik ini, tak hanya sehat untuk jantung Anda tapi juga bagi mata Anda yang kekeringan. American Academy of Ophthalmology menyatakan bahwa mata kering juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan omega-3 dalam makanan.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan jika omega 3 dapat mencegah serta mengatasi kondisi mata yang kering. Dalam sebuah penelitian disebutkan bila omega 3 membantu sirkulasi cairan di bagian mata sehingga mata tidak akan kering akibat kekurangan cairan.

Menurut The U.S Food and Drug Administration, mengonsumsi asam lemak omega-3 – entah itu dari makanan atau suplemen – sebaiknya tak melebihi 3 gram per hari. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu, berbagai macam ikan laut seperti sarden, tuna, dan salmon.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nichols, H. (2017). Which Vitamins are Good for Dry Eyes?. [online] Medical News Today. Available at: http://www.medicalnewstoday.com/articles/315270.php  [Accessed 5 Jun. 2017].

Gary Heiting, O. (2017). Eye Benefits of Omega-3 Fatty Acids. [online] All About Vision. Available at: http://www.allaboutvision.com/nutrition/fatty_acid_1.htm  [Accessed 5 Jun. 2017].

Medlineplus. (2017). Vitamin A: MedlinePlus Medical Encyclopedia. [online] Medlineplus.gov. Available at: https://medlineplus.gov/ency/article/002400.htm  [Accessed 5 Jun. 2017].

Cleveland Clinic. (2017). The Role Of Vitamin D & Vitamin D Deficiency | Cleveland Clinic. [online] Available at: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/the-role-of-vitamin-d-in-your-health  [Accessed 5 Jun. 2017].

Nei.nih.gov. (2017). Facts About Dry Eye | National Eye Institute. [online] Available at: https://nei.nih.gov/health/dryeye/dryeye  [Accessed 5 Jun. 2017].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 16/11/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x