Perlukah Memakai Kondom Saat Seks Oral?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 08/05/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Seks oral tidak selalu menjadi alternatif yang lebih aman untuk melakukan hubungan seksual. Meskipun Anda tidak dapat hamil akibat seks oral, penyakit menular seksual seperti herpes, gonore, dan sipilis masih bisa ditularkan, sehingga menggunakan kondom atau lateks pelindung gigi (dental dam) sangat disarankan saat seks oral. Meskipun oral seks membawa risiko HIV yang sangat sedikit, namun Anda masih dapat tertular jika orang yang menerima seks oral memiliki penyakit kelamin atau luka pada daerah genital mereka, atau jika orang tersebut memberikan seks dengan memiliki luka di mulut atau gusi berdarah.

Risiko terkena penyakit menular seksual dari seks oral

Penyakit menular seksual disebabkan oleh virus atau bakteri yang senang dengan tempat hangat, lembut, dan lembap, seperti di mulut dan daerah genital (penis, vulva, vagina, anus, daerah antara penis dan anus, dan daerah antara vulva dan anus). Penyakit kelamin dapat menyebar dari daerah kelamin ke mulut dan dari mulut ke daerah genital. Mereka umumnya menular dari individu ke individu melalui cairan tubuh, atau kontak langsung dengan kulit atau luka.

Meskipun risiko penyakit kelamin dari seks oral kecil dibandingkan dengan seks anal dan vaginal, namun risiko masih ada. Anda bisa mendapatkan bakteri sipilis, klamidia, atau gonore di mulut atau tenggorokan Anda, atau dalam beberapa kesempatan langka Anda juga dapat terkena kutil kelamin di mulut. Herpes umumnya terjadi di antara kelamin dan mulut, dan HIV dapat ditularkan melalui luka atau lecet kecil di mulut.

Memilih kondom untuk seks oral

Kondom dapat digunakan untuk membuat segala macam oral seks lebih aman. Beberapa orang mungkin menggunakan kondom secara langsung selama fellatio (seks oral dari mulut ke penis). Orang lain mungkin menggunakannya sebagaiu pelindung mulut selama cunnilingus (seks oral dari mulut ke vagina) atau rimming (seks oral dari mulut ke anus). Namun, Anda harus berpikir terlebih dahulu sebelum membeli kondom.

  • Ada banyak alasan mengapa kondom N-9 (yang dilumasi Nonoxynol-9) tidak baik untuk seks oral. Salah satu alasannya adalah, karena jika Anda menyimpan kondom tersebut di dalam mulut Anda terlalu lama, lidah Anda akan mati rasa. Terlebih lagi, mereka memiliki rasa yang tidak menyenangkan.  
  • Beberapa kondom yang memiliki rasa dinilai aman untuk seks. Namun, sebelum membelinya, Anda harus membaca kemasan terlebih dahulu. Jika ia aman digunakan untuk seks oral, Anda dapat membelinya.
  • Jangan menggunakan minyak berbasis produk makanan sebagai alat bantu seks oral ketika menggunakan kondom lateks untuk perlindungan. Minyak dan lateks tidak dapat dicampur. Hal ini akan menurunkan kualitas bahan pada kondom dan membuat Anda tidak terlindungi.

Berbagai macam barrier perlindungan untuk seks oral

1. Seks oral pada vulva (luar vagina) dan anus

Jika Anda memberikan seks oral dari mulut ke vulva atau dari mulut ke anus, Anda dapat melindungi diri dengan berbagai perlindungan berikut:

  • Bungkus plastik (seperti Saran atau Cling Wrap). Ini adalah barrier perlindungan yang murah dan mudah ditemukan di setiap toko biasa atau di toko obat. Ia dapat mencakup daerah yang lebih besar dan dapat digunakan dengan pelumas berbasis minyak atau air. Namun, kekurangannya ialah ia mudah robek, jadi Anda harus berhati-hati dengan kuku Anda. Untuk meningkatkan sensitivitas, Anda dapat menempelkan pelumas di sisi plastik menghadap vulva. Jika Anda melakukan rimming, ikuti petunjuk di atas, tetapi tempatkan plastik di atas daerah dubur.
  • Dental dams, Licks, dan pelindung lain. Mereka menyediakan perlindungan yang kuat, tidak rapuh, dan memiliki beberapa rasa, seperti anggur dan vanila. Namun, mereka sulit untuk ditemukan dan hanya mencakup sedikit daerah. Mereka juga tidak dapat dicampur dengan pelumas.
  • Potongan kondom berbentuk kotak. Ia mudah didapatkan, carilah kondom yang tidak dilumasi atau yang tidak memiliki rasa. Namun, ia hanya dapat melindungi sedikit area, sehingga Anda memerlukan perhatian khusus agar cairan tidak merembes melewati kondom ke dalam mulut, anus, atau daerah vulva.

2. Seks oral pada penis

Jika Anda memberikan seks oral dari mulut ke penis, Anda dapat melindungi diri
dengan menggunakan berbagai penghalang berikut:

  • Kondom tanpa pelumas. Ini mudah ditemukan di toko obat. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa ia terlalu kering dan rasanya tidak enak. Anda dapat memberikan pelumas di ujung kondom agar tidak terlalu kering.
  • Kondom dengan pelumas rasa. Kondom ini biasanya banyak ditemukan di toko obat. Namun, beberapa mengatakan bahwa kondom jenis ini terasa seperti lip balm. Anda dapat menambahkan pelumas berbasis air atau minyak di ujung kondom.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pijat Prostat, Benarkah Bisa Atasi Masalah Prostat dan Seksual?

Dewasa ini, pijat prostat mulai banyak dicari. Banyak yang yakin pijat ini bisa jadi solusi berbagai keluhan di area prostat. Apa memang benar?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Urologi, Prostat 05/08/2020 . Waktu baca 6 menit

7 Penyakit Kelamin yang Sering Menular Lewat Seks Tanpa Kondom (Plus Gejalanya untuk Diwaspadai)

Berbeda penyakitnya, berbeda juga gejalanya. Namun, Anda perlu tahu gejala penyakit menular seksual yang paling sering menyerang berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 29/07/2020 . Waktu baca 13 menit

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Pro dan Kontra Menyimpan Rahasia dari Pasangan

Setiap orang pasti punya rahasia yang dipendam begitu dalam, tak seorang pun boleh tahu. Namun, apa jadinya jika kita menyimpan rahasia dari pasangan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 16/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

seks infeksi saluran kencing pasangan

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Kena Infeksi Saluran Kemih?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 5 menit
mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab infeksi saluran kencing

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit