Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Anda Telah Bertemu Dengan Soulmate

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 3 April 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Istilah soulmate atau belahan jiwa digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ikatan kuat, saling menerima apa adanya, dan mendukung satu sama lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Seorang belahan jiwa tidak selalu merupakan pasangan karena Anda juga bisa menemukannya di antara teman-teman, anggota keluarga, atau siapa saja.

Tanda bahwa Anda telah bertemu dengan belahan jiwa

Seseorang bisa saja tidak menyadari bahwa ia telah bertemu dengan soulmate-nya. Lantas, apa saja tanda-tandanya yang perlu Anda kenali? Berikut ulasannya.

1. Bertemu di waktu yang tepat

Anda mungkin pernah bertemu dengan seseorang yang begitu cocok dengan Anda pada masa-masa yang unik. Misalnya saat Anda baru saja patah hati, merasa kesepian, atau bahkan saat Anda merasa begitu bahagia. Seorang belahan jiwa akan membuat semua masa terasa tepat, tidak peduli saat itu Anda tengah merasa senang atau pun sedih.

2. Punya tujuan hidup yang sama 

Setiap orang memiliki latar belakang, selera, dan kegemaran yang berbeda. Namun, perbedaan ini tidak akan menyurutkan nilai-nilai dan tujuan yang Anda bangun bersama dengan belahan jiwa. Perbedaan yang ada justru akan menjadi topik pembicaraan yang menarik sehingga Anda saling mengenal lebih jauh dengannya.

3. Benar-benar saling memahami

Teman-teman Anda mungkin dapat memahami hal-hal yang Anda sukai dan tidak sukai, tapi seorang soulmate bisa memahami sesuatu yang lebih dalam dari itu. Berdampingan dengan orang yang sangat memahami Anda akan menimbulkan rasa nyaman dan membantu memelihara hubungan.

4. Saling menghargai satu sama lain

Rasa saling menghargai biasanya tidak diungkapkan, melainkan tampak dari tindakan sehari-hari. Bila ia adalah belahan jiwa Anda, maka Anda dapat melihatnya dari hal-hal sederhana yang dilakukannya saat bersama. Sikap ini adalah unsur yang penting dalam membangun dasar suatu hubungan yang langgeng.

5. Ingin saling membahagiakan

Beberapa orang mungkin membuat Anda rela menyediakan waktu di akhir pekan hanya supaya bisa menghabiskan waktu bersama. Atau, Anda mungkin bersedia membatalkan janji yang sudah dibuat untuk merawat seorang teman maupun pasangan yang sedang sakit. Alasannya semata-mata agar mereka merasa bahagia. Jika demikian, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda telah menemukan belahan jiwa.

6. Mengerti satu sama lain tanpa perlu diungkapkan

Pernahkah Anda menebak dengan benar apa yang diinginkan oleh seorang sahabat atau pun pasangan Anda? Atau pernahkah Anda menerka isi hati mereka tanpa perlu diungkapkan? Nah, soulmate biasanya memiliki karakteristik unik ini karena adanya ikatan emosional yang kuat dan hubungan yang sehat.

7. Saling mengisi 

Seorang belahan jiwa tidak harus menjadi sosok yang melengkapi Anda. Meski demikian, mereka akan memberikan nilai-nilai yang berharga untuk Anda. Segala perbedaan pendapat, masa-masa bahagia, bahkan konflik yang dialami akan menjadi bagian dari hubungan tersebut dan memperkuat ikatan emosional yang telah ada.

Menghabiskan waktu dengan seorang belahan jiwa tidak berarti bahwa Anda bebas dari rasa sedih dan marah. Walaupun begitu, mereka akan tetap membuat Anda merasa nyaman dan diterima. Jadi, mari renungkan kembali. Sudahkah Anda bertemu dengan sang belahan jiwa?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Yakin Sudah Cocok Dengan Pasangan? 4 Faktor Ini Bisa Jadi Tolak Ukurnya

Ketidakcocokan antarpasangan sangat wajar terjadi. Untuk melihat ketidakcocokan dalam hubungan, berikut beberapa faktor yang bisa menjadi tolak ukurnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 4 Juli 2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

menjaga kepercayaan pasangan dalam hubungan ldr

Tetap Langgeng Walau LDR, Ini 5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18 April 2019 . Waktu baca 4 menit
kenapa masih jomblo

Cara Cerdas Menjawab Pertanyaan “Kenapa Masih Jomblo” dari Keluarga Besar

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 21 Maret 2019 . Waktu baca 3 menit
menikah dilamar lamaran tunangan pasangan pilih-pilih pasangan

Pro dan Kontra Jadi Orang yang Suka Pilih-Pilih Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 7 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit
saat masa pdkt

Sok Jual Mahal Saat Masa PDKT? Hati-hati, Bikin Pasangan Malah Ilfeel

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 23 Agustus 2018 . Waktu baca 4 menit