Yuk, Lakukan 9 Latihan Otak Ini Agar Tidak Cepat Pikun!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 09/10/2019 . 5 mins read
Bagikan sekarang

Otak adalah salah satu organ di dalam tubuh yang Anda gunakan setiap hari. Sehingga, agar otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik, Anda juga harus ‘merawat’nya agar tidak mudah pikun. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan latihan otak demi meningkatkan ingatan, konsentrasi, dan fungsi otak.

9 latihan otak yang bisa dilakukan setiap hari demi mencegah pikun

Untuk mencegah otak cepat pikun, ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan. Latihan ini termasuk ke dalam gaya hidup sehat yang bisa dipraktikkan setiap hari agar menjadi kebiasaan. Lantas, apa saja latihan yang dianjurkan?

1. Melatih ingatan

Jika Anda melihat sebuah daftar, baik itu daftar nama atau daftar belanjaan, misalnya, cobalah untuk mengingatnya. Latihan otak ini dapat digunakan untuk mengetes kemampuan demi mencegah pikun.

Setelah satu jam, cobalah untuk mengingat-ingat informasi yang ada dalam daftar yang telah Anda hafalkan. Kalau perlu, buat sendiri daftar panjang mengenai suatu hal dengan kata-kata yang susah. Semakin susah, otak Anda akan semakin terstimulasi.

2. Dengarkan atau mainkan alat musik

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan setiap hari adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu latihan otak karena dapat menstimulasi otak.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari cara memainkan instrumen musik, mulai dari gitar, piano, atau drum. Saat mempelajari hal yang baru, sel-sel saraf otak yang baru akan muncul dan menyimpan semua informasi baru yang sedang Anda pelajari tersebut.

Tentu saja, semakin sering melakukan latihan ini semakin baik untuk ingatan Anda.

3. Hitung-hitungan di kepala

makanan untuk daya ingat

Daripada menghitung menggunakan kalkulator yang ada di ponsel atau mencorat-coret kertas, melakukan hitung-hitungan di dalam kepala adalah salah satu latihan otak untuk mencegah pikun.

Pasalnya, untuk mendapatkan jawaban yang benar, menghitung dengan cara membayangkan lebih banyak tantangannya daripada melihat angka-angkanya di depan mata.

4. Ajarkan ilmu baru pada orang lain

Mempelajari ilmu yang baru adalah suatu latihan otak yang bisa digunakan untuk mencegah agar Anda tidak mudah pikun. Tetapi, tidak berhenti di situ saja, Anda sebaiknya juga membagikan ilmu ini ke orang lain.

Hal ini membuat otak menjadi lebih paham mengenai konsep ilmu baru yang Anda pelajari dan berusaha untuk mengingatnya.

5. Ikut kelas memasak

Memasak adalah salah satu aktivitas yang membuat Anda menggunakan seluruh indera yang Anda miliki. Contohnya, Anda akan menggunakan indera penciuman Anda untuk mencium bau masakan. Lalu menggunakan indera penglihatan Anda untuk memasak, dan menggunakan indera peraba Anda untuk menyentuh bahan masakan.

Tidak lupa, Anda juga menggunakan indera pengecap untuk merasakan hasil masakan Anda. Hal ini merupakan salah satu latihan otak untuk mencegah pikun karena Anda menggunakan bagian otak yang berbeda-beda saat menggunakan masing-masing indera.

6. Gunakan tangan yang tidak dominan

menulis tangan

Salah satu latihan otak lainnya yang bisa Anda praktikkan untuk mencegah pikun adalah melakukan aktivitas menggunakan tangan yang biasanya jarang Anda gunakan.

Misalnya, jika Anda terbiasa menulis dengan tangan kanan, cobalah untuk menulis dengan tangan kiri. Begitu pula sebaliknya. Mengapa? Karena saat Anda menulis menggunakan tangan lain yang tidak biasa Anda gunakan, otak Anda akan bekerja lebih keras. Otak yang lebih sering bekerja dengan lebih keras akan meningkatkan kemampuan dan fungsinya.

