Posisi Tidur Menggambarkan Kondisi Hubungan Anda dengan Pasangan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Setiap orang memiliki posisi tidur favoritnya masing-masing, termasuk ketika tidur dengan pasangan. Beberapa pasangan lebih senang berpelukan sepanjang malam, ada juga yang lebih senang tidur dengan menyisakan jarak. Sekilas, posisi tidur memang hal yang sepele. Namun, tahukah Anda, ternyata posisi tidur bisa menggambarkan hubungan dengan pasangan, lho.

Bagaimana posisi tidur dapat menunjukkan hubungan Anda dengan pasangan

Anda mungkin berpikir bahwa posisi tidur tidak akan memberikan pengaruh apapun, terlebih pergerakan saat tidur merupakan hal yang natural dan dilakukan tanpa sadar.

Padahal, manusia berkomunikasi lewat banyak cara, termasuk bahasa tubuh. Menurut Dr. Emily Cook, ahli keluarga dan pernikahan, bahasa tubuh memiliki peran penting dalam bagaimana cara Anda berbagi sesuatu dengan pasangan. Bahasa tubuh juga menunjukkan perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Bahasa tubuh sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari dan tidak bisa dihentikan meski Anda sudah terlelap. Faktanya lagi, alam bawah sadar yang terbentuk dari intuisi Anda juga akan mengambil kendali atas pergerakan tubuh selama tidur.

Oleh karena itu, posisi tidur Anda berdua bisa saja menjadi penanda seberapa besar rasa sayang dan percaya pada pasangan serta menunjukkan adanya masalah yang mungkin tidak pernah Anda sadari.

Berbagai posisi tidur dengan pasangan dan maknanya

1. The spoon

spooning
Sumber: Healthline

The spoon merupakan salah satu posisi yang paling sering dilakukan oleh pasangan yang masih berada di awal-awal hubungan. Pada posisi ini, pasangan berbaring menyamping menghadap sisi yang sama, dengan satu orang di belakang yang memeluk pasangannya.

Posisi ini menyiratkan bahwa Anda dan pasangan saling percaya satu sama lain dan merasa aman secara emosional. Selain itu, posisi ini juga baik untuk kesehatan karena tidak membuat Anda kesulitan bernafas dan mengurangi risiko nyeri badan di pagi hari.

2. The loose spoon

posisi tidur pasangan
Sumber: Little Things

Posisi ini serupa dengan the spoon, bedanya tubuh Anda dan pasangan tidak berdempetan. Jika Anda tidur dengan posisi ini, bukan berarti hubungan Anda sedang bermasalah. Malahan, posisi ini menunjukkan bahwa Anda dan pasangan saling percaya dan mau menghargai ruang pribadi masing-masing.

Terkadang, individu yang berperan sebagai “big spoon” juga meletakkan tangan di atas punggung pasangannya. Ini menggambarkan bahwa individu tersebut akan selalu berada di sisi pasangannya kapanpun dibutuhkan.

3. Chasing spoon

chasing spoon
Sumber: Little Things

Chasing spoon adalah posisi di mana satu orang menjauh di sisi lain tempat tidur dengan pasangannya yang seolah mengejar dengan memeluk dari belakang. Posisi tidur yang satu ini menunjukkan dua kemungkinan, yaitu pasangan yang dipeluk sedang ingin dirayu atau pasangan memang sedang membutuhkan ruang untuk sendiri.

Hati-hati, jika terlalu berada di pinggir, Anda dan pasangan bisa jatuh dari tempat tidur.

4. Face to face, dengan bersentuhan

face to face touching
Sumber: Healthline

Pada posisi ini, Anda tidur berhadapan dengan kepala yang sejajar dan tangan yang menyentuh tubuh pasangan. Posisi ini menunjukkan hubungan Anda yang dekat dan bahagia bersama pasangan.

Sayangnya, menurut survei yang dilakukan oleh Universitas Hertfordshire di Inggris, pasangan yang tidur dengan posisi ini hanya sebanyak 4% dari seluruh jumlah peserta.

5. Face to face, tanpa bersentuhan

face to face no touching
Sumber: Bright Side

Hubungan Anda dan pasangan mungkin sedang dilanda masalah. Posisi ini bisa berarti kedua pihak sedang menginginkan perhatian satu sama lain, namun keduanya juga tidak melakukan apapun untuk memperbaiki situasi tersebut. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera bicarakan dengan pasangan.

6. Liberty lovers

liberty lovers
Sumber: Little Things

Disebut juga dengan “punggung-punggungan”, posisi tidur ini menggambarkan hubungan asmara yang kuat tanpa terlalu bergantung pada pasangan. Tentunya ini adalah hal yang positif karena berarti Anda dan pasangan tetap saling percaya tanpa harus mengekang salah satu pihak untuk selalu melakukan segala sesuatu bersama.

Namun, jika sebelumnya Anda sering tidur dengan posisi yang lebih dekat dengan pasangan, Anda mungkin harus mulai bertanya untuk memastikan hubungan asmara tidak memiliki masalah.

Terlalu sering tidur dengan posisi ini juga dapat berdampak buruk pada bahu dan punggung bagian bawah.

7. The nuzzle

the nuzzle
Sumber: Little Things

Di posisi ini, satu orang berbaring terlentang dengan pasangannya yang meletakkan kepala di atas dada. Serupa dengan the spooning, posisi the nuzzle menggambarkan gestur pasangan yang siap melindungi dan percaya satu sama lain.

Selain itu, posisi ini juga melibatkan kontak tubuh yang lebih intim sehingga dapat membantu tubuh mengeluarkan hormon oxytocin yang terkenal sebagai hormon cinta.

Tapi Anda juga perlu berhati-hati. Pasalnya, terlalu lama tidur dengan posisi ini bisa menimbulkan nyeri dan kaku sendi di area leher dan bahu.

8. The Hooked Leg

hug leg
Sumber: Little Things

Posisi dengan kaki yang bertautan ini memiliki banyak makna. Jika hanya salah satu yang menautkan kaki, bisa jadi ini adalah pertanda individu tersebut menginginkan perhatian lebih dari pasangannya. Namun, jika dua-duanya melakukan hal yang sama, posisi ini bisa menunjukkan hubungan asmara yang seimbang.

Meski posisi tidur dengan pasangan bisa menyiratkan makna yang lebih dalam tentang hubungan Anda, ada baiknya untuk tidak terlalu bergantung pada satu teori. Komunikasi yang baik tetap menjadi kunci untuk kehidupan asmara yang lebih harmonis. Jika Anda mulai merasa ada sesuatu yang salah di dalam hubungan, segera bicarakan pada pasangan agar tidak menimbulkan konflik yang lebih besar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Pernahkah Anda terbayang seperti apa rasanya koma? Anda juga mungkin penasaran, sebenarnya pasien koma masih sadar tidak? Yuk, cari tahu lebih jauh di sini.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit

‘Bucin’ Alias Budak Cinta, Fenomena Ketika Cinta Menjadi Candu

Fenomena bucin alias budak cinta kini marak dibicarakan sebagai orang yang terlalu sayang dengan pasangannya. Begini penjelasan dari sisi psikologis.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24/06/2020 . Waktu baca 7 menit

Tidak Selamanya Gagal, Ini Alasan Mengapa Jual Mahal Kadang Berhasil

Sikap tarik ulur alias jual mahal terkadang membuat orang justru menyerah di tengah jalan. Namun, tidak sedikit pula yang berhasil. Mengapa demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Selain Hubungan Seks, Ada Masalah Hubungan Asmara pada Penderita ADHD

Selain kehidupan seks, penderita ADHD juga memiliki sejumlah tantangan dalam menjalani hubungan asmara mereka dan berasal dari gejala yang dialami.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tidur pakai bra

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit
apa itu power nap

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit
cepat jatuh cinta

Psst, Jangan Buru-Buru Jatuh Cinta Nanti Jadi Cepat Benci!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 16/07/2020 . Waktu baca 5 menit