backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Mata Terasa Gatal di Malam Hari? 5 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui 15/11/2019

Mata Terasa Gatal di Malam Hari? 5 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Pernah mengalami mata gatal tapi hanya di saat-saat tertentu saja? Kondisi mata yang gatal memang membuat tidak nyaman, bahkan bisa sampai mengganggu aktivitas harian. Meski umumnya terjadi di siang hari, tapi banyak orang yang mengeluhkan mata gatal malam hari saja. Kenapa, ya?

Berbagai penyebab mata gatal di malam hari

Alasan mendasar mata gatal di malam hari karena Anda terlalu sibuk melakukan kegiatan di siang hari sehingga kurang memerhatikan adanya rasa tidak nyaman di mata. Akhirnya, rasa gatal tersebut baru benar-benar terasa di malam hari ketika aktivitas mulai berkurang.

Namun sebenarnya, mata gatal malam hari Anda punya beberapa penyebab, yakni:

1. Reaksi alergi

cara mengatasi mata kering

Alergi yang menyerang mata atau kelopak mata mungkin merupakan alasan mata gatal di malam hari. Entah karena terkena debu, polusi, asap rokok, atau bulu saat beraktivitas seharian.

Tidak sengaja terkena suatu produk pembersih atau perawatan pribadi seperti sabun, deterjen, parfum, cat kuku, pewarna rambut, dan lainnya juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Bahkan tanpa sadar, riasan wajah khususnya mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara, bisa turut andil mengakibatkan mata gatal malam hari. Pasalnya, kelopak mata memiliki struktur kulit yang sangat tipis sehingga sangat sensitif terhadap berbagai alergen di lingkungan sekitar Anda.

2. Mata kering

mengatasi mata kering

Mata kering sering ditandai dengan mata yang terasa berair, gatal, ada yang mengganjal, peka terhadap cahaya, bahkan terlihat kemerahan. Jika tidak segera diobati, kondisi mata kering bisa semakin parah terutama saat malam hari.

Bukan tidak mungkin, mata kering akan membuat pandangan Anda terganggu sehingga sulit melihat dengan jelas di malam hari. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat tetes untuk mata kering yang bisa di dapat secara bebas atau dengan resep dokter.

3. Konjungtivitis

alergi konjungtivitis mata merah

Konjungtivitis adalah infeksi yang terjadi di konjungtiva, yaitu membran transparan antara kelopak dan bagian putih mata. Kondisi ini dikenal dengan sakit mata yang ditandai dengan mata yang tampak kemerahan disertai dengan gatal sepanjang hari, termasuk di malam hari.

4. Mata lelah

penyakit mata keratoconus

Penyebab mata gatal malam hari Anda ternyata bisa dipicu oleh kelelahan pada mata. Biasanya karena terlalu lama menatap layar monitor, handphone, atau sering berkendara jarak jauh. Selain itu, kebiasaan membaca dengan cahaya redup di malam hari juga bisa membuat mata Anda bekerja ekstra keras hingga akhirnya membuatnya lelah.

Kondisi ini umumnya disertai dengan penglihatan kabur, sakit kepala, sensitivitas terhadap cahaya, hingga sulit membuka mata dengan normal.

5. Blefaritis

blefaritis

Blefaritis adalah peradangan di kelopak pada, tepatnya pada area dimana bulu mata tumbuh. Kondisi ini bisa terjadi ketika kelenjar minyak pada folikel rambut di kelopak mata tersumbat oleh bakteri, tungau, atau debu. Selain gatal, kelopak Anda juga mungkin berkerak. Semua gejala ini bisa memburuk di malam hari.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui 15/11/2019

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan