home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Penyebab Mata Minus yang Tidak Anda Sadari

3 Penyebab Mata Minus yang Tidak Anda Sadari

Orang yang punya mata minus, atau dalam istilah medisnya disebut miopi, tidak bisa melihat jarak jauh dengan jelas. Itu kenapa orang-orang bermata minus umumnya memakai kacamata atau lensa kontak agar bisa melihat lebih baik. Namun, apakah Anda tahu penyebab mata minus yang mungkin Anda alami?

Berbagai penyebab mata minus

Normalnya, cahaya dari luar harusnya jatuh tepat di retina agar Anda bisa melihat dengan jelas. Namun pada mata minus, cahaya jatuh berada di depan retina mata sehingga benda atau tulisan yang posisinya jauh akan terlihat buram atau tampak kabur. Hal ini terjadi karena bola mata lebih panjang dari yang seharusnya atau kornea yang terlalu melengkung. Akibatnya, cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus dengan benar.

Para ahli belum mengetahui secara pasti mengapa seseorang bisa punya sepasang mata minus, tapi berbagai faktor dan kebiasaan ini mungkin meningkatkan risiko Anda:

1. Terlalu lama berkegiatan di dalam ruangan

menyebabkan kanker

Pencahayaan dalam ruangan umumnya lebih gelap daripada pancaran sinar alami di luar sana. Hal ini kemudian membuat mata lama-lama lelah.

Penelitian membuktikan menghabiskan waktu di luar ruangan dapat mengurangi risiko rabun jauh. Namun jika keadaan mengharuskan Anda berkegiatan di dalam ruangan, maka usahakan atur pencahayaan ruangan sebaik mungkin agar tidak merusak mata.

2. Faktor keturunan

menyembuhkan mata minus

Penyebab mata minus yang mungkin tidak Anda sadari adalah faktor keturunan. Apakah orangtua Anda ada yang memiliki mata minus? Jika iya, mungkin gangguan mata yang satu ini bisa menurun ke Anda. Apalagi jika kedua orangtua Anda memiliki mata minus, maka risiko Anda pun semakin meningkat.

3. Kebiasaan membaca dan main gadget

Sadarkah Anda bahwa kebiasaan membaca dan bermain gadget di tempat gelap dan menatapnya terlalu dekat bisa membuat penglihatan lama-lama menjadi buram. Ini adalah salah satu penyebab mata minus yang paling umum.

Setelah mengetahui berbagai penyebab mata minus, mulai sekarang usahakan untuk menghindari berbagai faktor risikonya. Jaga dan sayangi mata Anda agar tidak menyesal di kemudian hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Widya Citra Andini pada 24/08/2018
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x