7 Hal Tak Terduga yang Bisa Membuat Kulit Wajah Bercahaya Alami

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Di pasaran, banyak produk perawatan yang diklaim ampuh mengatasi berbagai masalah kulit. Tak hanya produk yang dijual di pasaran, ternyata ada berbagai hal dan juga bahan tak biasa yang ternyata mampu membuat kulit wajah bercahaya dan tampak lebih muda. Apa saja, ya?

1. Keringat

Berkeringat ternyata tidak selalu jorok, lho! Keringat mampu membantu menghilangkan kotoran dari kulit dan melindungi dari bakteri seperti E. coli dan Staphylococcus aureus dengan mengeluarkan antibiotik alami yang disebut Dermcidin. Dikutip dari HealthCentral, keringat juga mampu membasuh kotoran yang menumpuk di dalam pori yang bisa menyumbat pori-pori hingga menyebabkan jerawat.

Keringat yang dikeluarkan setelah melakukan olahraga dapat membantu menghilangkan racun-racun di dalam tubuh yang bisa membuat kulit lebih bersih, sehat, dan terlihat bersinar.

Namun, usahakan untuk tidak membiarkan keringat terlalu lama menempel di wajah karena justru dapat menyumbat pori. Oleh karena itu, bersihkan wajah 30-60 menit setelah berolahraga agar mencegah keringat dapat menyumbat pori-pori Anda.

2. Racun lebah

Diane Elizabeth, seorang ahli kecantikan di Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa racun lebah memiliki manfaat yang sangat baik bagi kulit wajah. Hal ini dikarenakan racun lebah mengandung sifat antibakteri, antiradang, antimikroba, dan antikerut.

Racun lebah atau yang disebut juga dengan botoks alami bekerja dengan cara melemaskan otot-otot wajah sekaligus memperlancar aliran darah ke permukaan kulit.

Dengan begitu, hal ini membantu merangsang kulit untuk memproduksi elastin dan kolagen yang mampu membuat kulit wajah bercahaya dan tampak lebih halus serta kenyal. Anda bisa mencari produk dengan kandungan racun lebah murni tanpa perlu mendapatkannya dari sengatan lebah secara langsung.

3. Labu kuning

khasiat labu kuning untuk menurunkan berat badan

Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Selain itu, labu kuning juga mengandung niasin dan juga folat untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu meregenerasi sel.

Labu juga kaya akan alpha hydroxy acids (AHA) yang dapat membantu meningkatkan pergantian sel. Karena itu, sel-sel kulit yang telah mati dan rusak, termasuk di wajah, dapat tergantikan dan membuat kulit wajah bercahaya dan juga halus.

Kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C dalam labu membantu melembutkan dan meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit untuk melawan tanda-tanda penuaan wajah. Tak hanya, itu kandungan zinc pada biji labu juga mampu mengendalikan produksi minyak di wajah sehingga dapat mengurangi kemungkinan jerawat pada wajah.

Kandungan lain pada labu kuning adalah asam lemak esensial dan vitamin E yang penting untuk melindungi kulit, mengontrol kelenjar minyak (sebum) serta melembapkan kulit. Anda bisa mengonsumsi labu kuning baik dimakan secara langsung atau dengan menjadikannnya sebagai masker.

4. Susu kambing

manfaat susu kambing untuk kesehatan

Dr. Bassam Zeina, dokter kulit sekaligus anggota the British Association of Dermatologists menyatakan bahwa susu kambing segar memiliki banyak manfaat untuk kulit. Susu kambing kaya akan asam kaprilat dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu pengelupasan kulit mati secara alami. Kulit mati menjadi salah satu penyebab kulit terlihat kusam. Terkelupasnya sel-sel kulit mati di wajah mampu membuat kulit wajah bercahaya.

