3 Macam Alat Bantu untuk Mempertajam Mata yang Kurang Awas

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update November 15, 2019
Bagikan sekarang

Dalam dunia medis, masalah penglihatan mata kurang awas disebut dengan low vision. Kondisi ini cenderung sering terjadi pada penderita retinitis pigmentosa. WHO menyebutkan bahwa penglihatan mata yang kurang awas ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada sel batang, sel mata yang berperan untuk melihat dalam kondisi gelap. Lalu, harus bagaimana untuk mempertajam penglihatan jika mata kurang awas?

Berbagai alat untuk mempertajam mata kurang awas (low vision)

Masalah mata kurang awas karena low vision tidak dapat dibantu dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak, maupun dengan operasi. Namun jika terus dibiarkan, gangguan penglihatan ini bisa sangat menghambat aktivitas sehari-hari.

Tenang dulu. Berbagai pilihan alat batu penglihatan di bawah ini terbukti dapat mempertajam penglihatan mata yang kurang awas.

1. Alat bantu optik

Kaca pembesar

Penggunaan kaca pembesar membantu memperbesar tulisan maupun objek visual lainnya yang sedang diamati agar lebih mudah untuk dilihat.

Ada berbagai jenis kaca pembesar yang dapat Anda pilih berdasarkan kebutuhan dan tingkat kenyamanan. Umumnya, kaca pembesar yang terhubung langsung dengan meja akan sangat membantu bagi Anda yang hobi membaca dan tidak banyak beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan kaca pembesar yang dipegang dengan tangan akan lebih mudah untuk dibawa bepergian dan dapat langsung digunakan apabila dibutuhkan.

Teleskop

Teleskop memiliki kegunaan yang serupa dengan kaca pembesar, tapi bisa membantu melihat benda yang jaraknya lebih jauh. Saat ini sudah terdapat teleskop mini yang langsung dapat dipasang dengan kacamata.

2. Alat bantu non optik

Alat bantu yang dapat mengeluarkan suara

Salah satu contohnya adalah jam tangan. Saat ini sudah terdapat beberapa jenis jam tangan yang dapat membacakan waktu yang tertera pada saat Anda menekan tombol tertentu pada jam tersebut.

Mengubah pengaturan font di alat elektronik pribadi

Pilih alat elektronik dengan tombol-tombol yang berukuran lebih besar. Sebaiknya, atur kembali jenis dan besar ukuran font di layar elektronik tersebut agar jadi lebih besar dan mudah dibaca. Atur juga perbandingan kontras cahaya yang lebih tinggi.

Buat jalur navigasi di rumah

Untuk membantu navigasi gerak di rumah, misalnya, tempelkan kain dengan tekstur yang berbeda-beda di setiap poin rute yang sering Anda lalui. Atau, Anda juga bisa tempatkan benda kecil yang mencolok sebagai patokan unik pada lokasi yang sering Anda datangi.

Gunakan alat tulis dengan warna mencolok

Jika mata kurang awas, sebaiknya biasakan pakai alat tulis dengan warna yang mencolok dan ujung besar. Contohnya seperti spidol berwarna hitam untuk menulis pada kertas putih. Hal ini membantu agar tulisan dapat terlihat dengan lebih mudah.

3. Perangkat elektronik

Alat pembesar video memiliki kamera yang akan terhubung dengan layar. Anda hanya perlu mendekatkan kamera ke objek yang ingin diamati. Kemudian alat akan membantu mentransfer gambar tersebut ke layar sehingga Anda dapat mengatur besar gambar, warna, tingkat keterangan, dan juga tingkat kontras pada gambar sesuai dengan kenyamanan Anda.

Bagaimana cara untuk mengetahui alat yang tepat untuk saya?

Jenis alat bantu optik seperti kaca pembesar akan mudah Anda temukan di pasaran. Namun sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu mengenai kondisi kesehatan mata Anda dengan dokter spesialis mata. Mungkin saja masalah mata kurang awas Anda membutuhkan kaca pembesar dengan kekuatan zoom yang khusus.

Begitu juga dengan alat bantu low vision lainnya. Tidak semuanya memiliki kemampuan yang sama sehingga Anda perlu berkonsultasi dengan ahlinya. Penggunaan alat bantu yang tepat akan membuat Anda dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

Panduan Memilih Dokter Mata Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Panduan Memilih Dokter Mata Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal tayang Maret 14, 2019
Retinitis Pigmentosa, Kelainan Bawaan yang Bisa Menyebabkan Rabun Senja

Retinitis Pigmentosa, Kelainan Bawaan yang Bisa Menyebabkan Rabun Senja

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Laura Agnestasia Dj.
Tanggal tayang Juli 24, 2018
Hilang Penglihatan Tiba-tiba? Jangan Panik, 4 Kondisi Ini Bisa Jadi Sebabnya

Hilang Penglihatan Tiba-tiba? Jangan Panik, 4 Kondisi Ini Bisa Jadi Sebabnya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Laura Agnestasia Dj.
Tanggal tayang Mei 22, 2018