Haruskah Mencukur Rambut Kemaluan Sebelum Melahirkan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Salah satu prosedur yang harus Anda jalani di hari persalinan adalah mencukur bulu kemaluan. Prosedur ini biasanya lumrah dilakukan di beberapa rumah sakit. Lantas, mengapa Anda harus mencukur bulu kemaluan sebelum bersalin? Bagaimana menurut pandangan medis? Berikut penjelasannya.

Apakah harus mencukur bulu kemaluan sebelum melahirkan?

Menurut Dr Cate Bell seorang bidan dan praktisi hipnobirthing di Sussex, seperti yang dilansir di Baby Center, Anda tidak perlu mencukur bulu kemaluan sebelum melahirkan karena hal ini justru bisa meningkatkan risiko infeksi, terutama jika Anda akan menjalani prosedur operasi caesar.

Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of Hospital Infection menemukan bahwa tidak ada risiko infeksi tidak akan menurun karena Anda mencukur bulu kemaluan sebelum melahirkan.

Menurut Dayna Freedman seorang dokter kandungan di Toronto mengatakan bahwa mencukur bulu kemaluan sebelum melahirkan menjadi hal yang lumrah dan menjadi sebuah rekomendasi karena beberapa rumah sakit persalinan hingga saat ini masih melakukan prosedur ini.

Namun, masih menurut Dayna Freedman, penelitian telah membuktikan bahwa mencukur bulu kemaluan sebelum prosedur operasi apapun tidak menurunkan risiko infeksi, faktanya justru bisa meningkatkan infeksi jika Anda melakukan cukur rambut kemaluan sebelum prosedur operasi.

Hal yang sama juga di tulis dalam WHO Surgical Site infection Prevention Guidelines bahwa mencukur bulu kemaluan sebelum prosedur operasi seperti melahirkan bisa meningkatkan risiko infeksi jika Anda tidak tahu bagaimana cara mencukur bulu kemaluan yang benar atau Anda menggunakan alat yang tidak steril. Infeksi ini bisa disebabkan oleh trauma mikroskopik pada kuit

Lalu, bagaimana jika saya punya kebiasaan mencukur bulu kemaluan?

Sebenarnya, mencukur bulu kemaluan adalah pilihan. Dari segi medis sendiri tidak ada manfaat yang diperoleh dengan mencukur bulu-bulu ini. Seseorang yang mencukur bulunya tidak berarti lebih sehat dari yang tidak mencukur.

Jika Anda tetap ingin mencukur bulu kemaluan karena alasan rasa nyaman, Anda bisa konsultasikan hal ini kepada dokter. Usahakan jangan mencukur rambut pubis di hari H-persalinan. Cukurlah bulu kemaluan, jauh-jauh hari sebelum hari persalinan. Jika kehamilan Anda normal, Anda pasti sudah tahu hari perkiraan lahir.

Bagaimana cara mencukur bulu kemaluan yang aman sebelum melahirkan?

1. Pemilihan alat cukur

Gunakan pisau cukur manual daripada yang elektrik. Gerakan dan jangkauan pisau cukur biasa dapat Anda atur sendiri, sehingga lebih aman dan mengurangi risiko terluka. 

Selain itu, para ahli menyarankan untuk memakai pisau cukur sekali pakai agar terjaga ketajamannya dan kulit terhindar dari infeksi bakteri. Hindari menggunakan alat cukur yang pernah dipakai oleh orang lain.

2. Gunakan krim cukur

Pilih krim cukur khusus wanita yang mengandung pelembap dan non-alkohol, untuk mencegah kulit organ intim mengering. Penggunaan krim penting agar pisau tidak langsung berkenaan dengan kulit dan melukainya.

3. Cara mencukur

Sebelum dicukur, sebaiknya pangkas dulu bulu kemaluan untuk menipiskannya sehingga proses mencukur pun jadi lebih mudah. Setelah agak tipis, Anda bisa mulai mencukur bulu kemaluan dimulai dari akarnya secara satu arah (dari atas ke bawah). Hindari mencukurnya dari arah yang berlawanan seperti dari bawah ke atas atau kiri ke kanan.

Setelah rapi, bersihkan area intim dan jaga agar tetap kering. Hindari memakai krim, gel, minyak atau apa pun pada kulit. Pemakaian produk tersebut bisa menyumbat folikel atau akar bulu.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Dari Ketiak Hingga Rambut Kemaluan, Ini Cara Bercukur yang Benar

Jangan sembarangan mencukur bulu ketiak dan bulu kemaluan.Berikut ini cara bercukur yang benar agar Anda terhindar dari luka.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Mudah Merawat Bekas Luka Operasi Caesar (Post SC)

Bekas operasi caesar mungkin bukan hal yang menyenangkan bagi ibu. Terapkan berbagai perawatan ini agar bekas luka pasca operasi caesar (SC) cepat sembuh.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Melahirkan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 13 menit

5 “Fakta” Tentang Induksi Persalinan Alami yang Sering Bikin Salah Paham

Setiap ibu ingin persalinannya lancar. Namun kadang, yang terjadi malah sebaliknya. Apakah makan nanas adalah fakta atau hanya mitos induksi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Persalinan, Melahirkan, Kehamilan 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Proses dan Tahapan Pemulihan Setelah Menjalani Operasi Caesar

Umumnya, kondisi tubuh baru akan pulih dalam waktu 6 minggu pasca operasi caesar. Sebenarnya, apa saja yang terjadi selama rentang waktu tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Melahirkan, Kehamilan 17 Februari 2021 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tummy tuck atau abdominoplasti adalah operasi perut

Prosedur Tummy Tuck, Menciptakan Perut Rata dan Kencang dengan Operasi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
susah bab setelah melahirkan normal

Penyebab dan Cara Mengatasi Susah BAB Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
hamil tua tapi belum kontraksi

Sudah Masuk Usia Hamil Tua, Tapi Kok Belum Kontraksi? Apakah Perlu Cemas?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
induksi adalah persalinan melahirkan

Induksi Persalinan: Kapan dan Bagaimana Dilakukannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 16 menit