Selain itu, kandungan asam lemak dan trigliserida yang ditemukan dalam susu kambing mampu membantu melembapkan kulit dan menjaganya tetap lembut. Susu kambing juga memiliki kadar vitamin A yang cukup tinggi yang dapat membantu kulit melawan bakteri penyebab jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

5. Probiotik

minum probiotik saat hamil

Probiotik atau bakteri baik ternyata tak hanya bermanfaat untuk pencernaan saja. Keberadaan bakteri baik mampu mengurangi bakteri jahat di dalam tubuh sehingga membantu meminimalisir peradangan di dalam tubuh. Semakin rendah tingkat peradangan di dalam tubuh maka semakin sedikit pula permasalahan tubuh dan juga kulit yang mungkin terjadi. Maka dari itu, permasalahan kulit yang berkaitan dengan peradangan seperti jerawat, iritasi kulit, dan juga kemerahan di kulit wajah dapat berkurang.

Selain itu, meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh mampu menjaga keseimbangan cairan pada kulit, mengurangi kerusakan kulit akibat radiasi sinar matahari, serta mengurangi garis halus di wajah. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik alami seperti yoghurt dan sayuran yang difermentasi seperti acar atau kimchi.

6. Tanaman paku

Sumber: Reader’s Digest

Tanaman paku ekor kuda ternyata tak hanya digunakan sebagai obat infeksi saluran kemih, batu ginjal,  kandung kemih, dan serangkaian penyakit lainnya. Manfaat lain dari tanaman yang satu ini ternyata mampu meredakan peradangan pada kulit wajah.

Selain itu, ekstrak tanaman ini mampu mengembalikan warna kulit menjadi lebih cerah dan bercahaya. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat tanaman paku untuk kulit wajah. Pasalnya, reaksi kulit tiap orang berbeda-beda. Maka, sebelum menggunakan ekstrak tanaman ini untuk wajah konsultasikan dulu ke dokter Anda.

7. Seks

seks untuk asam urat

Menurut dr. Debra Jaliman, dokter spesialis kulit di New York, AS seks dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Aliran darah yang lancar bisa membantu kulit terlihat lebih segar dan sehat.

Selain itu, saat Anda berhubungan seks tubuh melepaskan oksitosin yang dikenal dengan hormon cinta. Oksitosin juga mengurangi kadar hormon stres atau kortisol di dalam tubuh yang dapat membantu menurunkan tingkat peradangan di dalam tubuh, termasuk kulit.

Untuk itu, melakukan seks bersama pasangan secara rutin selain dapat meningkatkan keintiman juga dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cek Menu Harian Anda: 9 Makanan Ini Membuat Anda Tampak Cepat Tua

Ingin terus terlihat awet muda hingga bertahun-tahun ke depan? Hindari makanan yang ada di dalam artikel ini jika tidak ingin tampak cepat tua!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Membuat Deodoran Alami yang Bisa Anda Coba di Rumah

Percaya atau tidak, ternyata deodoran bisa Anda bikin sendiri dengan bahan-bahan alami, loh! Penasaran? Ketahui cara membuat deodoran alami di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 15 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Ciri Kulit Sensitif dan 8 Cara Jitu Mengatasinya

Ciri kulit sensitif termasuk ruam kemerahan dan gatal-gatal setelah memakai produk perawatan kulit atau produk wewangian. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Kecantikan 7 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Beragam Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Air mawar telah digunakan selama ribuan tahun sebagai ramuan tradisional untuk produk kecantikan. Lantas, apa saja manfaat air mawar?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 5 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Bagaimana Mengatasi Bau Badan Yang Muncul Tiba-Tiba?

Mengatasi Bau Badan yang Muncul Tiba-Tiba

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit
mandi saat keringatan

Mandi Saat Tubuh Berkeringat, Memangnya Boleh?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 3 November 2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab komedo

Komedo

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 2 November 2020 . Waktu baca 7 menit
makanan penyebab jerawat

Daftar Makanan Penyebab Jerawat yang Sebaiknya Anda Hindari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 1 November 2020 . Waktu baca 8 menit