Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Buat Pria yang Hobi Ngopi, Ini Efek Kafein Terhadap Kesuburan Anda

    Buat Pria yang Hobi Ngopi, Ini Efek Kafein Terhadap Kesuburan Anda

    Bagi pria yang sedang mengusahakan keturunan, sekarang Anda harus lebih memerhatikan kebiasaan dan gaya hidup Anda. Salah satu kebiasaan sehari-hari yang mungkin tidak bisa dilepas adalah minum kopi. Nah, sudah tahu belum apa efek kafein yang terkandung dalam kopi terhadap kesuburan pria? Kira-kira kopi akan membantu program hamil atau justru menghambatnya? Cari tahu informasi selengkapnya soal efek kafein pada kesuburan pria berikut ini.

    Manfaat kopi bagi sistem reproduksi pria

    Bila dikonsumsi sewajarnya, atau dalam dosis kafein yang rendah, kopi rupanya bisa menawarkan manfaat baik bagi kesuburan pria.

    Beberapa penelitian, baik pada manusia maupun hewan, menguak bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan pergerakan atau motilitas sperma. Dengan lebih cepatnya sperma bergerak, diharapkan sel telur perempuan akan lebih cepat bertemu dengan sperma sehingga terjadi proses pembuahan.

    Kafein ternyata juga dapat membantu sperma dalam menembus mukus atau lendir di leher rahim. Sperma yang lebih cepat menembus lendir diharapkan bisa melakukan pembuahan lebih cepat pula.

    Bahaya kafein pada sistem reproduksi pria

    Selain dampak positif, kopi juga menyebabkan berbagai pengaruh negatif terhadap kesuburan pria karena menyebabkan beberapa hal berikut. Terutama bila Anda terlalu banyak minum kopi setiap harinya.

    Risiko kecacatan pada bakal janin

    Sebuah sel sperma terdiri dari bagian kepala, leher, dan ekor. Kafein dapat mengakibatkan gangguan atau kerusakan pada struktur sperma, terutama pada bagian kepala. Padahal, pada bagian ini terdapat materi genetik yang nantinya akan diwariskan kepada janin hasil pembuahan sehingga dapat terjadi kelainan genetik bawaan pada anak. Kelainan genetik adalah salah satu penyebab utama kecacatan pada bayi sejak lahir.

    Menurunkan kualitas dan jumlah sperma

    Agar terjadi pembuahan yang optimal, dibutuhkan kualitas sperma yang baik pula. Nah, ternyata efek kafein terhadap kesuburan pria, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, kurang baik.

    Dampak kebanyakan minum kopi antara lain menurunkan jumlah sperma dan kekentalan air mani setiap kali ejakulasi. Kondisi ini tentu membuat peluang kehamilan lebih kecil.

    Memicu radikal bebas

    Menurut sebuah penelitian dari Asia, konsumsi kafein dalam dosis tinggi bisa memicu naiknya kadar radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini berpotensi mengganggu proses pematangan sperma serta pembentukan bagian-bagian sperma.

    Jadi efek kafein pada kesuburan pria baik apa tidak?

    Sampai saat ini, belum ada sebuah acuan tertentu mengenai jumlah maksimal kopi dan kafein yang diperbolehkan agar tidak berakibat buruk terhadap kesuburan pria. Sebagian besar hasil penelitian yang ada pun masih berupa kemungkinan-kemungkinan mengenai dampak baik dan buruk dari konsumsi kopi.

    Namun, alangkah lebih baik apabila Anda selalu mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman dalam jumlah cukup. Pasalnya, segala yang berlebihan tentunya dapat berakibat tidak baik.

    Menurut para ahli kesehatan, batas minum kopi yang masih wajar adalah dua cangkir dalam sehari. Lebih dari itu, kopi yang nikmat di lidah justru bisa menyulitkan Anda dan pasangan untuk mengusahakan kehamilan.


    Punya pertanyaan atau cerita kehamilan?

    Yuk, gabung komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan dapatkan info menarik seputar kehamilan.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    (2017). 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science. [online] Healthline. Available at: https://www.healthline.com/nutrition/top-13-evidence-based-health-benefits-of-coffee#section1 [Accessed 26 Oct. 2017]

    (2014). Is Coffee Bad for You? [online] Live Science. Available at: https://www.healthscience.com/43532-is-coffee-bad-for-you.html [Accessed 27 Oct. 2017]

    Yao DF dan Mills JN. Male infertility: lifestyle factors and holistic, complementary, and alternative therapies. Asian J Androl. 2016;18(3):410-418.

    Ricci E, Vigano P, Cipriani S, Somihliana E, Chiaffarino F, Bulfoni A, al. Coffee and caffeine intake and male infertility: a systematic review. Nutr J. 2017;16:37.

    Foto Penulis
    Ditulis oleh dr. William Diperbarui Jul 06, 2021
    Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus
    Next article: