Mengenal DHT, Hormon Pemicu Kebotakan: Apakah Anda Memilikinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat usia pria sudah semakin tua, salah satu masalah yang muncul adalah mulai mengalami kebotakan. Kebotakan bisa membuat pria menjadi kurang percaya diri dengan penampilannya. Sehingga untuk mencegahnya, banyak pria menggunakan produk perawatan rambut untuk merangsang pertumbuhan rambutnya kembali. Namun, tahukah Anda apa yang menjadi pemicu kebotakan? Salah satunya ternyata adalah hormon dihydrotestosterone (DHT).

Apa itu hormon dihydrotestosterone (DHT)?

Dihydrotestosterone atau DHT merupakan hormon androgen atau hormon yang memicu perkembangan karakteristik pria, seperti pertumbuhan rambut pada dada, suara yang berat, dan peningkatan massa otot. Hormon ini dihasilkan dengan mengubah testosterone menjadi dihydrotestosterone oleh bantuan enzim tertentu.

Sekitar 10% testosterone dalam tubuh pria maupun wanita diubah menjadi dihydrotestosterone. Di mana, saat pubertas jumlah yang diubah mungkin jauh lebih tinggi untuk mendukung perubahan yang terjadi saat pubertas. Hormon DHT memiliki efek yang lebih kuat dibandingkan dengan testosterone.

Apa fungsi hormon DHT dalam tubuh?

Hormon DHT sudah mulai bekerja pada tubuh sejak masa janin. Selama perkembangan janin, hormon DHT berperan dalam perkembangan penis dan prostat. Selanjutnya, DHT berperan dalam perubahan yang terjadi pada pria di awal masa pubertas.

DHT memicu penis dan prostat pria berkembang saat mulai memasuki usia puber. Selain itu, hormon ini juga merangsang pertumbuhan rambut pada kemaluan dan pada tubuh pria.

Pada wanita, hormon DHT juga ditemukan namun perannya tidak begitu dikenal. Beberapa penelitian menunjukkan hormon DHT dapat menyebabkan pertumbuhan rambut kemaluan saat pubertas pada wanita.  

Bagaimana hormon DHT bisa memicu kebotakan?

Hormon DHT sebenarnya berperan penting pada tubuh. Tanpa kehadiran hormon ini, rambut kemaluan, rambut di ketiak, dan rambut jenggot tidak bisa tumbuh. Namun, kehadiran hormon ini rupanya juga membawa masalah bagi sebagian orang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa folikel dari kulit kepala yang botak mengandung kadar hormon DHT yang lebih tinggi daripada hormon DHT yang ada di kulit kepala yang tidak botak. Beberapa peneliti percaya bahwa pola kebotakan pria pada beberapa individu disebabkan oleh kerentanan terhadap kadar androgen (terutama DHT) normal yang dipindahkan secara genetis.

Terdapat beberapa cara yang mungkin membuat efek hormon DHT lebih besar pada beberapa individu sehingga bisa menjadi pemicu kebotakan, seperti:

  • Meningkatnya reseptor hormon DHT pada folikel rambut di kepala
  • Meningkatkan produksi hormon DHT di tempat asalnya
  • Terjadi peningkatan sensitivitas reseptor androgen
  • Terjadi peningkatan testosteron yang bertindak sebagai prekursor hormon DHT
  • Meningkatnya hormon DHT yang diproduksi tubuh di tempat lain

Walaupun wanita memiliki kadar hormon DHT yang lebih rendah dibandingkan pria, namun kadar hormon DHT yang normal sekalipun juga dapat menyebabkan kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan pada wanita. Ini dikarenakan beberapa wanita relatif sensitif terhadap hormon ini.

Ya, kadar hormon DHT yang tidak seimbang pada tubuh pria maupun wanita dapat menyebabkan kebotakan. Hormon bekerja dengan cara yang paling baik saat dalam keseimbangan, termasuk pada hormon DHT.

Semakin banyak testosterone yang diubah menjadi DHT oleh tubuh, semakin besar risiko Anda mengalami kebotakan. DHT merupakan musuh folikel rambut di kepala Anda. DHT dapat mengecilkan folikel rambut di kepala, sehingga rambut sehat tidak mungkin bisa bertahan. Akibatnya, hal ini menyebabkan kerontokan rambut. Jadi, walaupun kebotakan dipengaruhi oleh hormon testosterone dalam tubuh, tapi DHT bisa dianggap sebagai penyebab utama kebotakan.

 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ragam Perawatan Rambut di Salon yang Patut Dicoba

Pernahkah ke salon rambut? Dari creambath hingga meluruskan rambut, simak daftar perawatan rambut di salon dan manfaatnya berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 24 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Ragam Nutrisi Makanan untuk Mengurangi Rambut Rontok dari Dalam

Nutrisi dalam makanan diperlukan sel kulit kepala untuk menumbuhkan rambut dan mengurangi rambut rontok. Simak daftarnya di sini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Mengatasi Rambut Rontok, dari Obat-obatan Hingga Bahan Alami

Selain menggunakan obat-obatan, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Simak daftarnya!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala 24 November 2020 . Waktu baca 8 menit

Inilah Ragam Penyebab Rambut Rontok yang Tak Anda Duga

Sudah merawat rambut baik-baik, tapi kok rambut masih saja rontok? Simak penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 24 November 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minyak untuk rambut

Beragam Minyak dari Bahan Alami untuk Rambut yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 8 menit
creambath rambut

Serba-serbi Creambath Rambut dan Perbedaannya dengan Hair Spa

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit
catokan hair straightening cara meluruskan rambut rebonding

Selain Catokan, Inilah Ragam Jenis Cara Meluruskan Rambut

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 7 menit
sambung rambut atau hair extension

Serba-serbi Sambung Rambut (Hair Extension) yang Kerap Dilakukan di Salon

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 6 menit