7. Cobalah rute baru dan gambarlah peta jalan

Jika Anda terbiasa pulang melalui rute A, tidak ada salahnya mencoba untuk melalui rute B, C, atau D. Artinya, cobalah untuk selalu pulang dengan rute yang berbeda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan moda transportasi lainnya saat bepergian.

Pasalnya, perubahan-perubahan kecil seperti ini dapat membantu Anda melakukan latihan otak demi mengubah sudut pandang dan pola pikir Anda sehingga mencegah pikun.

Setelah Anda menggunakan rute yang baru, cobalah untuk menggambar peta jalan yang tadi Anda lalui. Bahkan, jika Anda sempat, selalu gambar rute jalan yang baru Anda lalui jika Anda pergi ke sebuah tempat baru. Hal ini dapat membantu Anda melatih ingatan Anda juga.

8. Perhatikan orang lain

Saat Anda berinteraksi dengan orang lain, cobalah untuk fokus terhadap orang tersebut. Lalu, ingatlah empat hal tentang orang itu. Hal ini bisa berupa detil pakaian yang sedang dikenakan, atau caranya berbicara, makan, atau berjalan.

Salah satu latihan otak ini dapat membantu Anda mencegah pikun jika Anda berusaha mengingat-ingat kembali detil yang sempat Anda ‘tangkap’ dari orang lain. Cobalah untuk menuliskan kembali detil dari keempat hal yang Anda perhatikan tersebut.

9. Meditasi

teknik meditasi

Meditasi mungkin menjadi salah satu latihan otak yang sangat efektif untuk melatih ingatan dan pikiran. Tidak hanya itu, latihan otak yang satu ini dapat membantu mencegah pikun karena dapat meningkatkan fungsi otak seperti memperhatikan, fokus, berempati, hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Di samping itu, meditasi juga dapat membantu mengurangi stres dan rasa cemas yang sering melanda hingga mengganggu pikiran Anda. Untuk melakukannya, Anda tidak butuh banyak hal. Hanya perlu duduk, mencari posisi yang nyaman di tempat yang tenang dan bermeditasi selama lima menit setiap harinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Risiko Demensia Meningkat Jika Hidung Anda Kurang Tajam Mencium Bau

Penelitian terbaru memaparkan berkurangnya kemampuan hidung mencium bau dapat meningkatkan risiko demensia. Adakah kaitan indera penciuman dengan demensia?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Hendry Wijaya
Hidup Sehat, Fakta Unik 10/01/2018 . 4 mins read

Penyakit Pick

Penyakit Pick adalah sejenis demensia yang menyebabkan penderitanya mengalami gangguan perilaku dan perubahan mental. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 11/12/2017 . 5 mins read

Perbedaan Demensia dan Alzheimer, Dua Penyakit Penyebab Pikun

Anda mungkin menganggap Alzheimer dan demensia sebagai kondisi yang sama. Padahal, keduanya berbeda meski ada gejalanya sama, yaitu pikun.

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/12/2017 . 5 mins read

Hati-hati, Punya Penyakit Diabetes Berarti Anda Lebih Berisiko Pikun

Hati-hati kalau Anda punya penyakit diabetes (kencing manis). Anda juga berisiko jadi pikun. Begini alasan medisnya dan cara mencegahnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Yurika Elizabeth Susanti
Diabetes, Health Centers 26/10/2017 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan demensia dengan delirium dan depresi

Kenali Perbedaan Demensia dengan Delirium dan Depresi

Ditulis oleh: dr. Alfonsa Angwarmase
Dipublikasikan tanggal: 09/03/2020 . 6 mins read
manfaat tenis meja

5 Manfaat Olahraga Tenis Meja bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 05/09/2019 . 4 mins read
penyakit alzheimer

7 Pantangan Ketika Merawat Orang Dengan Penyakit Alzheimer

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2018 . 5 mins read
belajar bahasa asing

Menguasai Banyak Bahasa Asing Menurunkan Risiko Anda Terkena Demensia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 11/01/2018 . 4 mins read