Cara Mandi yang Benar Agar Kulit Tampak Lebih Putih dan Cerah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/12/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Rajin mandi memang tidak serta-merta akan membuat kulit Anda jadi putih saat itu juga. Namun, dengan cara mandi yang benar dapat menyingkirkan kotoran serta sel-sel kulit mati sehingga kulit Anda terlihat lebih putih dan bersih. Lantas, bagaimana cara mandi yang benar agar kulit tampak lebih putih?

Cara mandi yang benar agar kulit tampak putih

Mandi memang dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh. Namun Anda perlu tahu tips dan triknya. Mulai dari menyesuaikan suhu air, cara menggosok tubuh, serta produk pembersih tubuh yang Anda gunakan.

Berikut adalah sederet cara mandi yang benar agar memiliki kulit yang tampak putih.

1. Mandi dengan air dingin

Apabila Anda ingin memiliki kulit yang putih berkilau, solusinya adalah mandi dengan air dingin. Mandi air dingin dapat mempersempit pembuluh darah sementara pada kulit sehingga memperkecil pori-pori dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Pori-pori yang menutup juga dapat mencegah kotoran tidak mudah masuk. Kotoran adalah penyebab utama kulit kusam. Kulit yang senantiasa bersih dari kotoran akan membuat Anda tampak lebih putih dan cerah.

2. Menggosok kulit sebelum mandi

Menggosok kulit sebelum mandi adalah cara yang benar agar kulit Anda bisa tampak lebih putih. Proses ini akan menghilangkan lapisan sel kulit mati. Kulit pun dapat beregenerasi dan lapisan teratasnya selalu diisi oleh sel-sel baru yang sehat.

Gunakan sikat penggosok yang terbuat dari serat alami. Pilihlah sikat dengan gagang yang panjang agar bisa mencapai seluruh tubuh Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Mulailah menggosok dari telapak kaki, lalu bergerak ke atas.
  • Gosok kulit Anda dengan gerakan memutar lebar searah jarum jam.
  • Gosok dengan lembut pada kulit yang tipis, dan berikan sedikit tekanan pada kulit yang lebih tebal (misalnya telapak kaki). Hindari kulit yang mengalami ruam, terluka, atau terkena infeksi.
  • Setelah menggosok seluruh bagian kaki, gosok seluruh lengan hingga ketiak.
  • Begitu Anda selesai menggosok seluruh bagian tubuh, mandilah dengan air dingin untuk menghilangkan lapisan kulit mati.
  • Keringkan tubuh Anda, lalu berikan pelembap alami seperti minyak kelapa.

3. Memilih produk perawatan yang tepat

Banyak orang fokus mencari cara mandi yang benar agar kulit tampak putih, tapi tidak memerhatikan produk perawatan yang digunakan. Padahal, produk tertentu dapat membuat kulit cepat kering, mengelupas, hingga menumpuk sehingga menyebabkan kulit kusam.

Beberapa produk lainnya bahkan dapat menyebabkan iritasi dan bersifat racun bagi kulit. Inilah pentingnya memerhatikan kandungan produk yang Anda gunakan. Batasi penggunaan produk perawatan, seperti sabun yang mengandung bahan-bahan berikut:

  • Parfum
  • Paraben
  • Phthalate
  • Styrene
  • Triclosan
  • Petroleum distillate
  • Hydroquinone
  • Resorcinol
  • p-Phenylenediamine
  • Talcum

4. Menggunakan uap aromaterapi

Menggunakan uap aromaterapi setelah mandi adalah cara mudah untuk membuat kulit lebih rileks, lembut, dan putih. Pasalnya, uap dari aromaterapi akan membuka pori-pori sehingga lebih mudah bagi Anda untuk membersihkan kulit dari kotoran dan bakteri.

Siapkan satu baskom air, handuk, dan minyak esensial favorit Anda. Isi baskom dengan 4-6 cangkir air panas, lalu tambahkan 2-3 tetes minyak esensial. Biarkan uap air mengenai wajah Anda beberapa menit. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk.

5. Hindari mandi dengan air hangat terlalu lama

Mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, mandi air hangat terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami dari kulit sehingga kulit tampak kusam. Kotoran pun dapat memasuki pori-pori yang terbuka.

Jika Anda ingin mandi dengan air hangat, jangan melebihi 5-10 menit. Hindari pula mandi dengan air yang terlalu panas. Setelah 10 menit, bilas tubuh Anda dengan air bersuhu suam-suam kuku dan segera keringkan dengan handuk.

Mandi dengan cara yang benar akan menjaga kulit Anda bersih dari berbagai jenis kotoran sehingga tampak lebih putih. Akan tetapi, pastikan Anda tidak mandi terlalu sering untuk mencegah kulit kehilangan kelembapannya.

Selain mandi, Anda pun perlu memerhatikan faktor-faktor lain yang menunjang kesehatan kulit Anda. Di antaranya memenuhi asupan vitamin dan mineral, mencukupi kebutuhan cairan, rutin menggunakan pelembap, serta melindungi kulit dan sinar UV.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Mengatasi Kulit Lengket Setelah Berenang di Laut

Mengatasi kulit lengket setelah berenang di laut memerlukan trik khusus. Anda pun sebaiknya mengetahui risiko berenang bagi kulit Anda. Baca di sini!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Hidup Sehat 17/02/2020 . 4 menit baca

Spons Mandi Tidak Boleh Dipakai Kelamaan, Kapan Harus Menggantinya?

Spons mandi memang dapat untuk membantu membersihkan seluruh tubuh. Namun, jangan lupa untuk rutin mengganti spons mandi secara berkala. Kapan seharusnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 23/09/2019 . 4 menit baca

Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sebaiknya Makan atau Mandi Dulu?

Beberapa orang terbiasa langsung mandi setelah bangun tidur, tapi tak sedikit pula yang lebih memilih untuk makan. Jadi, sebaiknya makan atau mandi dulu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 26/08/2019 . 4 menit baca

Mandi Saat Tubuh Berkeringat, Memangnya Boleh?

Saat tubuh berkeringat, Anda tentu memutuskan untuk membersihkan diri. Namun, bolehkah mandi saat tubuh berkeringat? Simak penjelasannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 24/08/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 menit baca
gonta-ganti sabun mandi

Efek Sering Gonta-Ganti Sabun Mandi Terhadap Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020 . 4 menit baca

Alasan Merasa Segar Setelah Mandi, Sehat untuk Tubuh Kita

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/04/2020 . 4 menit baca
mandi bersama pasangan

Mandi Bareng Pasangan, Hubungan Jadi Tambah Romantis

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 23/03/2020 . 4 menit baca