Bolehkah Pasien Kanker Makan Mie Instan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mie instan memang memiliki rasa yang lezat dan disukai oleh hampir semua kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Sayangnya, mie instan dikenal sebagai makanan yang kurang sehat jika dikonsumsi terlalu sering. Lantas, apakah penderita kanker boleh makan mie?

Penderita kanker sebaiknya tidak makan mie instan

Dengan harga murah dan cara membuatnya yang cukup mudah, mie instan sering kali diandalkan sebagai menu makan utama. Lalu, bagaimana dengan pasien kanker, apakah boleh makan mie instan sesering itu?

Jawabannya, tidak. Mungkin, penderita kanker masih diperbolehkan jika ingin makan mie saja, tapi mie yang diolah dengan sehat dan bukan dimasak secara instan. Hal ini disebabkan, makanan favorit sejuta umat ini tidak bisa dikategorikan sebagai makanan sehat. Sementara, penderita kanker harus sangat berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsinya. Bahkan jika memungkinkan, penderita kanker sebaiknya hanya makan makanan sehat saja.

Mengapa penderita kanker sebaiknya tidak makan mie instan? Meski asupan nutrisi pada berbagai merek mie instan berbeda-beda, sebagian besar merek mie instan yang beredar di pasaran memiliki kadar kalori, serat, dan protein yang rendah. Sementara, kadar lemak, karbohidrat, hingga natriumnya sangat tinggi.

Padahal, menurut sebuah artikel yang dimuat di American Cancer Society, untuk membantu proses penyembuhan penyakit, penderita kanker sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi serta mengonsumsi banyak kalori dan protein. Sehingga, jika penderita kanker makan mie instan, nutrisi yang dibutuhkannya tidak dapat terpenuhi.

Mudahnya, jika orang yang sehat harus sebisa mungkin mengurangi asupan mie instan, apalagi penderita kanker. Maka dari itu, meski tidak ada bukti yang secara jelas menyatakan bahwa penderita kanker dilarang makan mie instan, sebaiknya makanan tersebut dihindari saja.

Pasien kanker boleh makan mie asalkan……

Jika Anda sedang ingin makan mie, tapi takut untuk mencoba mie instan, Anda bisa mengolahnya sendiri kok. Atau jika tak bisa mengolahnya sendiri, minta keluarga untuk memasakannya untuk Anda.

Nah, berikut adalah tips makan mie sehat khusus untuk pasien kanker.

1. Tambahkan beragam sumber protein

Salah satu zat gizi yang diperlukan bagi penderita kanker adalah protein. Jadi, ketika Anda mengolah mie sendiri di rumah, jangan lupa untuk menambahkan sumber protein.

Utamakan sumber protein hewani seperti telur atau potongan daging. Sumber protein hewani lebih cepat dan mudah dicerna oleh tubuh, jadi baik bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan.

Namun, tak ada salahnya juga menyempurnakan menu mie Anda dengan tahu, tempe, atau bahkan kacang-kacangan lainnya.

2. Jangan lupakan serat

Menambahkan sayur ke dalam setiap menu makanan itu wajib. Anda bisa menggunakan jenis sayuran apa saja kok, sesuai dengan keinginan. Bahkan Anda bisa menggunakan lebih dari satu jenis sayur, misalnya wortel, brokoli, dengan sawi.

Hal yang paling penting, porsi sayur tetap lebih dari karbohidrat yang Anda dapatkan dari mie, ya. Perlu diingat juga jangan terlalu lama memasak sayur dalam suhu tinggi, karena dapat menurunkan kadar gizinya.

3. Buat bumbu sendiri

Daripada mengandalkan bumbu dari mie instan yang mengandung natrium tinggi, Anda bisa mengolah mie dengan racikan bumbu sendiri. Selain lebih sehat, dengan cara ini Anda juga bisa menciptakan menu masakan sesuai dengan selera.

4. Atur jadwal dan porsinya

Penderita kanker memang lebih baik makan mie yang diolah sendiri ketimbang yang instan. Namun, ini bukan berarti Anda bisa terus-terusan mengonsumsinya. Anda harus memvariasikan sumber karbohidrat dalam menu harian. Makan mie melulu juga tak baik bagi kesehatan.

Anda bisa menggantinya dengan bihun, atau olahan mie lainnya. Hal ini ditujukan agar asupan gizi harian Anda senantiasa terpenuhi, apalagi jika Anda sedang menjalani pengobatan kanker yang butuh pasokan nutrisi yang lebih dari biasanya.

Anda sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi atau dokter supaya kebutuhan gizi harian tercukupi dengan baik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ketagihan Mie Instan? Ini 6 Trik Jitu Mengatasinya

Bagi Anda yang ketagihan mie instan, sekadar diingatkan apa bahaya kebanyakan mie instan saja tak akan mempan. Lebih baik coba pakai cara ampuh ini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/03/2017 . Waktu baca 4 menit

Suka Makan Mie Instan? Ketahui Dulu 5 Fakta Mengejutkan Ini

Apa benar air rebusan mie instan harus dibuang? Apa benar makan mie instan tak bikin kenyang? Simak berbagai fakta mie instan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 26/02/2017 . Waktu baca 4 menit

Apa yang Terjadi Jika Anak Sering Makan Mie Instan?

Pada anak-anak, bahaya mie instan memang tidak langsung terlihat, tapi bisa menyebabkan penyakit serius saat ia beranjak dewasa nanti.

Ditulis oleh: Monika Nanda
Parenting, Nutrisi Anak 22/02/2017 . Waktu baca 5 menit

Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Mie instan memang sudah menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama anak kos di akhir bulan. Namun tahukah Anda bahaya mie instan?

Ditinjau oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 06/02/2017 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan yang berbahaya

6 Jenis Makanan Sehari-hari yang Berbahaya Jika Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2019 . Waktu baca 6 menit
makan mie instan setiap hari

Hobi Makan Mie Instan Setiap Hari? Awas, Ini Dampaknya Bagi Tubuh Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 03/11/2018 . Waktu baca 3 menit
apakah diabetesi boleh makan mie instan

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mie Instan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14/11/2017 . Waktu baca 4 menit
kebanyakan makan mie instan

Apa yang Akan Terjadi Jika Kebanyakan Makan Mie Instan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 16/04/2017 . Waktu baca 4 menit