home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Agar Tak Cedera, 3 Gerakan Peregangan Ini Harus Dilakukan Sebelum Lari

Agar Tak Cedera, 3 Gerakan Peregangan Ini Harus Dilakukan Sebelum Lari

Lari adalah salah satu olahraga yang mudah dan praktis, karena bisa dilakukan di mana saja. Banyak orang yang mungkin tidak tahu jika olahraga ini juga memerlukan peregangan dan pemanasan sebelumnya. Ya, meski terlihat mudah, lari melibatkan otot-otot kaki yang akan berkontraksi selama olahraga itu dilakukan. Supaya tidak timbul cedera, ada gerakan peregangan sebelum lari yang sebaiknya dilakukan. Apa saja?

Mengapa peregangan itu penting dilakukan?

agar anak suka olahraga

Menurut Pusat Kesehatan Universitas Rochester, manfaat peregangan sebelum olahraga sangat banyak. Salah satunya untuk membuat otot lebih lentur, sehingga tak kaget saat digunakan. Selain itu, peregangan juga bisa mencegah cedera pada sendi-sendi.

Namun, sebagian orang mungkin melewatkan peregangan karena justru takut ototnya cedera sebelum olahraga dilakukan. Apa benar peregangan bikin otot cedera dan robek?

Menurut Dr. Alice Holland, terapis fisik dari Side Strong Physical Therapy, mengatakan bahwa peregangan tidak menyebabkan robekan apapun pada otot. Hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan peregangan adalah mengetahui kapan harus berhenti.

Tentu Anda bisa berhenti melakukan peregangan dan lanjut berolahraga jika dirasa otot sudah tidak kaku dan siap untuk digunakan untuk latihan. Maka itu, peregangan sebelum lari juga penting supaya otot-otot kaki tidak kram tiba-tiba akibat ‘kaget’.

Gerakan umum untuk peregangan sebelum lari

Dr. Alice Holland, seorang terapi fisik dari Side Strong Physical Therapy merekomendasikan tiga peregangan berikut ini untuk sebelum dan sesudah berlari, untuk membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan kelenturan otot paha depan.

Kneeling stretch

sumber: Healthline
  1. Berlututlah di lutut kanan Anda.
  2. Ratakan punggung bawah Anda dan pundak serta dada tegak.
  3. Membungkuk ke depan dari pinggul ke lutut bahkan lebih untuk meregangkan pinggul kanan.
  4. Tahan gerakan ini selama 30 detik dan kemudian ganti dengan lutut kiri.

Tip: Peregangan ini sangat berguna untuk orang tua dan wanita hamil. Untuk meningkatkan kenyamanan saat peregangan, Anda bisa menggunakan bantal lembut atau bantal di bawah lutut Anda.

Quadriceps

sumber: Healthline
  1. Berdiri dengan kaki kiri Anda dan angkat tulang kering kanan Anda dengan menekuk kaki Anda di belakang.
  2. Tekan pinggul Anda ke dalam, tarik tulang kering ke arah bokong Anda, pastikan lutut Anda mengarah ke tanah. Cobalah untuk tidak menarik lutut ke belakang atau ke samping.
  3. Tahan gerakan ini selama 30 detik dan kemudian ganti dengan kaki kanan.

Ground stretch

sumber: Healthline
  1. Berbaringlah di matras atau lantai.
  2. Pegang satu paha dan tarik ke arah dada Anda. Pastikan punggung Anda tegak dan tidak melengkung. Biarkan gravitasi menarik kaki yang menjuntai.
  3. Tahan gerakan ini selama 1-2 menit dan kemudian beralih ke paha yang lain.

Anda juga bisa melakukan gerakan ini langsung pada kedua paha Anda.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Running Tips: 3 Essential Quad https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/running-tips-quad-stretches diakses 19 Juli 2018.

Stretches Essential Stretches for Runners https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/essential-runner-stretches diakses 19 Juli 2018.

All About Running and Stretching https://www.verywellfit.com/all-about-running-and-stretching-2911927 diakses 19 Juli 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x