3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/01/2017
Bagikan sekarang

Biang keringat adalah salah satu masalah kulit yang biasanya ditandai dengan adanya bintik-bintik merah halus yang muncul di sekitar kulit wajah, leher, punggung, dada dan paha. Biang keringat akan terasa sangat gatal bila terpapar sinar matahari langsung.

Penyebab munculnya biang keringat

Miliaria alias biang keringat terjadi saat Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya, namun kelenjar keringat Anda tersumbat, sehingga keringat terhambat dan tak dapat dikeluarkan. Terhambatnya keringat ini lalu menyebabkan iritasi pada kulit dan munculnya ruam. Gejalanya mungkin akan lebih buruk pada bagian-bagian tubuh yang tertutupi pakaian. Risiko Anda terpapar penyakit ini akan meningkat, bila Anda:

  • Sakit dalam waktu yang cukup lama dan mengharuskan Anda menghabiskan waktu hanya di atas tempat tidur. Kondisi ini memungkinkan Anda berkeringat lebih banyak, terutama bila selama itu Anda hanya menghabiskan waktu di dalam selimut tebal.
  • Menggunakan terlalu banyak pakaian pada saat cuaca dingin.
  • Pengidap obesitas (kegemukan), karena tubuh yang lebih besar menghasilkan keringat yang lebih banyak.
  • Bayi dan anak-anak pun berisiko tinggi terpapar penyakit ini, dikarenakan kelenjar keringat pada usia tersebut belum berkembang secara sempurna.

Sering kali biang keringat akan hilang hanya dalam hitungan hari. Namun bila gejala bertambah buruk hingga menyebabkan demam, menggigil, dan nyeri, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter Anda.

Bagaimana cara mengusir biang keringat dengan bahan alami?

Mungkin telah menjadi pengetahuan umum bahwa beberapa obat-obatan seperti lotion calamine, anhydrous lanolin, dan steroid topikal dapat mengobati biang keringat. Mengenakan pakaian longgar dan berbahan sejuk, mandi, serta tidak menggunakan krim atau salep yang dapat menyumbat saluran keringat, juga dapat menjadi alternatif solusi untuk mengusir biang keringat. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

1. Cendana

Tumbuhan yang lebih dikenal dengan sebutan sandalwood ini sejak masa pengobatan tradisional India kuno, telah diyakini dapat mengatasi pengeluaran keringat berlebih pada tubuh. Langkah pengaplikasiannya adalah dengan mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar, lalu dibalurkan pada bagian-bagian tubuh yang mengeluarkan keringat secara berlebihan.

2. Lidah buaya

Tumbuhan yang lebih dikenal dengan sebutan aloe vera ini, memang diyakini memberikan sensasi sejuk, sehingga campuran gel yang terdapat di dalamnya, dicampur dengan air mawar, dipercayai dapat mengatasi biang keringat.

3. Lemon

Lemon memang dikenal berkhasiat mampu mengendalikan minyak yang dihasilkan dari pengeluaran keringat, karena lemon memiliki kandungan asam yang mampu mengontrol minyak.dan mengurangi keberadaan bakteri. Anda bisa membilas tubuh Anda dengan air campuran perasan lemon untuk pengaplikasiannya. Beberapa literatur menyarankan untuk tidak melakukan teknik ini, jika Anda masih beraktivitas dengan terpapar cahaya matahari langsung.

Bagaimana? Tertarik mencoba?

BACA JUGA:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Pernahkah Anda sakit perut setelah buka puasa? Bisa jadi ini karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Apa lagi sebab lainnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

Bolehkah Kita Donor Darah Saat Puasa? Apa Saja Risikonya?

Donor darah sebaiknya dilakukan teratur. Tapi bagaimana jika jadwal donor darah Anda selanjutnya jatuh di bulan Ramadan? Bolehkah donor darah saat puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

makan di luar rumah saat pandemi

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020