Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/03/2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tremor adalah kondisi saat gerakan pada bagian tubuh tidak terkontrol. Tremor bisa terjadi bukan hanya di tangan, bisa di bagian kepala, kaki, badan, lengan tangan, atau bahkan suara. Kondisi ini membuat penderitanya mengalami kesulitan menulis, mengetik, memegang benda, atau mengendalikan pergerakannya sendiri. Meskipun tidak mengancam nyawa, kondisi ini membuat tugas sehari-hari menjadi terganggu bukan? Nah, apakah tremor bisa sembuh secara total? Atau hanya dikurangi saja keparahannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa penyebab timbulnya tremor?

Tremor umumnya disebabkan oleh masalah pada bagian otak yang mengendalikan otot di seluruh tubuh, atau di bagian otot tubuh tertentu saja, misalnya di tangan. Kenapa bisa begitu? Banyak hal yang bisa menimbulkan kondisi ini terjadi baik yang diketahui, maupun tidak.

Beberapa kondisi yang diketahui bisa menimbulkan tremor adalah kondisi neurologis (saraf) yaitu multiple sklerosis, stroke, trauma luka otak, dan penyakit terkait saraf dan otak lainnya yang merusak bagian batang otak atau otak kecil.

Penyebab lainnya yaitu penggunaan obat-obatan tertentu seperti amfetamin, kortikosteroid, dan obat-obatan lainnya (yang digunakan untuk gangguan kejiwaan), dan penyalahgunaan alkohol.

Kondisi penyakit lain juga bisa menimbulkan tremor seperti keracunan merkuri, tiroid bersifat terlalu aktif, atau gagal hati. Beberapa tremor juga dapat dieariskan secara genetik.

Sementara itu, dalam beberapa kasus kondisi tremor tidak diketahui secara pasti apa penyebabnya.

Apakah tremor bisa sembuh? 

Pengobatan tremor biasanya akan dilakukan berdasarkan penyebab tremor itu sendiri. Tidak semua jenis tremor dapat disembuhkan secara total, karena penyebabnya pun tidak diketahui secara pasti.

Tremor yang disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu biasanya dapat diperbaiki atau dihilangkan sepenuhnya dengan pengobatan. Contohnya, tremor akibat kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Dengan pengobatan tiroid yang tepat, maka kondisi penderitanya bisa kembali sembuh dari tremor secara total. Atau kasus lainnya jika tremor ditimbulkan karena efek samping pengobatan. Jika penggunaan pengobatan dihentikan, maka tremor diduga juga dapat hilang.

Dilansir dalam laman Healthline, jika tangan gemetaran Anda disebabkan oleh tremor esensial, maka sebenarnya tidak ada obatnya khususnya untuk menghilangkan kondisi tersebut.

Tremor esensial adalah tremor yang tidak diketahui secara pasti apa penyebab atau penyakit yang memicunya. Ini adalah kondisi tremor yang paling umum terjadi.

Kondisi ini tidak mengancam jiwa dan juga tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, tetapi ini dapat mengakibatkan aktivitas sehari-hari sulit dilakukan. Apalagi jika getarannya semakin parah. Anda semakin sulit memegang benda, naik tangga, mengemudi, dan lain-lain.

Tindakan perawatan yang diberikan biasanya untuk mengurangi beberapa gejalanya agar dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penderitanya atau mengurangi getarannya.

Tipe perawatan yang digunakan juga akan tergantung dari seberapa parah tremor dan seberapa besar efek samping yang akan ditimbulkan dari setiap pengobatan.

Tidak semua perawatan tremor efektif untuk setiap orang. Dokter Anda akan merekomendasikan rencana perawatan yang paling tepat untuk tiap orang. Bagi orang yang memiliki tremor ringan yang tidak mengganggu, biasanya tidak memerlukan perawatan khusus.

Apa saja pengobatan yang biasanya dilakukan?

Jika tremor disebabkan kondisi kesehatan tertentu, pengobatannya akan dilakukan sesuai dengan penyakit yang memicu terjadinya tremor. Jika memang tidak mengalami kondisi penyakit khusus, pengobatan di bawah ini yang biasanya akan dilakukan:

Obat-obatan

  • Obat beta-blocker, seperti obat propanol yang membatasi adrenalin dan mencegah tremor semakin buruk.
  • Obat tekanan darah, seperti flunarizine yang membatasi jumlah adrenalin.
  • Obat antikonvulsan, seperti primidone, yang bekerja untuk mengurangi rangsangan sel saraf.

Terapi

Seseorang dengan tremor bisa sembuh atau paling tidak menjalani aktivitas fisik lebih lancar dengan cara memperbaiki koordinasi dan pengendalian otot. Contohnya:

  • Gunakan benda yang lebih berat. Anda mungkin perlu mengganti benda ringan seperti gelas, piring dengan versi yang lebih berat. Ini supaya orang yang tremor lebih mudah mengontrol gerakannya.
  • Gunakan pemberat pergelangan tangan. Beban ekstra di lengan bisa membuat kendali gerakan lebih mudah.

Operasi

Operasi dilakukan saat perawatan lainnya telah gagal dilakukan. Ini adalah pilihan terakhir untuk menstimulasi otak, dengan metode ini getaran bisa berkurang atau sembuh. Namun, tidak semua penderita tremor boleh melakukan operasi ini. 

  • Deep brain stimulation. Pada prosedur ini, ahli bedah akan menempelkan elektroda kecil di area otak yang mengendalikan gerakan. Elektroda ini berfungsi untuk menghalangi sinyal saraf yang menyebabkan tremor. Penanganan dengan metode ini hanya untuk orang dengan tremor lanjut yang sudah parah.
  • Thalamotomi. Dengan prosedur ini dokter bedah Anda akan memotong sebagiaan kecil lesi, atau jaringan yang abnormal di bagian thalamus. Pemotongan ini akan mengganggu aktivitas listrik normal di otak dan akan mengurangi atau bisa menghentikan getaran tremor.
  • Radiosurgery steroetaktik. Dalam prosesur ini, sinar X bertenaga tinggi ditunjukan pada area otak kecil untuk memperbaiki getaran.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit