Wajarkah Bila Payudara Tidak Terpengaruh Rangsangan Seksual?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi banyak orang, payudara wanita merupakan daya tarik seksual yang bisa mendatangkan kepuasan tersendiri. Untuk para wanita, payudara dan puting susu memang jadi salah satu “titik panas” yang bisa memberikan kenikmatan seksual jika dirangsang. Inilah mengapa saat pemanasan atau foreplay, banyak pasangan memilih untuk fokus pada payudara.

Akan tetapi, banyak wanita melaporkan keluhan bahwa payudara mereka kurang sensitif terhadap rangsangan. Meskipun pasangannya sudah mencoba berbagai cara, beberapa wanita memang tak merasakan apa pun di area payudara. Nah, kira-kira apa penyebab payudara tidak peka dan wajarkah jika ini terjadi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Payudara tidak peka terhadap rangsangan seksual

Payudara adalah salah satu area yang bisa membuat wanita bergairah. Jika menerima rangsangan seksual, biasanya payudara akan membesar dan puting susu mengeras. Pada wanita yang kulitnya cerah atau pucat, payudara akan terlihat sedikit memerah.

Namun, jika payudara tidak peka terhadap rangsangan seksual, Anda mungkin tak merasakan sensasi apa pun ketika area ini distimulasi. Bisa jadi Anda justru merasa geli atau kebas karena stimulasi berulang tak membuahkan hasil apa pun. Padahal ketika menerima stimulasi di bagian tubuh lain seperti klitoris atau paha, Anda merasa cukup bergairah.

Apakah ini normal?

Jangan khawatir, payudara tidak peka adalah hal yang wajar. Kondisi ini tidak mengindikasikan adanya masalah medis atau penyakit tertentu. Pasalnya, setiap wanita memang memiliki “titik panas” yang berbeda-beda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari fantasi seks Anda hingga kepekaan saraf dan jaringan di sekitar payudara Anda. Selain itu, bisa jadi Anda belum menemukan gerakan stimulasi payudara yang tepat untuk mendatangkan kenikmatan seksual.

Payudara tidak peka juga menjadi keluhan yang sering dilontarkan wanita yang telah menjalani operasi memperbesar payudara. Sebenarnya jika operasi ini berlangsung lancar dan prosedurnya tepat, Anda seharusnya masih bisa merasakan sensasi nikmat di sekitar payudara ketika menerima rangsangan seksual. Jika Anda jadi tak bisa merasakan apa pun setelah operasi, kemungkinan ada kerusakan atau peregangan saraf. Sebaiknya segera hubungi dokter jika Anda merasa khawatir soal hasil operasi Anda.  

Apakah ada cara meningkatkan kepekaan payudara terhadap rangsangan?

Menurut para pakar kesehatan seksual, tidak ada cara untuk membuat payudara lebih peka saat bercinta. Pasalnya, payudara tidak peka memang bukan suatu masalah yang harus diobati atau disembuhkan. Ini hanya masalah perbedaan selera seks saja.

Namun, jika Anda dan pasangan masih ingin mencoba gerakan atau sentuhan yang berbeda untuk memberikan stimulasi, silakan saja. Ingatlah bahwa seks seharusnya terasa menyenangkan, bukannya bikin Anda tertekan atau stres. Jangan sampai masalah payudara tidak peka justru membuat Anda tidak bisa menikmati seks bersama pasangan.

Cara lain untuk mendapatkan kepuasan seksual

Tenang saja, tubuh wanita masih menyimpan titik-titik panas yang lain. Cobalah untuk menjelajahi seluruh bagian tubuh Anda ketika berhubungan seks. Wanita biasanya akan terangsang ketika pasangannya bermain di daerah leher, telinga, perut, paha bagian dalam, vagina, klitoris, bokong, dan masih banyak lagi.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Lengkap Seputar Anatomi Vagina

Tahukah Anda bahwa yang namanya vagina sebenarnya hanya lubang jalan lahir bayi saja? Lalu apa nama organ-organ di sekitarnya? Simak anatomi vagina di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Tak hanya membuat kita lupa waktu, bermain smartphone terlalu lama juga bisa memicu berbagai jenis gangguan kesehatan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Psikologi 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Banyak orang menilai gigi gingsul membuat senyuman pemiliknya bertambah manis. Berikut serba-serbi kesehatan gigi gingsul yang perlu Anda tahu.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Siapa yang suka makan bengkoang? Nyatanya, kandungan dan manfaat bengkoang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat alami oral thrush

Ciri-ciri Infeksi Jamur di Mulut Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 9 menit
manfaat garam untuk kesehatan

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit
krim muka dari dokter bikin ketagihan

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Ditulis oleh: Tiara Putri
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit