Bolehkah Pakai Masker Peel Off Saat Sedang Jerawatan?

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30/07/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memiliki wajah yang sedang berjerawat tak lantas jadi hambatan untuk maskeran. Justru banyak yang percaya bahwa dengan memakai masker, jerawat bisa lebih cepat kering dan mengempes. Masker peel off termasuk salah satu jenis masker yang kerap digunakan dengan tujuan agar jerawat yang bernanah bisa terangkat. Namun tunggu dulu, Anda tak bisa sembarangan lho pakai masker peel off saat sedang jerawatan. Berikut saya paparkan alasannya.

Pakai masker peel off saat jerawatan

Masker peel off adalah jenis masker yang perlu dilepaskan setelah digunakan karena menempel di kulit. Maksudnya, tak seperti masker oles yang harus dicuci dengan air, masker peel off bisa langsung Anda kelupas setelah digunakan.

Ketika masker dikelupas, lapisan kulit teratas (stratum korneum) biasanya akan ikut terangkat. Dengan begitu, lapisan kulit mati akan terangkat sehingga kulit yang lebih muda bisa menggantikannya. Inilah yang menjadi daya pikat masker peel off dibandingkan dengan jenis masker lain yang serupa seperti sheet mask.

Cara ini tentu tak ada masalah jika dilakukan pada kulit yang sedang dalam kondisi baik. Akan tetapi, pada kulit yang sedang berjerawat hal ini sama sekali tidak dianjurkan.

Ketika jerawat sedang meradang, Anda tak boleh melakukan hal-hal yang bisa memperparah peradangan. Ya, pakai masker peel off saat jerawatan bisa memperparah peradangan. Apalagi jika dilakukan dengan tujuan agar jerawat pustula atau yang bernanah bisa ikut terangkat.

Alih-alih nanahnya keluar, kulit malah bisa luka dan infeksi. Hal ini justru bisa memicu munculnya bekas atau bopeng jerawat. Oleh karena itu, ketimbang pakai masker peel off lebih baik gunakan obat jerawat khusus yang sesuai dengan kondisi saat itu.

Kapan sebaiknya menggunakan masker peel off?

Masker peel off sebaiknya digunakan untuk jerawat tipe komedonal. Ketika Anda memiliki banyak komedo di wajah, masker peel off bisa jadi pilihan yang tepat karena bisa membantu mengangkat komedo membandel. Selain itu, sel kulit mati pun bisa terangkat sehingga mencegah sumbatan di pori yang akan membentuk komedo baru.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tidak dianjurkan pakai masker peel off saat kulit sedang meradang atau jerawatan. Tahan dulu keinginan untuk menggunakan masker jenis ini saat kulit sedang mengalami peradangan baik karena jerawat, penggunaan krim, dan sebab lainnya.

Jika kulit wajah sedang meradang, langkah yang paling tepat dilakukan yaitu meredakan peradangannya terlebih dahulu. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya atau mengompres wajah dengan air dingin untuk meredakannya.

Jenis masker yang cocok dipakai saat berjerawat

Lantas, masker apa dok yang cocok dipakai saat berjerawat? Pertanyaan ini mungkin menjadi hal yang masih belum terjawab di benak Anda.

Saran saya, jika jerawat tidak sedang meradang atau tipe komedonal, gunakan masker yang mengandung AHA dan BHA. Kedua bahan aktif ini sangat baik untuk membantu mengurangi komedo penyebab jerawat.

Selain AHA dan BHA, Anda juga bisa menggunakan masker berbahan tea tree. Tea tree memiliki potensi sebagai antimikroba dan antiradang ringan.

Tak hanya itu, bahan activated charcoal atau arang aktif juga bisa jadi pilihan masker yang baik saat sedang berjerawat. Pasalnya, bahan ini mampu menyerap kotoran yang ada di pori-pori kulit sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Mulai sekarang, hindari pakai masker peel off saat sedang jerawatan ya. Jika ingin menggunakan masker, pakailah yang berbentuk oles atau sheet mask.

Sumber foto: South China Morning Post

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Artikel dari ahli dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Berjemur di pagi hari punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, tetapi aktivitas ini bisa berakibat buruk jika dilakukan tidak sesuai anjuran.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
berjemur di pagi hari

Bolehkah Melakukan Filler Berulang-ulang?

Ketika Anda ingin tampil awet muda, Anda kerap ingin melakukan filler berulang. Namun sebelumnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
filler berulang

Suntik Vitamin C untuk Mencerahkan Kulit, Benarkah Aman dan Efektif?

Banyak orang ikut-ikutan melakukan suntik vitamin C untuk mencerahkan kulit tanpa tahu faktanya. Agar tak salah langkah, yuk simak informasi dari ahlinya.

Ditulis oleh: dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK
glass skin

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Memilih Sabun Muka Terbaik untuk Wajah Berjerawat

Mencuci muka jadi langkah penting agar jerawat di wajah tidak bertambah parah. Jangan asal beli, yuk ikuti panduan membeli sabun muka untuk jerawat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 24/01/2020 . Waktu baca 5 menit

Pulang Liburan, Perlukah Anda Rutin Menggunakan Masker Wajah?

Terik matahari dan cuaca kering selama liburan dapat menyebabkan wajah kusam. Ini sebabnya Anda perlu menggunakan masker setelah liburan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Kecantikan 05/01/2020 . Waktu baca 3 menit

4 Jenis Masker Pria untuk Wajah yang Lebih Cerah dan Bebas Jerawat

Masker tidak hanya digunakan untuk para wanita, melainkan juga pria. Namun, apa saja jenis masker wajah yang cocok untuk pria guna memperbaiki tampilan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Pria, Hidup Sehat 09/12/2019 . Waktu baca 5 menit

5 Kandungan Penting yang Sebaiknya Ada dalam Masker Wajah Pria

Masker bisa sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah pria. Lalu, kandungan apa saja yang perlu ada di dalamnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Pria, Hidup Sehat 29/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jerawat muncul meski di rumah

Ini Alasannya Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Waktu Terbaik Memakai Masker Wajah Ternyata Tergantung Pada Jenis Kulit Anda

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 08/03/2020 . Waktu baca 4 menit
overnight mask

Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Overnight Mask

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 01/02/2020 . Waktu baca 5 menit
jenis masker

Jenis-jenis Masker untuk Menjaga Kesehatan Anda

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 31/01/2020 . Waktu baca 4 menit