Seberapa Sering Harus Pakai Masker Rambut Jika Punya Rambut Kering?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi para wanita, rambut ibarat mahkota yang menghiasi kepala sekaligus mempercantik penampilan. Itulah mengapa tidak sedikit wanita yang merasa perlu menerapkan cara merawat rambut yang tepat, khususnya saat tekstur rambut terasa kering. Selain dengan sampo, sebenarnya haruskah pakai masker untuk rambut kering, dan seberapa sering aturannya?

Perlukah pakai masker untuk rambut kering?

cara merawat rambut tipis

Sama halnya seperti tipe wajah kering yang perlu rutin dirawat, tekstur rambut yang kering juga demikian. Biasanya, mungkin Anda hanya menggunakan sampo saja, atau kombinasi antara sampo dan kondisioner.

Namun, tidak ada salahnya untuk melengkapi rangkaian perawatan rambut kering Anda dengan menambah ritual maskeran setelah keramas dan menggunakan kondisioner atau conditioner.

Tak jauh berbeda dengan masker wajah, menggunakan masker rambut juga berfungsi untuk melembapkan, memperbaiki kerusakan rambut, hingga memberikan nutrisi.

Intinya, pakai masker rambut dapat membantu menjaga dan merawat kesehatan rambut Anda, termasuk untuk jenis rambut kering.

Bukan itu saja, masker rambut juga bisa digunakan sebagai perawatan deep conditioning atau kondisioner rambut yang lebih intensif.

Bedanya dengan kondisioner, umumnya kandungan bahan yang ada di dalam masker rambut lebih beragam.

Bahkan, masker bisa didiamkan di rambut lebih lama dari kondisioner biasanya, hingga 15-30 menit atau lebih dari itu tergantung kebutuhannya.

Secara keseluruhan, memakai masker rambut bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala, kekuatan rambut, melembutkan rambut, dan melindungi rambut dari kerusakan.

Singkatnya, pakai masker rambut untuk jenis rambut kering dapat membantu memberi hidrasi yang lebih banyak ketimbang hanya menggunakan sampo atau kondisioner biasa.

Berapa kali harus pakai masker untuk rambut kering?

Frekuensi saran penggunaan masker untuk rambut kering biasanya disesuaikan dengan tipe dan kondisi rambut Anda.

Jika jenis rambut Anda tergolong normal dan tidak bermasalah, pemakaian masker rambut sekali dalam seminggu sudah dianggap mencukupi.

Sedangkan untuk rambut yang rusak, kering, atau butuh perawatan lebih, setidaknya Anda perlu menggunakan masker rambut 2 kali dalam seminggu.

Bahkan, frekuensi pemakaiannya bisa ditambah menjadi 3 kali seminggu apabila kondisi rambut sedang sangat rusak dan butuh perawatan segera.

Untuk lama waktu penggunaannya sendiri, setiap masker rambut sebenarnya memiliki aturan dan cara penggunaan yang berbeda-beda.

Biasanya, ada jenis masker rambut yang menyarankan untuk dipakai selama 5-15 menit, apabila Anda menggunakannya di rumah.

Berbeda lagi untuk masker rambut yang digunakan di salon, bisa saja membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang saat Anda memakainya di rumah. Cara pemakaiannya pun tidak selalu sama.

Ada masker rambut yang bisa Anda gunakan sampai ke kulit kepala, tapi ada juga yang membatasi dari batang rambut sampai ujung rambut saja.

Jadi, alangkah baiknya untuk selalu membaca petunjuk dan aturan penggunaan masker rambut, termasuk untuk rambut kering, yang tertera di bagian kemasan produk.

Bagaimana pun cara, waktu, serta frekuensi pemakaiannya, semua masker rambut pada dasarnya bertujuan untuk memberikan nutrisi penting bagi kesehatan rambut.

Di saat yang sama pula, pakai masker untuk rambut kering juga bertugas untuk membantu mempercepat proses perbaikan rambut yang kering bahkan rusak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Memilih Sampo yang Tepat untuk Si Pemilik Rambut Kering

Memilih shampo untuk rambut kering mungkin cukup membingungkan. Agar memudahkan dan sebagai panduan, yuk cari tahu tipsnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 30 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Maksimalkan Keindahan Rambut dengan Mengenali Jenis-jenisnya

Jenis rambut tidak sebatas lurus dan keriting saja. Ternyata ada banyak tipe rambut yang bisa dikenali dan disesuaikan dengan perawatan rambut Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 29 November 2019 . Waktu baca 6 menit

5 Tanda Rambut Anda Mulai Rusak dan Cara Mengujinya

Banyak orang tidak menyadari bahwa rambutnya telah rusak. Untuk mencegah dampak lebih lanjut, kenali ragam tanda rambut rusak dan cara menguji kondisinya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat, Kecantikan 3 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit

Siapa Bilang Merawat Rambut Panjang Itu Susah? Ini 5 Tipsnya

Rambut panjang biasanya rentan terhadap kerusakan. Namun, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat rambut panjang agar tetap sehat berkilau.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 25 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi rambut kering

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
masker rambut pisang

4 Jenis Masker Pisang yang Baik untuk Kesehatan Rambut Kita

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2019 . Waktu baca 5 menit
manfaat pisang untuk rambut

3 Khasiat Masker Pisang untuk Rambut yang Lebih Indah dan Kuat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 16 Desember 2019 . Waktu baca 5 menit

Tips Cerdas Memilih Sampo untuk Rambut Kering dan Mengembang

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit