Wajarkah Bila Payudara Tidak Terpengaruh Rangsangan Seksual?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi banyak orang, payudara wanita merupakan daya tarik seksual yang bisa mendatangkan kepuasan tersendiri. Untuk para wanita, payudara dan puting susu memang jadi salah satu “titik panas” yang bisa memberikan kenikmatan seksual jika dirangsang. Inilah mengapa saat pemanasan atau foreplay, banyak pasangan memilih untuk fokus pada payudara.

Akan tetapi, banyak wanita melaporkan keluhan bahwa payudara mereka kurang sensitif terhadap rangsangan. Meskipun pasangannya sudah mencoba berbagai cara, beberapa wanita memang tak merasakan apa pun di area payudara. Nah, kira-kira apa penyebab payudara tidak peka dan wajarkah jika ini terjadi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Payudara tidak peka terhadap rangsangan seksual

Payudara adalah salah satu area yang bisa membuat wanita bergairah. Jika menerima rangsangan seksual, biasanya payudara akan membesar dan puting susu mengeras. Pada wanita yang kulitnya cerah atau pucat, payudara akan terlihat sedikit memerah.

Namun, jika payudara tidak peka terhadap rangsangan seksual, Anda mungkin tak merasakan sensasi apa pun ketika area ini distimulasi. Bisa jadi Anda justru merasa geli atau kebas karena stimulasi berulang tak membuahkan hasil apa pun. Padahal ketika menerima stimulasi di bagian tubuh lain seperti klitoris atau paha, Anda merasa cukup bergairah.

Apakah ini normal?

Jangan khawatir, payudara tidak peka adalah hal yang wajar. Kondisi ini tidak mengindikasikan adanya masalah medis atau penyakit tertentu. Pasalnya, setiap wanita memang memiliki “titik panas” yang berbeda-beda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari fantasi seks Anda hingga kepekaan saraf dan jaringan di sekitar payudara Anda. Selain itu, bisa jadi Anda belum menemukan gerakan stimulasi payudara yang tepat untuk mendatangkan kenikmatan seksual.

Payudara tidak peka juga menjadi keluhan yang sering dilontarkan wanita yang telah menjalani operasi memperbesar payudara. Sebenarnya jika operasi ini berlangsung lancar dan prosedurnya tepat, Anda seharusnya masih bisa merasakan sensasi nikmat di sekitar payudara ketika menerima rangsangan seksual. Jika Anda jadi tak bisa merasakan apa pun setelah operasi, kemungkinan ada kerusakan atau peregangan saraf. Sebaiknya segera hubungi dokter jika Anda merasa khawatir soal hasil operasi Anda.  

Apakah ada cara meningkatkan kepekaan payudara terhadap rangsangan?

Menurut para pakar kesehatan seksual, tidak ada cara untuk membuat payudara lebih peka saat bercinta. Pasalnya, payudara tidak peka memang bukan suatu masalah yang harus diobati atau disembuhkan. Ini hanya masalah perbedaan selera seks saja.

Namun, jika Anda dan pasangan masih ingin mencoba gerakan atau sentuhan yang berbeda untuk memberikan stimulasi, silakan saja. Ingatlah bahwa seks seharusnya terasa menyenangkan, bukannya bikin Anda tertekan atau stres. Jangan sampai masalah payudara tidak peka justru membuat Anda tidak bisa menikmati seks bersama pasangan.

Cara lain untuk mendapatkan kepuasan seksual

Tenang saja, tubuh wanita masih menyimpan titik-titik panas yang lain. Cobalah untuk menjelajahi seluruh bagian tubuh Anda ketika berhubungan seks. Wanita biasanya akan terangsang ketika pasangannya bermain di daerah leher, telinga, perut, paha bagian dalam, vagina, klitoris, bokong, dan masih banyak lagi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit