backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Triathlon, Ketahui Aturan Perlombaan dan Manfaatnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Triathlon, Ketahui Aturan Perlombaan dan Manfaatnya

Triathlon melibatkan berbagai cabang olahraga sehingga dibutuhkan performa fisik yang baik untuk mengikuti perlombaan ini. Bagi Anda yang tertarik mengikuti triathlon, simak terlebih dahulu ulasan mengenai aturan kompetisi dan manfaatnya berikut ini.

Apa itu triathlon?

Triathlon adalah perlombaan multidisiplin olahraga (multisport) yang terdiri dari olahraga renang, bersepeda, dan lari dan dilakukan secara berurutan dalam satu waktu. 

Konsep lomba olahraga kardio ini pertama kali ditemukan dari kompetisi di Perancis pada awal abad ke-20 bernama Les Trois Sports, yang berarti tiga olahraga.

Seiring berjalannya waktu, triatlon semakin populer di masyarakat dan jarak tempuh perlombaan semakin bervariasi.

Kemudian, pada tahun 2000, olahraga triatlon resmi diperkenalkan di Olimpiade Sydney, Australia dan terus diperlombakan hingga saat ini. 

Aturan perlombaan triathlon

kesehatan penis pesepeda

Perlombaan triathlon dilakukan secara individu. Peserta akan memenangkan kompetisi jika menjadi orang yang tercepat menyelesaikan semua segmen lomba (berenang, bersepeda, dan berlari). 

Selama pertandingan, Anda diwajibkan untuk mengikuti ketentuan perlombaan, termasuk menggunakan peralatan olahraga yang lengkap serta mengikuti rute yang telah ditetapkan oleh penyelenggara lomba.

Anda akan didiskualifikasi bila menyimpang dari rute yang telah ditetapkan, mengganggu peserta lain, serta menerima bantuan dari orang lain. 

Triatlon dimulai dari berenang, bersepeda, dan terakhir berlari.

Jarak tempuh (race) masing-masing jenis olahraga yang diperlombakan bervariasi. Anda bisa memilih race yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Mengutip situs Australia Triathlon, berikut ini jarak tempuh yang diperlombakan dalam  triathlon

  • Beginner : renang (250 m), bersepeda (10 km), dan lari (2,5 km).
  • Super sprint : renang (300 – 400 m), bersepeda (5-8 km), lari (1,5 – 2 km).
  • Sprint : renang (750), bersepeda (20 km), lari (5 km).
  • Standard : renang (1,5 km), bersepeda (40 km), lari (10 km).
  • Middle : renang (2 km), bersepeda (80 km), dan lari (18 km).
  • Long distance : renang (3-4 km), sepeda (120 km), dan lari (30 km).

Karena melibatkan berbagai macam olahraga, triathlon biasanya dilakukan di luar ruangan atau lokasi yang dekat dengan sungai, danau, atau kolam buatan. 

Manfaat triathlon untuk kesehatan

lari maraton

Perlombaan ini menggabungkan beberapa jenis latihan aerobik dan kardio, maka tidak heran jika memberikan banyak manfaat kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Melakukan rangkaian olahraga aerobik dapat mengoptimalkan kerja jantung memompa darah dan oksigen ke semua bagian tubuh.

Dengan demikian, triatlon dapat memperkuat sistem kardiovaskular. Latihan aerobik juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang kerap menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. 

2. Menurunkan berat badan

Triatlon termasuk olahraga intensitas tinggi yang dapat membakar banyak kalori sehingga mendukung program penurunan berat badan.

Jika rutin latihan untuk kompetisi triatlon disertai dengan penerapan diet defisit kalori dan gaya hidup sehat lainnya, Anda bisa mencapai berat badan ideal. 

3. Meningkatkan kekuatan dan ketahan otot

Triathlon bermanfaat meningkatkan ketahanan dan kekuatan otot. Setiap cabang olahraganya mengandalkan kekuatan berbagai jenis otot tubuh.

Contohnya, renang dapat membantu menguatkan otot inti tubuh dan lengan, sementara berlari dan bersepeda dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki. 

4.  Meningkatan sistem imun

Latihan rutin untuk mempersiapkan diri mengikuti triatlon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

Studi dalam Journal of Sport and Health Science mengungkapkan bahwa kebiasaan berolahraga secara rutin dapat meningkatkan sistem imun dan menurunkan peradangan pada tubuh. 

5. Meningkatkan suasana hati

Latihan untuk triatlon juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Saat Anda berolahraga, tubuh akan menghasilkan endorfin, yakni zat kimia otak yang berperan dalam meningkatkan suasana hati

Itulah pengertian, aturan, dan manfaat triathlon. Jika ingin mengikuti perlombaan triatlon, pastikan Anda berlatih rutin dan menjaga tubuh seprima mungkin karena diperlukan ketahanan fisik yang sangat baik. 

Ringkasan


  • Triathlon adalah perlombaan yang terdiri dari gabungan olahraga renang, bersepeda, dan lari.
  • Perlombaan triathlon dibedakan berdasarkan jarak tempuhnya, seperti kelas pemula, super sprint, sprint, standard, middle, dan longs distance.
  • Olahraga ini bermanfaat untuk kesehatan jantung, kekuatan otot, ketahanan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan