Agar Bisa Tidur Nyenyak, Atasi Mata Gatal di Malam Hari Dengan 4 Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Rasa gatal pada mata sebenarnya bisa terjadi kapan pun, tapi uniknya sebagian orang menyadari mata yang gatal ini hanya muncul di waktu malam saja. Entah karena terlalu fokus beraktivitas di siang hari, sering terpapar alergen, hingga kondisi mata yang kering merupakan sebagian kecil penyebab mata gatal malam hari. Nah, agar tidur malam Anda lebih nyenyak dan tidak terganggu, sebaiknya cari tau bagaimana cara mengobati mata gatal yang terasa ketika malam hari.

Apa saja cara mengobati mata gatal di malam hari?

Jangan sampai waktu istirahat Anda di malam hari tersita hanya karena sibuk menggosok mata. Maka itu, coba berbagai cara mengobati mata gatal yang mungkin sering dialami di waktu malam saja:

1. Selalu menjaga kebersihan mata

Coba ingat-ingat kembali, apakah Anda meluangkan waktu untuk rutin membersihkan dan menjaga kesehatan mata? Jika tidak, mulailah terapkan hal ini dari sekarang. Pasalnya, bahan kimia, debu, polusi, kotoran, serta riasan pada mata yang menumpuk bisa membuat mata terasa gatal.

Itu sebabnya, menjaga mata tetap bersih di malam hari akan membantu meredakan gatal yang mengganggu. Pertama, hapus riasan mata terlebih dahulu bila Anda menggunakannya. Kemudian basuh mata dengan air lalu lap hingga kering. Lanjutkan dengan meneteskan tetes mata yang bisa menghilangkan kotoran pada mata dan membuatnya tetap segar.

Jangan lupa untuk melepaskan kontak lensa yang sudah Anda digunakan seharian sebelum Anda tidur.

2. Pakai kompres hangat atau dingin

Tersiksa karena gatal pada mata tak kunjung hilang? Anda bisa menempelkan kompres hangat di bagian mata yang gatal guna mengalihkan rasa gatal. Terutama jika gatal yang Anda alami disebabkan oleh bintitan alias stye.

Namun, apabila mata yang gatal disebabkan oleh konjungtivitis, cara mengobati mata gatal lainnya yaitu dengan kompres dingin. Langkah ini biasanya ditempuh ketika gatal disertai mata merah.

3. Hindari penyebab alergi

Meski sering dianggap sepele, sedini mungkin sebaiknya obati alergi yang menyebabkan mata gatal malam hari. Langkah paling mudah adalah dengan menghindari alergen tersebut, sertai juga dengan pemakaian obat tetes mata atau minum obat antihistamin sesuai saran dokter.

Jangan lupa untuk rutin mengganti seprai dan membersihkan tempa tidur Anda, karena dapat menjadi sarang berkumpulnya kotoran dan debu penyebab alergi.

4. Gunakan humidifier

Selain dengan memakai obat-obatan dan menerapkan kebersihan mata, penggunaan humidifier dapat membantu menambahkan kelembapan udara. Lambat-laun, gejala mata yang gatal di malam hari Anda pun berangsur-angsur akan berkurang karena udara tak lagi kering. Humidifier bisa dipakai kapan pun, terlebih saat cuaca sedang dingin dan kering di mana kelembapan udara menurun.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 3, 2018 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca