Merasa Tidak Dihargai Mertua? Hadapi Dengan 4 Langkah Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Perbincangan mengenai mertua cukup sensitif bagiĀ pasangan suami istri. Apalagi jika mertua Anda ternyata kurang menghargai keberadaan Anda atau terlalu mencampuri urusan rumah tangga. Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi mertua agar tetap terjalin hubungan yang baik.

Tips bijak dan lancar menghadapi mertua

ibu mertua

Menghadapi mertua memang gampang-gampang susah. Apalagi kalau selama ini Anda merasa kurang dihargai oleh mertua. Entah itu karena Anda sering diprotes, disalahkan, atau dalam bentuk apa pun. Meski begitu, mertua tetaplah orangtua dari pasangan Anda yang perlu dihormati layaknya orangtua sendiri.

Tenang, berikut ini berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk menjalin dan menjaga hubungan baik dengan mertua:

1. Dekatkan diri dengan mertua

Semakin Anda mengenal seseorang dengan dekat dan akrab, Anda akan semakin mudah untuk memahami perilaku dan pikirannya. Anda juga akan semakin mudah untuk saling bekerja sama atau berkomunikasi. Itulah yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi mertua. Kenali mertua Anda dengan baik, habiskan waktu berkualitas bersama, dan posisikan diri Anda sebagai sang mertua.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk menumbuhkan empati dan belas kasih Anda pada mertua nantinya. Memang tak mudah, tapi bukan berarti ini mustahil dilakukan.

2. Bicarakan solusinya dengan pasangan

Setelah memahami seluk-beluk pribadi dan pikiran mertua Anda, langkah selanjutnya ialah mendiskusikan solusi dengan pasangan. Jelaskan bagaimana hubungan Anda dengan mertua selama ini dan apa saja hasil pengamatan Anda setelah mengenal sosok mertua lebih dekat.

Kemudian, tawarkan solusi yang sudah Anda godok. Jangan lupa untuk meminta saran pada pasangan tentang bagaimana Anda seharusnya bersikap. Agar pasangan bisa lebih memahami, mintalah ia untuk memosisikan dirinya sebagai Anda, sang menantu. Tanyakan padanya kira-kira jika ia di posisi Anda, apa yang akan diperbuatnya.

3. Tetap hormati mertua

Ketika mertua tidak menghargai Anda, Anda tetap wajib menghormatinya. Tunjukkan sikap hormat pada mertua sebagaimana Anda menghormati orangtua Anda sendiri. Bersikaplah sebaik yang Anda bisa dan jangan berusaha untuk membalas sikap buruknya.

Katakan pada suami bahwa Anda butuh waktu untuk terus beradaptasi dengan sikap orangtuanya. Di samping itu, jika mertua misalnya terus meremehkan Anda, baik dengan sikap ataupun ucapan, maka kumpulkan keberanian untuk suatu hari berbicara hati ke hati dengan mertua Anda.

4. Perkuat hubungan Anda dan pasangan

Memperkuat hubungan Anda dan pasangan menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menghadapi semua permasalahan dalam pernikahan, termasuk yang berkaitan dengan mertua. Pastikan untuk terus saling mendukung dan saling mendengarkan satu sama lain.

Jadilah tim yang solid dan tunjukkan pada mertua bahwa pernikahan adalah keputusan yang tepat untuk Anda berdua. Dengan begitu, semua masalah yang datang akan Anda berdua hadapi bersama-sama dengan kompak.

Bagaimana cara Anda menghadapi mertua memang penting, tetapi kerukunan hubungan pernikahan Anda jauh lebih penting. Oleh sebab itu, jangan sampai permasalahan dengan mertua merusak keharmonisan rumah tangga Anda. Apalagi sampai membuat rumah tangga Anda dan pasangan menjadi renggang.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Orangtua Perlu Waspada, Ini 5 Kenakalan Remaja yang Kerap Dilakukan

Masa remaja adalah masa ketika anak sedang ingin coba-coba. Di masa ini pula anak bisa terjerumus dalam kenakalan remaja. Apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Remaja, Kesehatan Mental Remaja, Parenting 1 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Waktu Bercinta Terbaik Bagi Pasangan Usia 20, 30, dan 40-an

Waktu bercinta yang paling ideal ternyata bisa berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung usia Anda dan pasangan. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Hal yang Harus Menjadi Pertimbangan Sebelum Bercerai

Sebelum bercerai, Anda dan pasangan perlu berpikir matang. Berikut pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan bercerai.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 20 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Biasakan Tidur Bersama Pasangan Anda agar Lebih Nyenyak

Beberapa orang yang sudah menikah mungkin merasa rindu masa-masa menguasai ranjang sendirian. Namun, ada manfaat tersembunyi dibalik tidur bersama pasangan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 6 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

waktu bermain video game

Berapa Lama Waktu Bermain Video Game yang Pas untuk Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
komunikasi dengan anak

Kenapa Orangtua Wajib Rutin Berkomunikasi Dengan Anak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit
cara pijat bayi

Ketahui Manfaat dan Cara Melakukan Pijat Bayi di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
tantrum

Apa Penyebab Anak dan Tantrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit